5 Alasan Untuk Berhenti Takut Pada Karbohidrat

5 Alasan Untuk Berhenti Takut Pada KarbohidratProgramFitnes.com – Selama ini, karbohidrat ditakuti sebagai penyebab timbunan lemak di perut. Makanya, tak sedikit orang yang menghindari makronutrien yang satu ini pada diet mereka. Hal ini mungkin ada benarnya; bila anda bermaksud menurunkan berat badan, membatasi asupan karbo membantu diet anda lebih sukses.

Tapi, bagi anda yang rutin melakukan latihan angkat beban, karbo justru berguna sebagai amunisi untuk membentuk otot dan membakar lemak. Jadi, sebelum anda memangkas asupan karbo dari menu anda, ada baiknya anda menyimak lima alasan untuk berhenti takut pada karbohidrat berikut ini.

1.  Keseimbangan Kalori Lebih Penting Dari Rasio Makronutrien yang Dikonsumsi

Image credit: www.livestrong.com
Image credit: www.livestrong.com
jual suplemen fitnes

Penurunan atau kenaikan berat badan lebih terkait pada keseimbangan kalori, bukan pada rasio makronutrien pada diet anda. Kehilangan lemak terjadi lewat proses yang disebut lipolisis, di mana jumlah kalori yang dikeluarkan lebih banyak dari kalori yang masuk.

Memangkas karbohidrat sebenarnya hanyalah salah satu cara untuk mengurangi asupan kalori, seperti halnya diet rendah-lemak. Masalahnya, bila tubuh anda tak mendapatkan cukup karbohidrat, penyimpanan glikogen (yang penting untuk memberi energi saat melakukan latihan intensitas tinggi) di dalam tubuh akan cepat habis.

2. Karbohidrat Adalah Sumber Energi yang Optimal

Image credit: www.muscleandfitness.com
Image credit: www.muscleandfitness.com

Seperti yang disinggung sebelumnya, karbo di dalam tubuh disimpan dalam bentuk glikogen, yang kemudian dipecah menjadi glukosa untuk memberi energi bagi saraf dan otot. Tubuh anda memang dapat menduplikasi proses ini dengan memanfaatkan asam amino pada saat survival. Tapi, ini berarti anda harus mengucapkan selamat tinggal pada otot anda.

Sejumlah riset telah menunjukkan bahwa karbo berperan penting untuk mengoptimalkan performa pada latihan anabolik yang intens, misalnya latihan beban. Konsumsi karbo sebelum latihan beban membantu tubuh untuk melakukan lebih banyak set dan rep. Tanpa karbo yang cukup, anda akan lebih gampang letih saat latihan.

Perlu dicatat, jumlah karbohidrat yang diperlukan untuk performa optimal bisa bervariasi, tergantung dari intensitas, durasi, dan faktor lainnya.

3. Karbohidrat Membantu Pemulihan dan Perkembangan Otot

Image credit: www.themoderngladiator.com
Image credit: www.themoderngladiator.com

Selain menyediakan energi untuk latihan intensitas tinggi, konsumsi karbo sebelum latihan juga membantu menjaga kadar gula darah, mempertahankan fungsi imun, serta menekan produksi kortisol. Konsumsi karbo setelah latihan juga membantu meningkatkan sekresi insulin untuk menaikkan efek anabolik dari latihan beban, termasuk meningkatkan sintesa protein dan mengurangi pemecahan protein.

Untuk mengembalikan cadangan glikogen dalam tubuh, anda disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik sedang atau tinggi,

4. Karbohidrat Menunjang Pembakaran Lemak

Image credit: morellifit.com
Image credit: morellifit.com

Karbohidrat menunjang lemak untuk masuk ke dalam siklus Krebs, yaitu rangkaian reaksi kimia yang memproduksi pendorong energi ATP (adenosine triphosphate) untuk memberi energi bagi otot. Tanpa karbo yang cukup untuk siklus Krebs, pembakaran lemak menjadi terhambat.

Tentu, bila mengkonsumsi karbo terlalu banyak, lemak anda takkan berkurang. Tapi, meningkatkan konsumsi karbohidrat secara periodik dapat membantu meningkatkan hormon pembakar lemak. Salah satu cara untuk meningkatkan konsumsi karbohidrat secara periodik ini adalah lewat rotasi karbohidrat.

5. Makanan Sumber Karbohidrat Umumnya Mengandung Serat

Image credit: rebootedbody.com
Image credit: rebootedbody.com

Sejumlah studi menunjukkan bahwa diet kaya serat membantu melindungi anda dari berbagai penyakit. Karbohidrat berserat tinggi seperti whole-grain, buah, dan sayuran juga membantu anda lebih kenyang dan menekan rasa lapar.

Serat pada makanan juga memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah sehingga kadar insulin anda tetap stabil. Sebagai tambahan, serat juga membantu pencernaan anda dalam memproses makanan, lho.

Nah, dengan manfaat-manfaat di atas, anda tak perlu lagi khawatir dengan karbohidrat. Semoga bermanfaat.

jual suplemen fitnes
BAGIKAN