5 Kelebihan Push Press yang Membuatnya Menjadi Gerakan Juara

5 Kelebihan Push Press yang Membuatnya Menjadi Gerakan JuaraProgramFitnes.com – Tak ada salahnya melatih kekuatan untuk mengangkat beban di atas kepala, karena sewaktu-waktu Anda akan memerlukannya. Baik itu lewat tugas ringan seperti mengatur buku pada rak yang tinggi, sampai meletakkan kota peralatan yang berat di atas lemari. Salah satu cara paling efektif untuk melatih kekuatan ini adalah lewat gerakan push press.

Gerakan push press mengaktifkan otot-otot betis, paha, core, deltoid, triseps, serta otot-otot lain yang berfungsi untuk menyokong dan menstabilkan postur tubuh Anda. Berbeda dengan overhead press, gerakan ini dilakukan secara eksplosif atau melakukan angkatan secepat mungkin.

Lantas, apa saja kelebihan gerakan push press yang membuatnya pantas dimasukkan ke dalam program latihan Anda?

1Mudah Dipelajari

Gerakan push press sangat mudah dipelajari dan dimasukkan ke dalam program latihan Anda. Gerakan ini bisa dipelajari dalam beberapa menit, tidak seperti jerk yang sangat rumit dan memerlukan waktu lama untuk menguasainya. Jika Anda bisa melakukan overhead press dan bisa melompat, Anda bisa dengan sukses mempelajari gerakan ini.

2Membangun Daya yang Maksimal

Dalam olahraga, orang yang kuat tapi lamban itu tidak berguna. Di sisi lain, mereka yang cepat tapi lemah juga kurang efektif. Keduanya memiliki power atau daya yang kurang. Seperti hukum fisika, di mana daya sama dengan usaha (force) dikali waktu. Dengan kata lain, untuk menghasilkan daya yang maksimal, Anda harus menghasilkan usaha secara cepat.

Dengan angkatan yang eksplosif, melakukan push press membuat Anda menghasillkan usaha dengan waktu seminimal mungkin.

3Melibatkan Seluruh Tubuh

Gerakan push press memerlukan tubuh yang berfungsi sebagai satu kesatuan dalam tiap gerakan. Mulai dari ujung kaki sampai genggaman tangan Anda, otot-otot dilatih untuk bekerja pada waktu yang sesuai, sehingga menghasilkan momentum untuk mengangkat beban ke atas kepala dengan cepat dan efektif.

Prinsip ini tak hanya berlaku pada saat melakukan gerakan push press saja, tapi juga pada kehidupan sehari-hari secara umum, di mana kita menggerakan otot yang tepat di saat yang tepat. Gerakan push press adalah guru yang baik untuk melatih ini.

4Meningkatkan Kemampuan Overhead Press Anda

Saat pertama kali mengangkat beban, Anda mungkin sedikit sembrono dan “curang” dengan mengayunkan beban untuk melakukan curl. Nah, gerakan push press juga memiliki cara kerja semacam itu terhadap gerakan overhead press. Tapi, meski seluruh tubuh Anda membantu gerakan, Anda tetap harus menahan beban tersebut di atas kepala. Itulah mengapa push press bisa membantu meningkatkan kemampuan overhead press Anda.

Jika Anda melakukan push press dengan tujuan meningkatkan kemampuan overhead press atau hipertrofi, lakukan eccentric reps yaitu menurunkan beban dengan lambat, sekitar lima detik.

5Tidak Membutuhkan Platform

Sebagian besar gym tidak menyediakan platform untuk angkat beban, sehingga gerakan seperti clean dan snatch lift tidak diperkenankan. Untungnya, manfaat kekuatan eksplosif dari gerakan-gerakan angkatan Olimpiade tersebut bisa didapatkan dari gerakan push press, tanpa memerlukan platform atau bumper plate.

Itulah beberapa kelebihan dari gerakan push press. Dengan sejumlah kelebihan dan manfaat, mengapa tidak mengaplikasikannya ke dalam program latihan Anda?