5 Cara Merekrut Serat Otot Cepat untuk Perkembangan Otot yang Pesat

5 Cara Merekrut Serat Otot Cepat Untuk Perkembangan Otot yang PesatProgramFitnes.com – Serat otot cepat (fast-twitch muscle fiber) atau serat otot tipe II merupakan tipe otot yang mempunyai potensi perkembangan paling pesat. Inilah tipe otot yang paling cepat membesar jika dilatih dengan tepat lewat angkat beban, sehingga membuat fisik anda tampak lebih kekar dan berotot. Apalagi, mereka yang memiliki lebih banyak serat otot tipe II umumnya memiliki kadar lemak yang lebih sedikit, karena otot ini lebih bersifat metabolik.

Nah, lantas bagaimana cara merekrut serat otot cepat untuk perkembangan otot yang pesat dan bentuk fisik yang lebih baik? Beberapa metode latihan berikut akan membantu anda.

1. Pilih Beban yang Lebih Berat

jual suplemen fitnes

heavy-deadlift

Beban yang berat memang lebih sukar diangkat, tapi angkatan dengan beban yang berat membantu anda merekrut serat otot cepat. Umumnya, semakin berat beban yang anda angkat, semakin banyak serat otot cepat yang direkrut. Cobalah mengangkat beban lebih dari 80 persen dari 1RM (1 Rep Max atau beban terberat yang bisa diangkat dalam 1 rep) atau beban yang setidaknya bisa anda angkat maksimal 8 rep.

2. Coba Metode Compensatory Accelleration Training (CAT)

dumbbell-curl-biceps-promo

Compensatory Accelleration Training atau CAT memanfaatkan prinsip hukum fisika di mana gaya = massa x percepatan. Lewat CAT, anda berusaha untuk meningkatkan kecepatan melakukan angkatan di setiap repnya pada fase gerakan konsentrik untuk merekrut serat otot cepat lebih banyak. Cobalah berlatih barbell dengan beban yang tidak terlalu berat, antara 50-80 persen dari 1RM anda (beban yang bisa anda angkat dengan 8-15 rep maksimal) dan lakukan setiap rep secepat mungkin dengan rentang gerak penuh.

3. Berlatih Secara Eksentrik

Otot Triceps Lebih Tebal Dengan Close Grip Bench Press

Latihan eksentrik berarti memusatkan kekuatan pada gerakan negatif. Misalnya pada barbell curl, kekuatan anda terpusat pada saat anda menurunkan beban, bukan pada saat mengangkatnya. Pendekatan ini memicu peningkatan hipertrofi yang lebih besar dari latihan konsentrik atau isometrik. Nyatanya, banyak lifter yang bisa berlatih dengan beban sampai 160 persen dari 1RM-nya lewat latihan eksentrik. Berlatihlah dengan gerakan yang menekankan gerakan eksentrik untuk merekrut lebih banyak serat otot cepat.

4. Lakukan Gerakan Secara Eksplosif

clapping_pull-up2

Bila sendi-sendi anda cukup sehat dan anda memiliki tingkat kekuatan yang prima, cobalah melakukan latihan plyometrik. Gerakan plyometrik memanfaatkan siklus peregangan yang pendek untuk menghasilkan kontraksi yang lebih bertenaga. Dengan kata lain, ini adalah gerakan eksplosif untuk merekrut lebih banyak serat otot cepat.

Terlebih, gerakan plyometrik yang dilakukan sebelum latihan angkat beban membantu membangkitkan sistem saraf pusat yang membuat praktisinya mampu mengangkat beban lebih berat. Contoh gerakan eksplosif adalah gerakan melompat. Memangnya anda bisa melompat dengan lambat? Contoh lain, adalah gerakan push-up dan pull-up plyometrik yang memanfaatkan gerakan tepuk tangan di puncak gerakan.

5. Persiapkan Mental Anda

The-Rock-Working-Out-Dec31

Percaya atau tidak, anda punya kekuatan tersembunyi yang bisa dikatifkan lewat jiwa atau mental anda. Para weightlifter kelas dunia mempesiapkan mental mereka terlebih dahulu sebelum bermain dengan beban yang bisa merusak tubuh manusia biasa. Para lifter ini memasuki pola pikir yang membantu merekrut serat otot cepat untuk “berperang” dengan beban yang ada di hadapan mereka.

Cari cara yang paling sesuai untuk anda, baik itu berteriak, mendengarkan musik yang keras, atau memanfaatkan teman latihan yang memotivasi anda. mempersiapkan mental berarti mengantarkan pesan pada otot cepat anda bahwa inilah saatnya bertarung.

jual suplemen fitnes
BAGIKAN