5 Keunggulan Lompat Tali Bagi Performa dan Penampilan Anda

ProgramFitnes.com – Bagi Anda yang ingin lebih langsing, latihan kardio adalah salah satu cara tepat untuk membakar lemak. Tapi, jika treadmill atau sepeda statis membuat Anda merasa bosan, tak ada salahnya mengambil sebuah jump rope untuk melakukan latihan lompat tali.

Meski sederhana, jump rope adalah salah satu peralatan yang serbaguna sekaligus efektif untuk memperoleh tubuh yang lebih langsing. Tapi, manfaatnya tak berhenti di situ saja, lho. Inilah sejumlah keunggulan lompat tali bagi penampilan dan performa Anda.

1. Mampu Membakar Lemak Sekaligus Membentuk Otot

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com
jual suplemen fitnes

Lompat tali termasuk dalam kategori latihan kardiovaskular. Bila Anda melakukannya cukup lama, maka akan ada banyak kalori yang terbakar.

Yang lebih menarik dalam memvariasikan gerakan lompat tali, Anda dapat memasukkan set interval intensitas tinggi (terutama saat menggunakan weighted jump rope) untuk merekrut lebih banyak serat otot baik pada upper maupun lower body.

Hal ini tak hanya membantu Anda membakar lemak saja, tapi juga membentuk otot secara terus-menerus, yang mana dapat membuat tubuh Anda semakin efisien dalam membakar kalori.

2. Meningkatkan Performa Atletik

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Inilah salah satu alasan mengapa lompat tali menjadi populer. Setiap orang yang berkecimpung di kancah olahraga yang membutuhkan koordinasi, footwork, kecepatan, kelincahan, ritme, dan bahkan tenaga—baik untuk kompetisi maupun rekreasi—bisa mengambil manfaat dari lompat tali.

Coba lihat petinju-petinju hebat seperti Muhammad Ali atau Mike Tyson, mereka hebat dalam melakukan lompat tali. Bahkan, Usain Bolt, sprinter peraih medali emas, juga selalu memanfaatkan jump rope sebelum bertanding. Mereka memahami manfaat lompat tali bagi performa atletik mereka.

3. Praktis

Image credit: ironwearfitness.com
Image credit: ironwearfitness.com

Ada alasan yang sangat kuat mengapa Anda harus mengambil sebuah jump rope. Alat ini sangat ringkas dan mudah dibawa ke mana-mana. Bila Anda tengah bepergian atau memiliki ruang yang terbatas di tas gym Anda, alat ini sangat cocok untuk dibawa.

Coba lihat harga alat kardio yang umum seperti treadmill, elliptical, dan sepeda statis. Harganya mencapai jutaan bila dibandingkan jump rope yang hanya beberapa puluh ribu rupiah saja.

4. Mengasah Kemampuan

Image credit: livestrong.com
Image credit: livestrong.com

Salah satu keunggulan dari jump rope adalah kesenangan dan kepuasan yang menyertainya. Pertama kali mencoba memang tak mudah. Butuh waktu dan usaha untuk mempelajari lompat tali serta variasinya.

Bila sudah mulai mahir, Anda akan terus tertantang untuk melakukan hal baru dengan tali Anda, sehingga kesan monoton yang membosankan seperti dari latihan kardio lainnya pun dapat dihindari.

5. Alat Kardio yang Serbaguna

Image credit: www.huffingtonpost.com
Image credit: www.huffingtonpost.com

Sesi lompat tali yang acak mungkin tidak terlalu banyak meningkatkan VO2 maksimum Anda. Tapi lompat tali bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam rutinitas HIIT untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

Anda bahkan juga bisa melakukan lompat tali di sela-sela set latihan, pada rentang waktu atau jumlah lompatan tertentu, dan sebagainya, untuk memenuhi kebutuhan Anda pada latihan tersebut.

Bagaimana Memilih Jump Rope?

Dengan banyaknya pilihan, Anda yang masih baru dalam gerakan ini mungkin bingung harus memilih yang mana. Meski tampak berlawanan, jump rope yang lebih ringan justru lebih sukar bagi pemula dibanding jump rope yang lebih berat.

Untuk memulai, hindari speed rope yang sangat tipis. Anda bisa mencoba tali PVC yang ringan sehingga Anda bisa mempelajari ritme yang baik.

Jadi, siapkah Anda membeli jump rope pertama Anda?

jual suplemen fitnes
BAGIKAN