5 Kesalahan Umum saat Melakukan Squat

5 Kesalahan Umum saat Melakukan SquatProgramFitnes.com – Squat adalah salah satu jenis latihan kaki yang sederhana namun memberikan perubahan besar pada otot kaki apabila dilakukan dengan tehnik yang benar. Gerakan squat ini sepertinya terlihat sangat sederhana, hanya dengan jongkok dan berdiri. Namun jika kita perhatikan dan dalami lagi ternyata gerakan squat tidak hanya sekedar jongkok dan berdiri, namun memiliki teknik untuk mendapatkan hasil maksimal dan terhindar dari cidera. Untuk bisa melakukan squat dengan sempurna anda harus mempelajari dulu kesalahan-kesalahan umum yang selalu terjadi saat melakukan latihan squat.

1. Tidak Melakukan Gerakan secara Sempurna pada saat Posisi Jongkok

Pada saat melakukan squat di posisi jongkok mungkin anda tidak melakukannya secara sempurna. Kadang agar mampu mengangkat beban anda hanya melakukan squat ini setengah-setengah saja atau kurang turun, posisi idealnya adalah pada saat jongkok posisi anda seperti orang yang sedang duduk dengan ketinggian setinggi betis kemudian dari posisi itu anda mulai berdiri. Bahaya dari posisi ini selain tidak memberikan kontraksi apa-apa pada otot kaki, posisi yang kurang sempurna ini bisa menyebabkan cedera pada bagian punggung.

2. Posisi Lutut yang Salah

jual suplemen fitnes

Pada saat melakukan squat di posisi jongkok pastikan posisi lutut tidak melebihi ujung kaki, namun terkadang bagi para pemula, banyak yang tidak memperhatikan ini , terkadang lutut melewati ujung kaki, terkadang posisi lutut terlalu lebar, ada yang terlalu rapat, jika hal ini terus berlanjut tanpa ada pembenaran gerakan, tubuh anda akan menjadi kebiasaan dan hasil yang didapat dari squat tidak maksimal.

3. Mengangkat Tumit pada saat Menahan Beban

Ini adalah posisi yang sangat berbahaya, karena cedera bisa terjadi dibagian lutut dan punggung, pastikan pada saat anda menahan beban dan mulai mengangkat, posisi kaki anda menapak sempurna di lantai tidak terangkat di bagian tumit.

4. Meletakkan Fitness Bar/Stang Fitnes Pada Bagian Leher Sebagai Tumpuan

Peletakkan fitness bar/stang fitness yang benar adalah dibagian pundak, hal ini untuk menghindari tekanan berlebihan pada bagian leher yang dapat menimbulkan cedera, pastikan anda meletakkannya di bagian pundak bukan diiatas pundak atau memasuki bagian leher untuk menghindari cedera

5. Melengkungkan Punggung Saat Menahan Beban

Ini adalah kesalahan yang paling sering terjadi, karena anda terlalu berat memakai beban melebih kemampuan tubuh anda sehingga anda berusaha meneganggkan bagian punggung sampai terlihat melengkung karena menahan beban yang berat, hal ini bisa menimbulkan cedera yang fatal pada bagian punggung anda, pastikan posisi punggung anda tetap rata/tegak tidak melengkung, gunakan beban yang sesuai kemampuan agar hasil yang dicapai sempurna tanpa ada resiko cedera.

jual suplemen fitnes