16 Strategi Diet Untuk Pembentukan Otot yang Optimal (1)

16 Strategi Diet Untuk Pembentukan Otot yang Optimal (1)ProgramFitnes.com – Agar anda memiliki bentuk fisik yang menawan dengan otot kekar tanpa timbunan lemak, kerja keras di gym memang wajib dilakukan. Namun, tanpa asupan nutrisi yang tepat, otot anda tidak akan mendapatkan cukup bahan bakar untuk berkembang secara maksimal. Memberi makan tubuh anda dengan benar sama pentingnya dengan setiap set dan repetisi yang anda lakukan.

Makanya, 16 strategi diet untuk pembentukan otot ini wajib anda perhatikan agar tubuh anda dapat berkembang sesuai harapan.

1. Lakukan Rotasi Karbohidrat

jual suplemen fitnes

Obesity-Man-Wondering-What-to-Eat

Rotasi karbohidrat dilakukan dengan cara menggilir pola makan rendah karbo dan tinggi karbo secara bergantian setiap harinya. Pada hari rendah karbo, anda membatasi asupan karbohidrat untuk membakar lemak. Sementara, diet tinggi karbo akan membantu meningkatkan metabolisme anda. Bila dilakukan secara bergantian, ini akan memberi manfaat yang baik buat otot anda.

Ingin tahu penjelasan lebih lanjut tentang rotasi karbohidrat? Langsung saja kunjungi laman Programfitnes yang ini.

2. Tentukan Waktu yang Tepat Mengkonsumsi Karbohidrat

bread

Selain melakukan rotasi karbohidrat, anda juga wajib memahami kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi karbo harian anda. Konsumsi jumlah terbanyak dari asupan karbohidrat harian anda pada saat sarapan dan setelah latihan. Memakan setidaknya 50 gram karbohidrat yang segera diserap tubuh pada saat sarapan dan pascalatihan mencegah pemecahan jaringan otot dan membatasi hormon kortisol yang dapat melepaskan protein dalam otot dan memperlambat metabolisme.

3. Konsumsi BCAA Untuk Memelihara Otot

Bodybuilder_0

BCAA (branched-chain amino acid) merupakan salah satu asam amino yang penting untuk mencegah katabolisme otot. Katabolisme otot adalah proses pemecahan protein pada otot untuk mengubahnya menjadi sumber energi.

Mengkonsumsi 5-10 gram BCAA pada saat sarapan maupun sebelum dan sesudah latihan dapat menjaga otot dari proses katabolisme. Ini karena BCAA dimanfaatkan tubuh sebagai sumber energi pengganti. BCAA juga menjadi pemicu sintesa protein saat anda menerapkan diet rendah karbo.

4. Biarkan Karbohidrat Bekerja Untuk Anda

Bodybuilder-Food_0

Karena membentuk otot adalah cara terbaik untuk membakar lebih banyak lemak pada jangka panjang, anda perlu memastikan agar latihan anda cukup intensif untuk memperoleh perkembangan yang anda inginkan. Konsumsi 20 gram whey protein yang cepat diserap serta 20-40 gram karbohidrat yang lambat diserap (dari buah, ubi, atau beras merah) 30 menit sebelum latihan. Ini akan memberi anda tenaga yang cukup untuk latihan yang intens.

5. Beri Tubuh Anda Tambahan Neurotransmiter Lewat Kopi dan Teh

young-woman-coffee-smile

Neurotransmiter adalah senyawa kimiawi pada otak yang memmerbi sinyal untuk mengaktifkan proses pembakaran lemak dalam tubuh. Kafein dan teh (teh hijau, teh hitam, oolong) mampu mendorong senyawa kimiawi ini, terutama saat dikonsumsi sebelum berlatih dan saat tidak mengkonsumsi karbo. Meski dosisnya bervariasi, anda bisa meminumnya 2-3 kali sehari, salah satunya dikonsumsi 30-60 menit sebelum latihan.

6. Prioritaskan Karbohidrat yang Lambat Diserap

29186_basic_brown_rice

Karbohidrat yang lambat dicerna seperti biji-bijian, roti gandum utuh, oatmeal, dan beras merah sebaiknya menjadi pilihan karbo favorit harian anda (dengan pengecualian saat sarapan maupun pascalatihan). Tipe karbo kompleks ini mengurangi efek dari insulin, hormon yang memicu rasa lapar dan penyimpanan lemak. Penelitian menunjukkan bahwa atlet yang mengkonsumsi karbo kompleks membakar lemak lebih banyak.

7. Makan Cemilan yang Tepat

plain-frozen-yogurt

Tidak perlu menghindari ngemil, tapi pastikan anda memilih cemilan yang tepat. Plain yogurt yang bebas gula dan keju cottage mungkin adalah cemilan yang sempurna karena mengandung karbo kompleks sekaligus mengandung susu yang memiliki kandungan kalsium, protein, dan zat gizi penting lainnya.

8. Sering-Seringlah Mengisi Perut Anda

3f1b60e

Alih-alih jarang makan, anda bisa membagi asupan kalori harian anda menjadi beberapa hidangan kecil. Mengkonsumsi beberapa santapan kecil tapi sering dapat menstimulasi kondisi thermogenesis yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh anda.

Bersambung ke bagian 2

jual suplemen fitnes
BAGIKAN