5 Alasan Mengapa Deadlift Anda Payah

5 Alasan Mengapa Deadlift Anda PayahProgramFitnes.com – Deadlift adalah latihan untuk membentuk area punggung bawah dan pinggul. Latihan Deadlift dapat meningkatkan daya tahan dan menguatkan otot-otot pada bagian inti tubuh. 800 pound beban deadlift membantu seorang Ronnie Coleman menjadi seorang bodybuilder terbaik yang pernah ada. Pemilik otot punggung terbaik sepanjang masa, dan dengan otot punggung tersebut  membantu Ronnie Coleman untuk merebut tahta Mr. Olympia sebanyak 8 kali.

Bill Kazmaier, orang terkuat yang pernah tercatat dalam sejarah mengatakan, otot punggung yang kuat sama dengan orang yang kuat. Dan tidak ada latihan yang lebih baik daripada deadlift untuk membentuk otot punggung yang kuat.

jual suplemen fitnes

Tapi sangat disayangkan, banyak sekali orang-orang yang melakukan latihan terbaik ini dengan cara yang salah sehingga hanya menghasilkan hal yang sia-sia. Mari kita lihat 5 alasan mengapa deadlift anda payah dan bagaimana melakukan deadlift sesuai dengan aturan agar dapat memberikan manfaat yang luar biasa baik menegakkan posisi tulang punggung yang membungkuk serta membugarkan stamina.

1. Posisi Bokong Anda Terlalu Rendah

Deadlift bukanlah squat, jangan memulai deadlift dengan posisi squat, pinggang anda harus lebih tinggi, mendekati setengah dari posisi squat pada saat melakukan squat. Jika anda melakukannya terlalu rendah, maka posisi barbell akan berakhir di depan tubuh anda, hal ini tidak baik untuk punggung anda, dan menempatkan anda pada posisi yang lemah tidak bertenaga.

2. Posisi Kaki Anda Terlalu Lebar

Posisi kaki menentukkan kekuatan anda, semakin lebar posisi kaki anda akan membuat punggung anda lemah pada saat deadlift,  sehingga dapat meningkatkan risiko cedera punggung. Posisikan kaki anda tidak terlalu lebar, maksimal selebar bahu anda untuk mendapatkan kekuatan dan hasil yang maksimal dari deadlift.

3. Anda Mengangkat Beban Deadlift dengan Otot Tangan

Idealnya saat melakukan deadlift yang bekerja adalah otot punggung sampai ke otot kaki, namun beberapa kasus ditemukan pada saat deadlift otot tangan anda membantu mengangkat beban tersebut, sehingga otot biceps anda bekerja. Hal ini akan berdampak buruk karena akan membuat otot punggung tidak bekerja maksimal akibat dibantu oleh otot tangan, dan kemungkinan cedera pada otot tangan bisa saja terjadi.

4. Penggunaan Sarung Tangan

Tujuan utama penggunaan sarung tangan sebenarnya menjaga telapak tangan tetap kering dan tidak basah oleh keringat, namun pada saat anda melakukan deadlift, penggunaan sarung tangan hanya akan mengurangi genggaman anda pada barbell bar, sehingga terasa lebih tebal. Disarankan anda tidak menggunakan sarung tangan, agar anda bisa merasakan genggaman anda pada barbell bar.

5. Pemanasan yang Terlalu Lama

Beberapa peneliti mengatakan, pemanasan dapat mengurangi tenaga disaat latihan inti, hal ini berlaku juga pada deadlift. Menggunakan beban ringan diawal hanya akan menghabiskan tenaga anda pada saat latihan inti. Gunakan beban yang tidak berat dan tidak juga ringan yang bisa diangkat tubuh anda sesuai dengan repetisi dan set yang ditentukan pada program latihan anda.

jual suplemen fitnes
BAGIKAN