13 Variasi Squat Untuk Membuat Anda Semakin Kuat (2)

ProgramFitnes.com – Pada bagian sebelumnya, telah dijelaskan 7 variasi squat yang bisa anda coba. Sekarang, mari kita simak variasi gerakan squat lainnya yang membantu anda makin kuat.

1Stability-Ball Squat

Variasi lain yang bermanfaat untuk membentuk gerakan squat yang sempurna adalah stability-ball squat. Pada gerakan ini, anda bersandar pada sebuah stability ball di dinding yang akan menuntun anda naik turun melakukan squat.

Gerakan ini juga pas dimanfaatkan bila anda baru saja sembuh dari cidera dan membutuhkan gerakan squat yang minim tekanan.

2Jump Squat

Jump squat adalah versi eksplosif dari squat biasa, di mana anda benar-benar melompat dan mengangkat kaki anda dari lantai. Ini biasanya dilakukan dengan cara mengayunkan lengan anda ke atas dan memanfaatkan bobot tubuh atau beban tambahan yang ringan. Gerakan ini membantu anda meningkatkan tenaga dan kemampuan eksplosif sekaligus bisa menjadi latihan kardio yang baik.

3Hack Squat

Untuk melakukan hack squat, genggam barbell di belakang anda (tepat di paha belakang anda). Lalu, lakukan squat sampai beban menyentuh lantai sebelum anda kembali ke posisi berdiri.

Awalnya memang membuat anda terasa canggung, tapi gerakan ini menempatkan tekanan yang sangat kecil pada punggung bagian bawah anda sembari memperkuat quadrisep.

4Single-Leg Squat

Gerakan yang dikenal juga dengan sebutan pistol squat ini memang agak sulit dipelajari. Tapi, gerakan iin sangat baik untuk melatih keseimbangan, membantu stabilitas pada masing-masing sisi, serta melatih kaki anda untuk menghasilkan tenaga pada posisi yang terisolasi.

Pastikan punggung dan lutut anda berada pada posisi yang lurus saat melakukan variasi gerakan ini. Rentangkan tangan untuk membantu keseimbangan anda.

5Overhead Squat

Overhead squat sanggup menantang mobilitas dan anda akan mengetahui bahwa tubuh anda bergerak dengan baik bila berhasil melakukan squat secara penuh sembari membawa beban di atas kepala.

Untuk melakukan gerakan ini, genggam barbell di atas kepala dengan siku terkunci dan lakukan squat. Gerakan ini membutuhkan kelenturan bahu serta keseimbangan yang baik, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui kekurangan pada kelenturan dan keseimbangan anda.

6Sissy Squat

Seperti halnya hack squat, gerakan sissy squat dapat mengisolir otot quad dan bisa membuat otot tersebut lebih kuat dalam waktu singkat. Untuk melakukan gerakan ini, jaga posisi pinggul dan pinggang anda tetap lurus, lalu bengkokkan lutut sembari mencondongkan badan anda ke belakang. Turunkan tubuh anda sampai lutut anda mendekati lantai, lalu kembali ke posisi semula.

Squat merupakan pola gerakan yang esensial. Nah, variasi squat di atas bisa anda jadikan referensi demi kaki yang lebih kuat dan kekar. Selamat berlatih!

BAGIKAN