13 Tips Nutrisi yang Diamini oleh Arnold Schwarzenegger (1)

ProgramFitnes.com – Soal binaraga, tak ada yang gaungnya sekeras Arnold Schwarzenegger. Menjuarai tujuh kali ajang binaraga bergengsi Mr. Olympia, pria yang dijuluki The Oak ini punya banyak ilmu dan pengalaman untuk dibagi, tak terkecuali soal nutrisi.

Nah, bila Anda menginginkan tubuh seperti The Oak, coba ikuti sejumlah tips penting ini. Mereka terbukti ampuh sejak berdekade yang lalu dan masih relevan hingga kini.

1. Tingkatkan Pengetahuan Nutrisi Anda

Image credit: spotmebro.com
Image credit: spotmebro.com
jual suplemen fitnes

Banyak lifter yang sangat kritis dalam mempelajari filososi dan teknik latihan. Tapi, pelajaram soal prinsip-prinsip nutrisi lebih jarang diperhatikan. Hal inilah yang seringkali membuat binaragawan tertahan dari potensi sejatinya.

Padahal, prinsip dasar nutrisi sama pentingnya dengan konsep dasar latihan. Binaragawan yang sukses adalah mereka yang mempelajari dan memahami kedua aspek tersebut.

Memang, ada banyak sekali informasi—maupun misinformasi—di luar sana, tapi pemahaman yang solid tentang ilmu nutrisi bisa membantu Anda mengidentifikasi mana info yang benar dan mana yang salah.

2. Prioritaskan Protein

Seperti Apa Wujud 30 Gram Protein Itu
Image credit: karnaval.com

 

Pentingnya protein bagi binaragawan memang tak diragukan lagi. “Sebagai seorang kompetitor, semua yang saya makan mengedepankan jumlah protein yang ada di dalamnya. Diet saya cenderung memastikan bahwa saya mendapatkan kebutuhan protein harian saya.”

“Steak, ayam, ikan, telur, dan susu adalah makanan utuh utama yang saya konsumsi—sumber dari protein lengkap yang mengandung semua asam amino esensial—dan mereka tetap menjadi makanan terbaik untuk membangun otot hingga kini.”

3. Perhitungkan Asupan Protein Anda

Image credit: dietxnutrition.com
Image credit: dietxnutrition.com

 

“Aturan praktis saya mengenai asupan protein harian adalah konsumsi 1 gram protein per pon berat badan (setara 2 gram per kilogram BB). Alasan paling penting saya menganjurkan hal ini adalah kesederhanaannya.”

Dengan metode ini, mudah bagi Anda untuk memperhitungkan berapa banyak protein yang Anda perlukan setiap harinya dan di setiap hidangan. Jumlah ini memastikan Anda memperoleh asam amino yagn diperlukan untuk pemulihan dan pembentukan otot.

Bila Anda sedang dalam fase menurunkan berat badan, jangan pangkas asupan protein Anda. Bila perlu, justru tingkatkan asupannya sedikit untuk mempertahankan otot yang Anda dapatkan dengan susah payah ketika defisit kalori.

4. Jangan Buang Kuning Telur Anda

Image credit: momtastic.com
Image credit: momtastic.com

 

Selama bertahun-tahun, binaragawan membuang kuning telur karena kuatir dengan lemak jenuh dan kolesterol. Padahal, ini adalah bagian terbaik dari telur, karena kandungan protein, lemak, vitamin, dan mineralnya.

Bila Anda hendak membatasi lemak dalam diet Anda, kurangi lemak dengan memangkas makanan lain alih-alih membuang kuning telur Anda.

5. Jangan Terkecoh Dengan Label “Bebas-Lemak”

Image credit: www.beyoulivehealthy.com
Image credit: www.beyoulivehealthy.com

Beberapa tahun belakangan, mengurangi lemak pangan cukup populer di Amerika. Tapi, tingkat obesitas di sana justru cenderung naik. Produk-produk “bebas-lemak” semakin banyak dipasarkan ke konsumen, padahal kebanyakan produk tersebut seringkali ditambahi gula.

Konsumsi lemak terlalu banyak memang bisa menimbulkan masalah, karena ia mengandung 9 kalori per gram. Tapi, mengurangi asupan lemak sampai tingkat ekstrem juga dapat menimbulkan dampak negatif.

Lemak jenuh diperlukan tubuh untuk produksi testosteron, yang dibutuhkan untuk membangun otot, pemulihan, bahkan pengurangan lemak. Aturan praktisnya: dapatkan 10-15 persen dari kalori harian Anda dari lemak jenuh, termasuk daging sapi, ayam, susu, dan telur.

6. Suplementasikan Dengan Protein

Whey Protein Dapat Mengatasi Penyakit Kanker
Image credit: ectomorphworkout.org

“Kualitas suplemen protein di zaman saya seperti yang Anda peroleh dari susu bubuk nonlemak kini. Ketika saya berusia 15 tahun, saya bahkan mencampurkan susu skim bubuk, telur, dan madu dengan air dalam termos. Kini, kemajuan teknologi mampu menciptakan whey yang praktis dan mudah dicerna.”

Bubuk protein sangat bermanfaat bagi binaragawan yang tidak memiliki cukup waktu untuk menyiapkan hidangan dan kudapan untuk kebutuhan hariannya. Makanya, suplemen protein berkualitas adalah investasi nutrisi penting yang bisa Anda lakukan.

Selanjutnya: 13 Tips Nutrisi yang Diamini oleh Arnold Schwarzenegger (2-Habis)

jual suplemen fitnes