10 Makanan Untuk Melawan Penuaan Dini

10 Makanan Untuk Melawan Penuaan DiniProgramFitnes.com – Kulit mengendur, stamina berkurang, sistem kekebalan tubuh melemah, dan kenaikkan berat badan. Inilah tanda-tanda penuaan pada tubuh manusia. Namun sekarang penuaan tidak tergantung oleh usia. Di usia muda pun bisa terjadi penuaan sejak dini.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penuaan dini. Salah satunya, mengontrol makanan yang anda konsumsi setiap hari. Terdapat 10 makanan utama yang dapat membantu anda memerangi penuaan dini dan membuat tubuh anda tetap sehat.

1Buah Delima

Makanan super ini dikenal memiliki kadar antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu buah delima diketahui mengandung dua senyawa yaitu asam ellagic dan asam punicalagin. Asam ellagic berfungsi untuk melawan radikal bebas sedangkan asam punicalagin berfungsi untuk meningkatkan kapasitas tubuh dalam memelihara kolagen, kolagen bertanggung jawab untuk membuat kulit tetap kencang dan halus.

2Ikan Salmon

Daging ikan salmon kaya akan omega-3, dimana berfungsi untuk meningkatkan integritas membran sel kulit anda dan menjaga kelembaban kulit. Selain itu asam lemak omega-3 juga dipercaya mampu mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan jantung anda.

3Sayuran Hijau

Setiap sayuran hijau mengandung banyak antioksidan salah satunya bernama fitonutrient. Senyawa ini membantu melindungi kulit anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu salah satu sayuran hijau yaitu bayam diketahui banyak mengandung beta karoten dan lutein. Kedua senyawa ini berfungsi untuk menjaga keelastisan kulit anda.

4Teh Hijau

Senyawa katecin yang ditemukan dalam minuman ini membantu anda menangkal timbulnya bintik-bintik coklat di kulit akibat paparan sinar matahari. Selain itu polifenol yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu membalikkan efek penuaan.

5Minyak Zaitun

Kandungan lemak baik yang ada dalam minyak zaitun memiliki segudang manfaat. Salah satunya mencegah penuaan dini. Dengan kandungan asam lemak omega-3 akan meingkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh sehingga dapat meningkatkan kebugaran tubuh anda dan membuat anda merasa lebih muda.

6Kacang-kacangan

Ketika anda memasuki usia tua, kerontokkan rambut pasti akan terjadi, tetapi dengan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi seperti yang terkandung dalam kacang-kacangan akan menghambat kerontokkan rambut anda.

7Cranberry

Cranberry mengandung banyak manfaat seperti meningkatkan kesehatan jantung, menjaga resiko terkena penyakit infeksi kandung kemih, mengurangi obesitas, dan melindungi kesehatan gigi.

8Alpukat

Alpukat banyak mengandung lemak baik yang dapat meningkatkan fungsi otak dan tekstur kulit, selain itu alpukat juga mengandung mineral, salah satunya boron, boron membantu menyerap kalsium sehingga akan meningkatkan kepadatan tulang.

9Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang mampu melawan penuaan dini, selain itu senyawa curcumin pada kunyit mampu mencegah penyakit kanker, meningkatkan fungsi otak, serta mencegah munculnya kerutan pada kulit. Curcumin juga menjadi suplemen untuk persendian bagi para atlet angkat berat.

10Anggur Merah

Anggur merah apabila diminum sesuai dosis akan sangat bermanfaat bagi tubuh anda. senyawa resveratrol dapat membantu anda melawan penyakit panas dan membantuk anda melawan penuaan dini.