4 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Full-Body Workout

Programfitnes.com – Full-body workout (FBW) atau latihan tubuh menyeluruh merupakan latihan di mana Anda melatih semua kelompok otot dalam dalam satu sesi latihan. Ini adalah kebalikan dari split training, di mana Anda melatih setiap kelompok otot secara terpisah.

Split training sudah menjadi menu latihan wajib di kalangan praktisi kebugaran selama bertahun-tahun. Melalui split, Anda bisa berlatih dengan volume lebih besar untuk masing-masing kelompok otot, tapi Anda mesti mengorbankan frekuensi. Sementara, FBW melibatkan volume latihan yang lebih rendah unutk tiap bagian tubuh, tapi frekuensinya lebih tinggi.

Inilah empat alasan mengapa Anda harus melakukan full-body workout, tentunya didukung oleh hasil penelitian yang melibatkan para ahli.

1. Lebih Cepat Mengurangi Lemak

Penelitian menunjukkan bahwa FBW mampu meningkatkan pembakaran lemak dibandingkan split training. Dalam sebuah studi, mereka yang melakukan latihan tubuh menyeluruh tiga kali seminggu mengurangi jumlah lemak lebih banyak dibandingkan yang melakukan pola latihan terpisah.

Latihan full-body mampu mempengaruhi pengurangan lemak melalui aktivasi gen. Aktivasi gen sangat penting untuk menentukan hasil latihan, baik itu perkembangan otot maupun pengurangan lemak.

FBW mendorong aktivitas gen untuk meningkatkan proses metabolisme dalam otot; prosesnya bisa bertahan sehari penuh. Akibatnya, tubuh Anda akan membakar lemak dan karbohidrat lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan energi dari proses tersebut.

2. Meningkatan Massa Otot Lebih Banyak

Dalam studi yang sama, diketahui pula bahwa kelompok yang menjalani FBW mengalami penambahan massa otot sedikit lebih banyak dibandingkan kelompok yang menjalani split training. Alasannya karena kelompok FBW menunjukkan peningkatan rasio testosteron dibanding kortisol.

Semakin tinggi testosteron dan semakin rendah kortisol, maka tubuh akan semakin bersifat anabolik. Dengan mengaktifkan rasio anabolik yang ideal melalui FBW, potensi pembentukan protein otot juga akan maksimal.

3. Kekuatan yang Lebih Besar

Peneliti membagi individu menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang lebih kuat dan lebih lemah (yang dilihat dari kemampuannya melakukan squat). Kelompok yang kuat ini dibagi lagi menjadi dua, salah satunya menjalani FBW, sementara yang lain menjalani split training.

Hasilnya, kelompok yang menjalani FBW mengalami peningkatan kekuatan yang lebih besar dibandingkan kelompok split training. Dari sini, dapat disimpulkan jika lifter berpengalaman bisa mengambil manfaat lebih banyak ketika melakukan full-body training dibandingkan pemula.

4. Peningkatan Kesehatan Secara Keseluruhan

Dengan mengaktifkan gen di seluruh serat otot setiap hari lewat FBW, Anda bisa menjaga proses metabolisme tubuh tetap berjalan baik. Hal ini berperan penting untuk mencegah berbagai ancaman gangguan metabolik.

Jadi, berapapun umur Anda, Anda dapat meraih kesehatan yang prima lewat latihan full-body.

Nah, itu dia sejumlah manfaat dari latihan full-body. Saatnya Anda menjajalnya sendiri!