3 Suplemen Utama saat Program Bulking

3 suplemen utama dalam program bulkingProgramFitnes.com – Program bulking adalah program di mana kita berusaha menaikkan atau menambah volume otot. Dalam program ini kekuatan fisik dan kecepatan pemulihan tubuh sangat diperlukan. Tapi untuk mendapatkan kedua hal tersebut anda tidak bisa mengandalkan nutrisi dari makanan sehari-hari saja. Anda memerlukan suplemen yang dapat melengkapi kebutuhan nutrisi anda untuk menjalankan program bulking.

Banyak sekali suplemen yang ditawarkan oleh para pedagang suplemen dari suplemen yang benar sampai yang tidak benar. Sangat penting untuk tidak terjebak oleh rayuan pedagang suplemen karena hanya akan menambah pengeluaran anda saja tanpa mendapatkan hasil dari suplemen  yang anda beli.

jual suplemen fitnes

Terdapat 3 suplemen utama dalam program bulking yang bisa anda jadikan dasar panduan memakai suplemen dalam program bulking.

1.Creatine Monohydrate
Banyak jenis turunan creatine yang ada dipasaran suplemen sekarang, tapi saya tetap menyarankan anda untuk menggunakan creatine monohydrate. Creatine digunakan untuk meningkatkan produksi creatine alami dalam otot anda. Creatine dapat meningkatkan massa otot dan meningkatkan tenaga anda saat anda berlatih angkat beban. konsumsi lah creatine bersamaan dengan gula sederhana untuk meningkatkan penyerapan dalam otot anda. dosis yang di sarankan adalah 20 gram perhari pada fase loading dan 10 gram perhari pada fase maintenance.

2. Branch Chained Amino Acids (BCAA’s)
BCAA adalah gabungan dari beberapa asam amino yang sangat diperlukan dalam pembentukkan dan pemulihan otot yaitu valine, leucine, dan iso-leucine. BCAA tidak dapat diproduksi dalam tubuh anda secara alami sehingga anda harus memasukkan suplemen BCAA dalam program bulking anda. BCAA diketahui dapat meningkatkan tenaga anda selama latihan, dan dapat dengan cepat memulihkan otot setelah dilatih dengan keras.  Sekarang hampir semua suplemen seperti whey protein, whey protein isolate, casein, bahkan susu weight gainer pun mengandung BCAA. Namun apabila anda ingin menambahkannya lagi tidak menjadi masalah, dosis yang dianjurkan perhari 10 gram/hari tergantung dengan keras atau tidaknya pola latihan anda.

3. Glutamine
Glutamine
adalah asam amino yang biasa anda temui dalam jaringan otot anda. glutamine meningkatkan daya tahan tubuh anda. Glutamine juga dapat menghambat proses katabolik otot (penyusutan) akibat dilatih secara keras. Selain itu glutamine diketahui dapat meningkatkan hormon pertumbuhan. Dosis yang dianjurkan 15 gram perhari dibagi menjadi 5 gram sekali minum, pagi,  setelah latihan dan sebelum tidur.

Anda masih bisa menambahkan suplemen lain seperti weight gainer ataupun whey protein, whey protein isolate untuk melengkapinya. Namun  ketiga suplemen diatas bukan obat ajaib yang bisa langsung membuat tubuh anda berotot. Tubuh anda tetap memerlukan pola latihan yang benar, pola makan yang teratur, serta pola istirahat yang cukup untuk meningkatkan kinerja ketiga suplemen di dalam tubuh anda.

jual suplemen fitnes
BAGIKAN