4 Alasan Memasukkan Mesin Ke Dalam Latihan Anda

ProgramFitnes.com – Debat tentang mana yang lebih baik antara beban bebas dan mesin fitnes memang tak ada habisnya. Penggunaan mesin dalam latihan ini seringkali menuai pro dan kontra antar praktisi kebugaran.

Banyak yang menganggap beban bebas memang lebih baik dalam mengikutsertakan otot-otot core dan menjaga pola gerakan alami tubuh. Tapi, mesin-mesin itu sudah ada di sana untuk beberapa alasan yang logis.

Alih-alih mengunggulkan salah satu, bukankah lebih baik jika Anda mengaplikasikan keduanya dalam latihan Anda? Inilah empat alasan logis mengapa Anda perlu memasukkan mesin ke dalam rutinitas latihan Anda.

1. Alasan Keamanan

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com

Yang pertama dan terpenting, mesin fitnes umumnya menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibanding beban-bebas, yang mana sangat berguna bagi pemula. Memang tidak ada gerakan yang seratus persen aman, tapi setidaknya Anda tidak perlu takut kehilangan kontrol terhadap beban yang Anda tangani.

Tentu Anda bisa mendebat apakah gerakan pada sebuah mesin itu alami atau tidak. Tapi, tampaknya cukup jelas bila beberapa mesin itu berusaha mengurangi ruang untuk melakukan kesalahan saat gerakan.

2. Pembebanan Maksimum

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Saat menggunakan barbell dan dumbbell, Anda perlu menyeimbangkan beban sepanjang set untuk menyelaraskan jalur gerakan, yang mana, sampai titik tertentu, membatasi jumlah beban yang bisa Anda angkat.

Di sisi lain, mesin otomatis menyeimbangkan beban untuk Anda melalui jalur gerakan yang tetap. Anda hanya perlu mendorong atau menarik beban, sehingga Anda dapat memasukkan lebih banyak beban dan memberi pembebanan maksimum pada otot dengan lebih aman.

Dengan begitu, gerakan-gerakan compound seperti Smith machine bench press, lat-pulldown, dan leg press, sebagai contoh, sangat baik dilakukan di awal latihan ketika Anda ingin memaksimalkan beban saat otot Anda masih segar bugar.

3. Teknik Untuk Meningkatkan Intensitas

bodybuilder with simulator
Image credit: interesticle.com

Saat ingin meningkatkan intensitas, mesin seringkali lebih praktis dibanding beban bebas. Dropset, misalnya, lebih mudah dilakukan dengan mesin karena Anda tinggal menggeser pin ke beban yang lebih ringan saat mencapai failure.

Selain itu, elemen penting lainnya adalah bentuk gerakan. Ketika otot Anda sangat kelelahan, teknik gerakan Anda seringkali menjadi berantakan. Nah, mesin bisa membantu Anda dalam hal ini. Selain karena jalur gerakannya tetap, posisi Anda juga lebih terjaga dari kemungkinan cidera.

Beberapa teknik meningkatkan intensitas yang baik dilakukan dengan mesin antara lain:

  • Partial rep, di mana Anda bergerak dalam jarak pendek dalam rentang gerak penuh.
  • Negative rep, Anda lebih mudah melakukannya dengan mesin tanpa bantuan spotter.
  • Unilateral negative, pada Smith machine, misalnya, Anda bisa menurunkan beban dengan satu tangan dan menaikkannya dengan dua tangan.
  • Latihan isometris dengan sudut spesifik, di mana Anda melakukan press terhadap beban tak bergerak dari berbagai sudut.

4. Tegangan Konstan

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Gerakan dengan mesin menawarkan tegangan konstan melalui rentang gerak penuh di setiap rep; beban bebas tidak dapat melakukan hal ini. Ini berarti tak ada tempat untuk istirahat di sepanjang jalur rentang gerak, menjaga otot yang disasar tetap tegang akibat gravitasi.

Salah satu contoh terbaik untuk menjelaskan hal ini adalah dumbbell fly. Ada tegangan pada otot pektoral saat Anda mengangkat dumbbell ke atas (melawan gravitasi), tapi tegangan itu hilang ketika kedua tangan Anda tepat berada di atas, karena Anda tidak lagi melawan gravitasi.

Hal ini membuat ujung rentang gerakan jadi terasa sia-sia. Sementara, gerakan semacam cable fly atau cable cross-over bisa mengatasi hal itu dengan tensi yang konstan di sepanjang gerakan, sehingga otot pektoral Anda mendapatkan stimulus yang tak terputus.

Jadi, makin jelas bukan manfaat mesin bagi latihan Anda. Tak perlu mendewakan salah satunya, sebab mesin dan beban bebas bisa saling melengkapi. Selamat berlatih!