5 Kesalahan Saat Hendak Membentuk Kaki yang Kuat

5 Kesalahan Saat Hendak Membentuk Kaki yang KuatProgramFitnes.com – Setiap harinya, kaki mendapat beban yang berat untuk menopang tubuh Anda. Jadi, latihan kaki sama sekali gak boleh dilewatkan. Namun, bagaimana jika anda tidak juga mendapatkan kekuatan lower body yang diinginkan meski sudah melatihnya secara rutin? Hmm, coba evaluasi lagi, siapa tahu anda telah melakukan 5 kesalahan saat hendak membentuk kaki berikut ini.

1Menghindari Squat

Jika otot kaki anda tidak bertambah kuat, salah satu alasan utamanya mungkin karena anda tidak melakukan squat. Memang, bagi sebagian orang yang pernah mengalami cidera, mereka tidak diizinkan untuk melakukannya. Tapi, jika anda sehat dan bebas dari cidera, segeralah beranjak ke squat rack. Tidak ada yang bisa menggantikan gerakan barbell back squat. Leg press, Smith Machine squat, dan leg curl memang punya tempat tersendiri. Tapi, manfaat dari latihan-latihan tadi belumlah sebanding dengan barbell back squat yang dilakukan dengan benar.

2Tidak Melakukan Squat Dengan Gerakan Penuh

Anda sudah melakukan squat? Bagus. Tapi, apakah anda melakukannya dengan gerakan yang penuh? Gerakan penuh yang disarankan adalah di bawah posisi paralel atau lipatan pinggul berada di bawah lutut. Full squat telah terbukti superior untuk membentuk otot dan meningkatkan kekuatan kaki bila dibandingkan dengan squat setengah gerakan.

Gerakan full squat tidaklah buruk untuk sendi lutut anda. Menurut penelitian, full squat justru membantu memperkuat struktur lutut dan menyokong pencegahan cidera.

3Melakukan Kardio yang Lama dan Lambat

Tidak semua kardio diciptakan setara. Jika anda bekerja keras dengan jogging dan berjalan selama berjalm-jam di atas treadmill, ini bisa mengganggu perkembangan kekuatan kaki anda. Sebuah studi menemukan bahwa memadukan strength training dan endurance training bisa menghambat adaptasi pada strength training.

Jadi, bagaimana agar perkembangan kekuatan kaki anda tidak terhambat oleh latihan kardio? Jawabannya adalah dengan melakukan high intensive interval training (HIIT). HIIT memberikan latihan kardio yang hebat sembari meningkatkan massa dan kekuatan otot.

4Tidak Menambah Beban

Ketika anda memberikan stres pada tubuh (misalnya dengan squat), tubuh akan beradaptasi untuk menangani tingkat stres yang sama di waktu mendatang. Jadi, jika anda datang ke gym dan melakukan set dan repetisi yang sama dengan beban yang tak ditambah selama berminggu-minggu, otot anda akan beradaptasi dengan itu, membuatnya semakin mudah.

Tapi, angkat beban adalah soal terus berkembang. Saat tubuh anda sudah terbiasa dengan set, reps, dan beban yang sama, anda harus menambahkan tingkat stresnya. Ini bisa dilakukan dengan menambah set, repetisi, meningkatkan beban, atau mengurangi jeda istirahat.

5Tidak Mendapatkan Asupan Protein yang Cukup

Salah satu makronutrient yang penting untuk membangun kekuatan anda adalah protein. Jika asupan protein anda terlalu sedikit, tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk membangun kekuatan yang diinginkan.Bagi atlit yang membangun kekuatan secara intensif, setidaknya perlu 0,5 gram protein per kilogram bobot tubuh untuk menunjang proses adaptasi otot.

Itulah beberapa kesalahan yang sebaiknya tidak anda lakukan saat hendak membangun kekuatan kaki. Selamat mengevaluasi latihan anda dan semoga mendapatkan kekuatan kaki yang diinginkan.