5 Alasan Memasukkan HIIT Ke Dalam Program Latihan Anda

ProgramFitnes.com – Anda mungkin tak asing lagi dengan high-intensity interval training atau HIIT. Ini adalah salah satu pola latihan kardio yang memasukkan putaran aktivitas intensitas tinggi bergantian dengan aktivitas intensitas lebih rendah sebagai jeda pemulihannya.

HIIT dimanfaatkan untuk memangkas waktu latihan kardio yang terasa membosankan di gym. Tapi, Anda juga bisa memanfaatkannya di luar ruangan, lho. Di samping itu, ada sejumlah manfaat kebugaran dan kesehatan yang bisa Anda peroleh dari metode yang satu ini. Apa saja?

1. HIIT Meningkatkan Konsumsi Oksigen Maksimal

Image credit: theidleman.com
Image credit: theidleman.com
jual suplemen fitnes

Salah satu standar untuk mengukur kebugaran kardiovaskular adalah VO2-max atau konsumsi oksigen maksimal. VO2-max menjabarkan efisiensi distribusi oksigen ke otot-otot tubuh Anda. Ibarat sebuah mesin bagi tubuh, semakin tinggi kapasitas VO2 Anda, makin efisien pula pengerahan tenaga Anda.

Nah, sejumlah studi membuktikan bahwa HIIT ternyata mampu membantu memperbaiki serta meningkatkan VO2-max Anda. Bahkan, HIIT yang relatif singkat hasilnya serupa bila dibandingkan kardio stabil dengan intensitas rendah/menengah yang lebih panjang dan lama.

2. HIIT Membakar Lemak dan Kalori Lebih Banyak dalam Waktu yang Lebih Singkat

Image credit: fit36fitness.com
Image credit: fit36fitness.com

Meski kardio intensitas lebih rendah terbukti mampu membakar banyak kalori dari lemak, kalori total yang dibakar dan lemak yang dipecah justru lebih banyak terjadi pada intensitas tinggi. peneliti dari McMaster University yang menemukan bahwa kalori yang dibakar dalam 10 menit HIIT sama dengan 50 menit kardio stabil.

Keunggulan lain dari HIIT adalah potensinya untuk meningkatkan konsumsi oksigen pasca-latihan. Seusai latihan, konsumsi oksigen tubuh Anda tetap meningkat untuk memulihkan kondisi fisiologis dan metabolik tubuh ke keadaan sebelum latihan. Hal ini memicu pembakaran kalori lebih banyak.

Tak hanya itu, HIIT juga meningkatkan oksidasi lemak, yaitu kemampuan tubuh untuk memecah dan memanfaatkan lemak sebagai sumber energi. Peneliti dari Kanada menemukan bahwa 6 minggu HIIT membantu meningkatkan oksidasi lemak dan mengurangi ketergantungan pada karbohidrat selama latihan.

3. HIIT Memperbaiki Kesehatan Secara Keseluruhan

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com

HIIT tak cuma cocok untuk mereka yang bugar saja. Mereka yang tingkat kebugarannya sedang dan rendah juga bisa memperoleh manfaat kesehatan dari metode ini, termasuk orang yang mengidap penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Diabetes Care menemukan perbaikan signifikan pada pengendalian glikemik, massa tubuh, dan lemak abdominal pada penderita diabetes tipe 2 yang melakukan HIIT selama 12 minggu.

Sementara, peneliti dari University of South Wales di Sydney, Australia, menemukan perbaikan pada denyut jantung saat istirahat, volume stroke, tekanan darah, dan kekerasan arteri setelah 12 minggu HIIT.

Jadi, Anda tak hanya memperoleh tubuh yang lebih seksi, tapi juga kesehatan tubuh yang tak tergantikan oleh apapun.

4. HIIT Menghambat Rasa Lelah

livestrong.com
livestrong.com

HIIT dapat meningkatkan performa kardio dan ketahanan tubuh Anda. Hal ini bermanfaat pula untuk latihan angkat beban, lho.

Anda tentu tak asing lagi dengan rasa terbakar pada otot yang terasa setelah melakukan beberapa set gerakan. Hal ini sebenarnya disebabkan oleh penumpukan ion hidrogen. Penumpukan ini bisa menurunkan kadar pH tubuh Anda, yang berujung pada kelelahan dan ketidakmampuan otot untuk kontraksi.

Nah, HIIT ternyata mampu menetralkan ion hidrogen yang muncul akibat latihan beban. Sebuah studi yang diterbitkan pada European Journal of Applied Physiology mengungkapkan bahwa hanya dengan 6 sesi HIIT dalam 4 minggu, Anda akan mengalami peningkatan kapasitas penetralan pada otot skeletal, memperlambat datangnya rasa lelah, serta menaikkan output tenaga.

5. HIIT Lebih Menyenangkan

Image credit: preminsure.com
Image credit: preminsure.com

Apa Anda suka mengayuh sepeda statis di gym selama satu jam tanpa berganti pemandangan? Di lain pihak, HIIT lebih menyenangkan untuk dilakukan dibandingkan kardio stabil karena bisa dilakukan dalam tempo yang lebih singkat.

Komitmen waktu yang minimal serta tingkat kesenangan yang lebih baik membuat Anda lebih mudah untuk terus melakukan program latihan ini dan mendapatkan hasil yang nyata.

Jadi, jangan ragu untuk memasukkan HIIT dalam program latihan Anda dan dapatkan kebugaran dan performa latihan yang lebih baik! Selamat berlatih!

jual suplemen fitnes
BAGIKAN