16 Strategi Diet Untuk Pembentukan Otot yang Optimal (2)

16 Strategi Diet Untuk Pembentukan Otot yang Optimal (2)ProgramFitnes.com – Tak cuma bekerja keras mengangkat beban di gym, diet yang tepat juga wajib dilakukan demi perkembangan otot yang maksimal. Jika di bagian pertama kita telah membahas delapan strategi diet yang pertama, lengkapi pengetahuan anda lewat 16 strategi diet untuk pembentukan otot bagian akhir ini.

9. Manfaatkan Arginine Tambahan

Segala Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Human Growth Hormone

Arginine atau L-arginin adalah asam amino yang berperan sebagai vasolidator, yaitu zat kimia yang memperlebar pembuluh darah. Mengkonsumsi 3-10 gram asam amino ini sekitar satu jam sebelum latihan membantu meningkatkan aliran darah ke otot, meningkatkan metabolisme dan kemampuan angkatan anda. Arginine juga meningkatkan sekresi Growth Hormone (GH) alamiah yang berhubungan dengan latihan, sehingga memaksimalkan pertumbuhan otot anda.

Makanan yang mengandung arginine antara lain keju, susu, yogurt, telur, dan daging, serta produk-produk nabati seperti gandum, kedelai, dan kacang-kacangan.

10. Hindari Asupan Karbohidrat Terlalu Larut

midnight-snacking

Hindari mengkonsumsi karbo sebelum tidur. Berangkat tidur dalam keadaan tidak mencerna karbo membantu memaksimalkan output GH. GH dapat menaikkan laju metabolisme sehingga lebih banyak kalori dari lemak anda yang terbakar.

Bila anda melakukan latihan malam, anda bisa mengkonsumsi 40-60 gram karbo yang cepat diserap segera setelah latihan untuk membantu pemulihan otot. Karbo ini akan segera terbakar atau disimpan sebagai glikogen, sehingga kadar gula darah anda tetap stabil. Selama gula darah stabil pada saat tidur, anda dapat memaksimalkan pelepasan GH.

11. Minumlah Teh Secara Rutingreen-tea-table

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah hal penting agar performa tubuh anda tetap optimal serta tingkat metabolisme yang tetap tinggi. Selain minum air putih yang cukup, konsumsi juga teh hijau secara rutin. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang mampu membantu tubuh membakar kalori.

12. Manfaatkan Glutamin dan Taurin

back-pose-back-track-promo

Asam amino glutamin dan taurin membantu tubuh anda untuk tetap berada pada keadaan anabolik saat melakukan diet. Saat anda mengurangi asupan kalori dan karbo, tingkat hormon kortisol anda akan meningkat. Glutamin akan menghalangi peningkatan kortisol dan mencegah pemecahan protein pada otot. Selain itu, glutamin membantu penyerapan air pada sel otot, terutama saat anda mengkonsumsi karbo cepat seusai latihan.

Sementara, taurin membantu menahan air di dalam sel otot dan memberi mereka dorongan anabolik yang lebih baik. Konsumsi 5-10 gram glutamin dan 1-3 gram taurin sebelum dan sesudah latihan.

13. Eliminasi Lemak Sama Sekali Untuk Sementara Waktu

How-to-Get-Ripped-Go-From-Average-to-Lean-in-12-Weeks-compressed

Bila anda mengalami titik stagnan untuk menghalau lemak membandel di tubuh, coba hindari konsumsi lemak sama sekali selama 4-5 hari. Lupakan dulu dada ayam, daging, kuning telur, bahkan oatmeal yang mengandung sedikit lemak. Sebagai gantinya, konsumsi sumber protein tanpa lemak seperti dada kalkun, putih telur, keju cottage bebas lemak, serta bubuk protein.

Tubuh anda pandai beradaptasi. Dengan mengeliminasi lemak dalam periode yang singkat, tubuh anda mengalami perubahan drastis sehingga terpicu untuk membakar lemak tubuh yang membandel, bahkan setelah anda tidak lagi mengeliminasi lemak dalam makanan anda.

14. Hindari Pendekatan Diet Rendah Lemak/Tanpa Lemak

healthy-fats

Diet rendah lemak bertujuan untuk menghilangkan lemak tubuh. Tapi, bila anda ingin menambah massa otot, pastikan anda mengkonsumsi lemak yang cukup. Masukkan minyak zaitun, alpukat, dan telur utuh, serta yogurt, keju dan susu yang mengandung lemak rendah tapi bukan bebas-lemak.

Lemak dimanfaatkan sebagai sumber energi, sehingga protein yang anda konsumsi bisa dimanfaatkan untuk membangun massa otot. Selain itu, lemak juga mendukung produksi testosteron dan GH yagn penting dalam pembangunan otot. Pastikan 30 persen dari total kalori harian anda berasal dari lemak.

15. Jangan Ragu Makan yang Banyak Sesekali

Late teens boy eating a slice of pizza
Late teens boy eating a slice of pizza

Meningkatkan asupan kalori anda sekali seminggu dapat memicu perkembangan baru. Ketika anda menambah kalori secara drastis, bahkan dari makanan seperti pizza, burger, dan gorengan, tubuh anda merespon dengan cara meningkatkan hormon-hormon anabolik yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan otot yang rusak.

16. Konsumsi Bubuk Protein

Peran Whey Protein Dalam Program Diet

Protein adalah nutrien nomor wahid untuk membangun massa otot. Untuk memaksimalkan asupan protein anda, konsumsi setidaknya dua protein shake untuk 5-6 hidangan harian anda. Bubuk protein lebih cepat diserap daripada daging. Anda juga lebih mudah mengendalikan porsinya sampai ke gram. Saat yang penting untuk mengkonsumsi protein shake adalah sebelum latihan (20 gram) dan sesudah latihan (40-60 gram).

Nah, itulah 16 strategi diet untuk pembentukan otot yang optimal. Jangan ragu untuk segera menerapkannya dalam keseharian anda.