5 Kiat Latihan Terbaik yang Jarang Anda Dengar

ProgramFitnes.com – Anda mungkin telah mendengar beragam tips soal latihan dan kebugaran di luar sana. Ada banyak sekali tips yang mampu membuka wawasan Anda, mulai dari meningkatkan efektivitas latihan sampai pola diet yang baik.

Tapi, kiat latihan yang akan Anda simak berikut ini mungkin dapat mengubah beragam hal yang Anda lakukan di gym. Bila diterapkan dengan benar, sejumlah kiat berikut ini mampu membantu Anda untuk berkembang lebih jauh lagi. Penasaran apa saja tipsnya?

1. Mulailah Latihan Dengan Gerakan yang Paling Tidak Anda Sukai

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com
jual suplemen fitnes

Kita semua memiliki beberapa gerakan favorit untuk setiap bagian tubuh dan melakukannya dengan sungguh-sungguh. Sementara, gerakan yang sukar, rumit, atau menantang justru dihindari, karena kita tidak suka melakukannya.

Sebagai contoh, sebagian pemula yang menjalani sesi latihan kaki mungkin akan menghindari squat dan lebih memilih melakukan leg extension, karena mereka menganggap squat itu gerakan multi-sendi yang sukar dilakukan. Padahal, kita tahu bahwa squat justru memberikan manfaat dan hasil yang sangat baik.

Seiring waktu. Anda akan menyadari bahwa gerakan paling sukar yang biasa Anda hindari justru gerakan yang mampu mengantarkan Anda ke hasil yang terbaik.

Jadi, daripada menghindarinya, masukkan mereka ke dalam rutinitas latihan Anda, dan lakukan di awal sebelum kelelahan melanda, sehingga Anda dapat memaksimalkan gerakan tersebut.

2. Berhentilah Melakukan Hal yang Sama Terus-Menerus

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Masih banyak praktisi yang berlatih melakukan gerakan yang itu-itu saja dan menggunakan jumlah set dan rep yang sama setiap kalinya. Padahal, tubuh kita membutuhkan perubahan agar ia dapat terus beradaptasi.

Selain asupan nutrisi yang baik, pola latihan yang baru mampu memberi stimulus bagi otot untuk membangun ulang dirinya dan berkembang lebih kuat. Tapi seiring waktu, efek dari stimulus tersebut memudar karena tubuh kita beradaptasi, sehingga Anda perlu meningkatkan overload dengan cara tertentu atau perkembangan Anda akan berhenti di tengah jalan.

3. Hindari Membuat Setiap Set Terlalu Keras

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Beberapa praktisi garis keras yang berdedikasi seringkali memanfaatkan teknik latihan lanjutan untuk melampaui muscle failure dalam setiap set. Mereka bertekad untuk berlatih sekeras mungkin.

Tapi, hal ini ternyata tidak banyak manfaatnya. Sebuah studi di Australia menemukan bahwa melakukan satu dari empat set bench press mencapai failure dapat meningkatkan kekuatan hingga dua kali lipat. Tapi, melakukannya lebih dari satu set ternyata tidak memberikan pengaruh signifikan bagi peningkatan kekuatan.

Intensitas latihan dan intensitas relatif (persentase dari 1RM Anda) lebih esensial bagi perkembangan kekuatan dan tenaga Anda. Menggunakan beban yang lebih berat dan latihan sampai failure yang tidak konsisten menyediakan stimulus yang lebih baik, terutama dalam mengembangkan kekuatan Anda.

4. Perkaya Perbendaharaan Gerakan Anda

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Mencari gerakan baru yang ingin Anda coba tidaklah sukar, terutama bila Anda mencarinya di situs ini. Ada beragam gerakan baru yang bisa Anda pelajari dan praktikkan.

Selain menjajal gerakan baru, lakukan juga gerakan yang biasa Anda lakukan dengan beragam variasi alat maupun posisi genggaman, kaki, atau tubuh. Perubahan kecil ini mampu menyasar otot dengan cara yang sedikit berbeda dibanding biasanya, sehingga Anda dapat melatih otot secara menyeluruh.

5. Berlatihlah Untuk Pompaan Hanya di Akhir Sesi Latihan

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com

Banyak binaragawan yang mengejar pompaan otot dalam latihan mereka. Tapi jangan salah, pompaan diperoleh dari latihan menggunakan jumlah rep yang banyak, terutama ketika dikombinasikan dengan teknik latihan tingkat tinggi yang mampu membuat otot kelelahan secara menyeluruh.

Dengan kata lain, hal ini sebaiknya dilakukan di akhir sesi latihan. Hindari melakukannya di awal sesi. Untuk awal sesi, pergunakan repetisi rendah-sedang dengan beban yang lebih berat.

Nah, jangan ragu mengaplikasikan tips di atas dalam latihan Anda untuk mendapatkan hasil terbaik. Selamat berlatih!

jual suplemen fitnes