5 Cara Sederhana Untuk Mendapatkan Jantung Sehat

5 Cara Sederhana Untuk Mendapatkan Jantung SehatProgramFitnes.com – Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia. Anda tidak akan pernah mengetahui kapan penyakit jantung akan menyerang, tua dan muda bisa saja terkena serangan jantung yang selalu berakibat fatal.

Gaya hidup masyarakat modern sekarang ini makin meningkatkan resiko penyakit jantung, entah itu karena dari makanan tidak sehat yang anda konsumsi atau jarang berolahraga. Untuk menghindari itu semua, anda harus memiliki jantung yang sehat. Setiap orang pasti menginginkan jantung yang sehat. Terdapat beberapa langkah mudah yang bisa anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari .

1. Kenali Angka Anda

Anda harus mengenali diri dari angka-angka, angka yang dimaksud disini adalah jumlah berat badan, tekanan darah, tingkat kolesterol, dan angka lainnya yang menunjukkan tingkat kesehatan. Dengan mengetahui hal tersebut, akan menjadi langkah awal yang sangat penting untuk memulai hidup sehat agar mendapatkan jantung yang kuat.

2. Tidur Nyenyak

Tidur merupakan rutinitas yang wajib anda lakukan setiap hari. Tidur yang baik dan cukup akan memberikan dampak baik pula untuk kesehatan tubuh anda. Kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah, menyebabkan stres, membuat nafsu makan meningkat yang akan berefek pada obesitas, dan memperlambat metabolisme tubuh yang berdampak pada penumpukkan lemak.

3. Mulailah Berolahraga

Berolahraga merupakan cara yang paling efektif untuk mendapatkan jantung yang sehat dan membuat anda tetap awet muda. Hanya dengan berolahraga sederhana seperti berjalan kaki ringan kurang dari 20-30 menit setiap minggunya, mampu mengurangi kematian dini lebih dari 50 persen.

4. Fokus Pada Ukuran Pinggang

Ukurang pinggang saat ini dijadikan salah satu indikator terbaik atas kesehatan anda secara keseluruhan dibandingkan dengan berat badan. Jumlah lemak yang menumpuk di area pinggang anda secara langsung akan berhubungan dengan tekanan darah tinggi, kolesterol, dan kadar gula yang dapat meningkatkan resiko diabetes.

5. Perbanyaklah Tertawa

Tertawa adalah sesuatu yang sederhana namun banyak sekali manfaatnya. Tertawa selama 15 menit setara dengan 30 menit berlatih aerobic untuk jantung. Dengan tertawa,  dapat menurunkan kadar stres dalam diri anda serta meningkat mood dan pengurangan rasa sakit akibat cemas yang berlebihan.