13 Tips Nutrisi yang Diamini oleh Arnold Schwarzenegger (2-Habis)

ProgramFitnes.com – Soal binaraga, tak ada yang gaungnya sekeras Arnold Schwarzenegger. Menjuarai tujuh kali ajang binaraga bergengsi Mr. Olympia, pria yang dijuluki The Oak ini punya banyak ilmu dan pengalaman untuk dibagi, tak terkecuali soal nutrisi.

Pada bagian sebelumnya, telah dijabarkan enam tips nutrisi yang pertama. Nah, sekarang mari kita bahas tips-tips lainnya yang juga tak kalah penting untuk melengkapi pemahaman Anda!

7. Manfaatkan Multivitamin

Image credit: top10supplements.com
Image credit: top10supplements.com
jual suplemen fitnes

Bila Anda adalah seorang atlet yang berlatih keras, kebutuhan vitamin dan mineral Anda mungkin lebih dari yang disarankan pada Angka Kecukupan Gizi. Ini karena informasi AKG lebih relevan bagi populasi pada umumnya yang tidak mengedepankan latihan.

Ketika Anda berlatih keras dan ingin berada pada performa maksimal—terutama bila pola makan ANda kurang bervariasi—Anda mudah mengalami defisiensi terhadap salah satu atau lebih mikronutrien. Hal paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi multivitamin berkualitas setiap hari.

8. Kurangi Gula

Image credit: blog.soletreadmills.com
Image credit: blog.soletreadmills.com

Tak bisa dipungkiri, asupan gula yang berlebihan merupakan salah satu pemicu utama meroketnya tingkat obesitas di Amerika, selain kurangnya aktivitas fisik sehari-hari.

“Jika saya bisa mendorong seseorang untuk mengubah satu saja pola dietnya, itu adalah menyingkirkan makanan yang mengandung gula tambahan—termasuk pemanis jagung tinggi fruktosa, maltodekstrin, dan lain-lain—dari diet mereka.”

9. Pilih Makanan Anda Dengan Cermat

Image credit: www.splendidtable.org
Image credit: www.splendidtable.org

Di gym, beberapa gerakan lebih baik dari yang lainnya. Sama halnya dengan makanan: makanan tertentu merupakan pilihan yang lebih baik dapada lainnya. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan “bersih” akan mendorong pembangunan fisik Anda lebih jauh dibandingkan bila Anda bergantung pada makanan olahan.

Kini, banyak profesional kebugaran dan binaragawan yang mengatakan bahwa Anda tidak bisa mengalahkan diet yang buruk dengan latihan, dan hal ini sangatlah tepat. Sia-sia saja Anda menghabiskan waktu berjam-jam di gym diikuti dengan pola makan yang tidak sehat.

10. Jangan Lewatkan Makanan Pasca-Latihan

Image credit; girlsgonestrong.com
Image credit; girlsgonestrong.com

“Saya gemar untuk mengkonsumsi seporsi hidangan segera setelah latihan di masa-masa kompetitif saya. Bahkan, dulu saya percaya protein shake dengan tambahan karbo pasca-latihan adalah hal terbaik yang membantu saya memulihkan diri.

“Kepraktisan membuat shake setelah saya meninggalkan gym jauh lebih mudah dibandingkan mencoba menyiapkan satu hidangan komplit. Bila Anda berlatih sehari dua kali seperti yang sering saya lakukan, sangatlah penting untuk cepat mendapatkan nutrisi pengganti seusai latihan.”

11. Makan Lebih Banyak Untuk Massa Otot

Image credit: www.bodybuilding.com
Image credit: www.bodybuilding.com

Bila latihan Anda sudah pas dan diet Anda bersih tapi Anda masih kesulitan menaikkan berat badan, coba tambahkan kudapan ekstra yang setara dengan 300-500 kalori ke keseharian Anda.

Meminum kalori dalam bentuk shake sangat mudah dan praktis. Karena protein shake dicerna dengan cepat, Anda masih bisa mengkonsumsi hidangan makanan-utuh sesuai jadwal.

Tapi, jangan menambah terlalu banyak kalori melampaui jumlah ini, atau Anda bisa mendapatkan penambahan berat badan dalam bentuk yang keliru.

12. Hindari Dessert

Image credit: tonyromas.com
Image credit: tonyromas.com

“Saya gemar makan, termasuk makanan-makanan khas Austria yang menjadi favorit saya. Tapi, ketika berkompetisi, saya lebih memilih makanan kaya protein dan rendah lemak, terutama steak.

“Saya terkenal suka mengkonsumsi porsi yang sangat besar, tapi tak apa asal itu makanan yang tepat. Steak porsi besar sangat pas untuk fase pembangunan massa otot karena jumlah kalori dari protein dan kreatin alami yang terkandung di dalamnya. Tapi, porsi besar makanan pencuci mulut tidak akan membantu Anda mencapai gol.”

Makanlah yang banyak sekaligus cerdas. Mengisi perut dengan makanan tinggi protein lebih baik daripada merasa lapar lagi setelah makan akibat konsumsi makanan tinggi gula.

13. Perhatikan Porsi Makan

Image credit: precisionnutrition.com
Image credit: precisionnutrition.com

Binaragawan yang berkompetisi mencatat setiap makanan yang mereka konsumsi sehingga mereka bisa menghitung setiap kalori yang masuk. Tapi, sedikit sekali lifter rekreasional yang menggunakan energi semacam itu untuk mengukur makanan.

Salah satu kesalahan terbesar seorang binaragawan adalah tidak mempelajari bagaimana mengukur jumlah makanan. Sebanyak apa 200 gram dada ayam itu? Berapa gram protein protein yang dikandungnya?

Memiliki cara untuk mengukur porsi secara mendasar untuk protein dan karbohidrat kompleks akan memberikan keuntungan saat memilih dan menyiapkan hidangan. Anda tidak perlu mengingat setiap makanan, cukup dasarnya saja yang menjadi inti bagi pola makan Anda.

 

jual suplemen fitnes