3 Teknik yang Terbukti Mampu Memotivasi Diri Mencapai Resolusi Kebugaran Anda

3 Teknik yang Terbukti Mampu Memotivasi Diri Mencapai Resolusi Kebugaran AndaProgramFitnes.com – Memang tidak gampang memotivasi diri untuk merampungkan setiap gerakan pada program latihan anda secara disiplin setiap hari. Keadaan dan tekanan hidup yang anda alami bisa dengan mudahnya mengalihkan perhatian anda, bahkan bagi mereka yang paling berdedikasi sekalipun. Ditambah lagi, tugas-tugas yang anda emban di kantor, sekolah, dan rumah membuat diet terasa hampir mustahil.

Tapi, ada beberapa cara yang terbukti dapat memotivasi setiap atlet untuk menyelesaikan latihan yang paling sulit sekalipun. Kuncinya adalah pola pikir anda. Kiat-kiat memotivasi diri berikut ini dapat anda coba untuk meningkatkan fokus, energi, dan semangat anda.

1. Mulailah menghargai hal-hal kecil.

How-to-Get-Ripped-Go-From-Average-to-Lean-in-12-Weeks-compressed

Belajar menghargai keberhasilan-keberhasilan yang kecil saat anda berusaha meraih tujuan kebugaran anda merupakan kunci untuk meningkatkan motivasi diri. Jangan ragu memberi umpan balik yang positif pada diri sendiri ketika berhasil mencapai sesuatu karena hal ini dapat mendorong anda bertahan lebih jauh.

Menghargai perkembangan-perkembangan kecil dalam perjalanan anda menggapai hasil akhir dari resolusi kebugaran anda akan mengaktifkan sistem ‘reward’ pada otak, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemungkinan untuk terus melakukan hal tersebut, baik itu latihan maupun diet yang anda lakukan.

2. Temukan kekuatan untuk berkata ‘tidak’.

weight-lifting-woman

Seringkali, anda akan tergoda untuk mentoleransi diri untuk tidak melakukan yang terbaik saat latihan ataypun mematuhi program diet anda ketika tekanan yang anda rasakan sedang tinggi. Tapi, segera katakan pada diri sendiri bahwa tidaklah baik untuk mengabaikan tujuan anda sekarang. Cara ini mampu mengirimkan pesan kuat pada otak bahwa komitmen anda terhadap kesehatan dan kebugaran sama sekali tidak bisa ditawar.

Dengan tidak memberikan pilihan lain pada diri sendiri selain menyelesaikan tanggung jawab di depan mata, maka anda dapat menghalau perilaku sabotase diri sendiri yang dapat berdampak buruk bagi tujuan akhir anda.

3. Dapatkan bantuan dari orang lain.

Berdasarkan studi pada International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, terungkap bahwa motivasi memainkan peranan penting untuk mematuhi program diet khusus.

Setengah dari sebuah kelompok yang terdiri atas 80 orang wanita diberikan panduan tentang bagaimana mengatur tujuan dan melakukan pencatatan serta mendapatkan saran-saran untuk menurunkan berat badan. Sementara, sisanya hanya disediakan sejumlah tips diet. Hasilnya, kedua kelompok tersebut memang mengalami penurunan berat badan. Tapi, kelompok yang dipandu dengan baik jauh lebih sukses dibanding yang tidak.

Kesimpulannya, memiliki rekan yang dapat membantu anda melewati “medan perang” dapat membuat anda lebih sukses dalam melakukan program latihan maupun diet anda.

Nah, buat anda yang sering kekurangan motivasi untuk melewati sebuah program latihan maupun diet secara tuntas, mungkin bisa mengaplikasikan beberapa tips di atas untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Selamat mencoba!