10 Kesalahan Umum saat nge-Gym

10 Kesalahan Umum saat nge-GymProgramFitnes.com – Sadar atau tidak sadar kita pernah melakukan beberapa kesalahan ini, berikut 10 kesalahan yang umum terjadi dalam dunia fitnes

1. Terlalu banyak pengalih perhatian

jual suplemen fitnes

Banyaknya kaum hawa di gym bisa membuat perhatian kita teralihkan. Terkadang membuat kita lebih fokus mendekati mereka daripada fokus ke latihan yang sedang dijalani bahkan demi sekedar mencari perhatian beban angkatan yang sebenarnya anda tidak mampu angkat tetap anda angkat juga.

2. Kurang istirahat

Dunia angkat beban adalah dunia yang keras dan berat sehingga memerlukan istirahat yang cukup untuk mendapatkan hasil yang optimal. Perlu diingat, pertumbuhan otot terjadi pada saat otot istirahat bukan disaat otot digunakan untuk beraktivitas, dalam hal ini angkat beban. Sehingga sangat disayangkan bagi anda yang terlalu memaksakan diri untuk latihan tanpa memperhatikan pola istirahat.

3. Tidak mengetahui batas kemampuan tubuh

Anda harus mengetahui batas kemampuan tubuh anda sendiri terutama dalam hal angkat beban. Jangan memaksakan diri apabila berat beban yang diangkat sudah melebihi kemampuan anda. Hal ini akan menyebabkan overtraining dan hasilnya malah merugikan tubuh anda.

4. Tidak memasukkan latihan kaki dalam program latihan

Karena terlalu terlena dengan latihan upper body kadang membuat anda melupakan betapa pentingnya latihan kaki sebagai pondasi tubuh anda. Banyak fitnes mania yang memiliki upper body yang besar dan indah namun memiliki kaki yang kecil sehingga tidak enak dilihat. Mulai masukkan program latihan kaki dalam rutinitas anda.

5. Terlalu tergantung dengan suplemen

Tidak dipungkiri lagi keberadaan suplemen makanan saat fitnes adalah hal yang sangat penting. Tapi hal ini jangan membuat anda menjadi tergantung sekali dengan suplemen dan melupakan asupan makanan sehari-hari. Padahal posisi suplemen disini hanya sebagai penunjang kebutuhan nutrisi yang kurang dari makanan sehari-hari/real food. Bukan sebagai makanan pengganti bahkan di beberapa kasus karena tidak mengkonsumsi suplemen membuat latihan menjadi tidak semangat. Ingat badan yang indah bukan karena lengkapnya suplemen tapi karena ditunjang dengan pola latihan, pola makan, dan pola istirahat yang benar.

6. Kurang latihan kardio

Banyak para fitnes mania yang menganak tirikan latihan kardio. Karena menganggap kardio hanya sebagai latihan untuk orang yang bertubuh gemuk saja. Padahal kardio adalah latihan yang sangat penting untuk siapa saja, karena fungsi utama latihan kardio adalah untuk meningkatkan kinerja jantung yang akan berimbas kepada peningkatan stamina anda baik dalam melakukan aktivitas sehari-hari ataupun disaat latihan.

7. Tergantung pada alat fitnes mesin daripada alat alat fitnes manual

Hal ini sering tejadi kepada para pemula yang dari awal selalu memakai alat fitnes mesin sehingga menjadi kebiasaan. Alat fitnes mesin memang dibuat untuk menghindari cedera tapi alat fitnes mesin membuat pergerakan otot menjadi statis, tidak bebas. Karena dengan menggunakan alat fitnes mesin anda akan memasuki jenis latihan isolation yang hanya melatih 1 otot saja. Padahal untuk berkembang otot harus dilatih secara keseluruhan (isolation dan compound). Jadikan alat fitnes mesin hanya sebagai varisi latihan. Mulailah menggunakan alat fitnes manual.

8. Latihan yang tidak terprogram

Apabila anda menggunakan jasa seorang personal trainer anda sudah tidak pusing lagi bagaimana menentukan program latihan yang benar. Namun apabila anda tidak mampu menggunakan jasa seorang personal trainer anda dituntut harus bisa menyusun program latihan yang baik. Dengan latihanĀ  yang terprogram dapat memotivasi anda untuk latihan secara terus menerus sehingga latihan anda membuahkan hasil.

9. Tehnik latihan yang tidak benar

Fitnes bukan hanya sekedar mengangkat beban, tapi juga harus memperhatikan tehnik angkat beban yang benar. Karena selain untuk menghindari cedera, tehnik yang benar membuat anda dapat mengetahui otot mana yang dilatih. Anda juga dapat mengetahui otot mana yang akan berkontraksi di jenis latihan yang anda lakukan.

10. Hanya fokus ke beban yang harus diangkat daripada tehnik yang benar

Kurang lebih sama pada point 9, anda tidak bisa hanya fokus dengan berapa berat beban yang harus anda angkat agar mendapatkan otot yang besar, anda harus lebih memperhatikan tehnik yang benar. Pada dasarnya anda memang harus sering menambah beban untuk memberi tantangan kepada otot anda. Namun apabila anda tidak memahami tehnink yang benar, seberat apapun beban yang anda angkat tidak akan menghasilkan apa-apa selain cidera otot.

jual suplemen fitnes