5 Kesalahan Memangkas Lemak yang Bahkan Dilakukan Oleh Profesional

ProgramFitnes.com – Setiap orang tentu pernah melakukan kesalahan, baik itu pemula maupun profesional yang telah banyak makan asam garam. Tak cuma kesalahan saat latihan, tapi juga kekeliruan ketika berusaha memangkas lemak.

Kesalahan memang bagian dari pembelajaran. Tapi, tak ada salahnya jika kita belajar dari kealpaan orang lain, bukan? Inilah beberapa kesalahan dalam memangkas lemak yang bahkan sering dilakukan oleh profesional.

1. Memangkas Kalori Terlalu Cepat

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com
jual suplemen fitnes

Ini adalah kekeliruan paling umum yang dilakukan oleh banyak orang, baik praktisi pemula maupun profesional. Memang, hal ini tampak logis—ketika ingin menurunkan berat badan, kita mengurangi asupan kalori.

Hal ini mungkin efektif untuk jangka pendek, tapi bisa berdampak dalam jangka panjang. Sebab, Anda berisiko kehilangan massa otot yang berharga. Selain itu, tubuh Anda juga berusaha menjaga cadangan energi dengan menurunkan laju metabolisme.

2. Terlalu Sering Melakukan Kardio

Image credit: www.adidas.com.au
Image credit: www.adidas.com.au

Meski latihan kardio identik dengan pembakaran lemak, memasukkannya secara cepat dan berlebihan bisa memberikan dampak yang jelas tidak Anda harapkan. Salah satunya adalah meningkatnya risiko kehilangan otot seperti halnya kesalahan pertama.

Bila Anda hendak memulai fase pengurangan lemak, lakukan kardio secara minimal dan pastikan defisit yang diperlukan untuk menghilangkan lemak berasal dari pola diet. Sembari keluar dari pola diet tadi, Anda pelan-pelan meningkatkan frekuensi kardio Anda untuk memaksimalkan pembakaran lemak.

3. Melakukan Repetisi Terlalu Banyak

Image credit: bodybuilding-wizard.com
Image credit: bodybuilding-wizard.com

Ada yang menganggap bahwa repetisi yang banyak mampu membantu Anda memangkas lemak. Padahal, mengurangi lemak tubuh mestinya dilakukan dengan cara diet dan kardio yang cukup. Anda tak perlu mengganti program latihan Anda dengan repetisi yang lebih banyak. Lakukan saja seperti biasanya.

4. Menghindari Karbohidrat

Image credit: t-nation.com
Image credit: t-nation.com

Bila dilakukan secara keliru, diet rendah karbohidrat bisa membuat Anda kehilangan massa otot, bahkan gangguan pada metabolisme Anda. Karbo adalah bahan bakar utama bagi tubuh Anda. Bila Anda bermaksud mengurangi karbo, lakukan secara perlahan dan bertahap.

5. Mengharapkan Hasil yang Tidak Realistis

Image credit; fitoverfat.com
Image credit; fitoverfat.com

“Saya ingin turun 15 kg dalam waktu 8 minggu.” Meski tak mustahil dilakukan, gol ini tidaklah sehat dan realistis. Tujuan yang tidak realistis bisa membuat Anda merasa frustasi dan sebal dengan progres Anda.

Ketika perasaan itu datang melanda, Anda jadi mempertanyakan metode diet yang Anda lakukan dan mudah tergoda untuk alpa, membuat diet Anda justru jadi kacau. Lebih baik tentukan tujuan yang lebih masuk akal dan membantu Anda merasa positif di setiap progresnya.

Nah, setelah mengenali kekeliruan-kekeliruan di atas, kini Anda siap untuk memangkas lemak dengan cara yang tepat. Selamat berlatih!

jual suplemen fitnes