4 Cara Unik Memanfaatkan Mesin Untuk Sesi Latihan Kaki

ProgramFitnes.com – Berbeda dengan beban bebas, mesin latihan memiliki manual yang spesifik tentang bagaimana cara menggunakannya dengan benar. Tapi, bukan berarti Anda tidak boleh menggunakannya dengan cara lain, lho.

Tak ada salahnya memanfaatkan imajinasi dan kreativitas Anda untuk melakukan gerakan unik menggunakan mesin yang sudah ada. Inilah beberapa gerakan unik untuk sesi latihan kaki yang bisa Anda tiru.

1. Glute Kick-Back menggunakan Leg-Curl Machine

jual suplemen fitnes

Gerakan ini tidak dilakukan tepat di atas mesin, melainkan sedikit ke bawah. Glute kick-back mampu menyasar otot bokong Anda secara unilateral lewat pola gerakan yang tak biasa.

Letakkan matras di depan mesin leg-curl. Bertumpulah dengan lutut dan tangan Anda membelakangi mesin. Letakkan satu kaki pada bantalan leg-curl dengan posisi lutut membengkok 90 derajat. Lalu, dorong beban hingga kaki lurus. Lakukan 3-4 set masing-masing 8-10 rep.

2. Reverse Hack Squat

Image credit: www.bodybuilding.com
Image credit: www.bodybuilding.com

Digagas oleh mantan Mr. Universe Calum von Moger. gerakan terbalik ini menambah fleksibilitas dari mesin hack squat. Alih-alih menempatkan punggung di pad, Anda bisa mengubah otot yang terlibat dengan menghadap pad.

Dengan menghadap pad, posisikan bahu Anda dengan pas di bawah pad bahu. Pastikan juga posisi kaki Anda aman dan berada segaris dengan badan. Pada posisi reverse ini, tidak ada yang menyangga punggung, jadi pastikan punggung tetap lurus sepanjang gerakan.

Lakukan 3-4 set masing-masing 10-12 rep.

3. Single-Leg Cable Romanian Deadlift

Romanian deadlift merupakan gerakan yang ideal untuk menyasar glute dan ham. Ada beragam variasi, termasuk gerakan yang tidak memanfaatkan beban bebas ini. Dengan kabel, Anda bisa memperoleh tegangan konstan sepanjang gerakan.

Pasang D-handle pada set terbawah dari mesin kabel. Genggam pegangan dan mundurlah sedikit untuk memperoleh tegangan pada kabel.

Dimulai dari sisi kiri, genggamlah pegangan dengan tangan kiri. Dengan kaki kiri tetap berpijak di lantai, naikkan kaki kanan ke belakang sembari mengayunkan badan Anda ke depan. Kontraksikan hamstring untuk kembali ke posisi semula. Lakukan 3-4 sets masing-masing 6-8 rep untuk tiap sisi.

4. Cable Jump Squat

Gerakan ini merupakan alternatif dari jump squat reguler, minus bar di punggung atas Anda yang bisa menimbulkan risiko cidera. Aman dan nyaman!

Pasang dua D-handle atau sebuah bar pada pengaturan terendah dari mesin kabel atau FreeMotion. Menghadap mesin dengan jarak sekitar 1 meter, genggam pegangan pada posisi front squat. Lakukan lompatan eksplosif lalu kembali ke posisi front squat. Lakukan 3-5 set masing-masing 3-5 lompatan.

Penggunaan mesin dengan cara yang tak biasa ini akan memberikan stimulus baru bagi kaki Anda. Selamat berlatih!

jual suplemen fitnes