4 Gerakan Pembentuk Triseps yang Ramah Bagi Sendi

4 Gerakan Pembentuk Triseps yang Ramah Bagi Sendi
Image credit : www.kingofthegym.com

ProgramFitnes.com – Selain biseps, ukuran triseps juga sangat berpengaruh terhadap definisi otot lengan anda. Sayangnya, beberapa praktisi cenderung mengesampingkan latihan triseps dan hanya menambahkannya di akhir sesi latihan lengan. Sementara, ada pula yang justru terlalu membebani sendi siku untuk melatih triseps mereka karena terus-terusan melakukan gerakan semacam skull crusher.

Untuk menambah massa otot pada triseps dan meningkatkan kekuatan press horisontal, anda perlu melatih triseps secara cerdas dengan beragam variasi gerakan. Nah, bila anda memerlukan gerakan pembentuk triseps yang cukup ramah bagi persendian, terutama siku, gerakan berikut bisa anda manfaatkan.

1. Close Grip Barbell Bench Press

Image credit: www.instiz.net
Image credit: www.instiz.net
jual suplemen fitnes

Tak diragukan lagi kalau gerakan close grip bench press adalah gerakan yang mantap untuk melatih triseps, terutama bila anda mengalami masalah pada bahu. Sebab, posisi genggaman sempit pada bar membantu anda mendistribusikan beban ke triseps lebih banyak, sehingga tak membebani bahu.

Gerakan ini juga lebih nyaman dan tak kalah efektif dibandingkan dengan skull crusher yang lumayan membebani siku. Terlebih, anda juga dapat mengatur bentuk bench press anda menjadi lebih baik.

2. Crush Grip Dumbbell Bench Press

Image credit: www.dieselsc.com
Image credit: www.dieselsc.com

Gerakan yang satu ini memang sangat bermanfaat. Ia tak hanya menjaga posisi bahu dan menyasar triseps, tapi juga menciptakan tensi di sekeliling torso bagian atas.

Agar dapat melakukannya dengan benar, anda perlu berfokus untuk menekan dumbbell satu sama lain sekuat mungkin selama rep dilakukan. Hal inilah yang membantu menciptakan tegangan pada torso anda. Untuk mendapatkan hasil maksimal, turunkan beban secara lambat dan dalam kontrol penuh.

3. Crush Grip Incline Bench

Image credit: www.youtube.com
Image credit: www.youtube.com

Gerakan ini seperti gerakan yang disinggung pada poin sebelumnya, hanya saja gerakan ini dilakukan pada incline bench. Menaikkan tinggi bench membantu anda menyerang triseps secara lebih intens dan menggunakan lebih banyak otot deltoid bagian depan.

Perhatikan posisi dada agar tetap tinggi, terutama di dasar gerakan, sehingga anda tidak kehilangan tegangan pada punggung bagian atas.

4. Dips Dengan Rantai

Image credit; www.youtube.com
Image credit; www.youtube.com

Jarang ada gerakan yang sanggup membentuk otot triseps seperti gerakan dip. Bagi anda yang biasa berlatih, bodyweight dip mungkin dirasa terlalu ringan untuk meningkatkan massa triseps. Maka dari itu, dip dengan tambahan beban menjadi alternatif yang ideal.

Sayangnya, untuk mereka yang mengalami masalah pada bahu, weightened dip menggunakan pelat beban bisa terasa menyulitkan. Bila demikian, dip menggunakan rantai bisa menjadi solusi jitu.

Pada titik terlemah dip, yaitu pada dasar gerakan, ada lebih banyak mata rantai yang teronggok di lantai sehingga membuat beban total anda menjadi lebih ringan. Ketika anda mendorong tubuh ke atas, rantainya juga ikut terangkat dari lantai dan meningkatkan beban total. Inilah esensi dari resistensi akomodatif. Perubahan beban total bisa lebih atau kurang signifikan bergantung pada bagaimana anda menggantung rantai.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba gerakan di atas untuk meningkatkan ukuran triseps anda sekaligus menghemat penggunaan sendi siku dan bahu. Selamat berlatih!

jual suplemen fitnes
BAGIKAN