5 Latihan untuk Mencegah Cidera pada Pergelangan Tangan

5 Latihan untuk Mencegah Cidera pada Pergelangan TanganProgramFitnes.com – Setiap hari, anda menggunakan tangan untuk beraktivitas, mulai dari aktivitas yang ringan seperti mengetik lewat keyboard komputer, sampai aktivitas berat seperti angkat beban di gym. Tanpa disadari, pergelangan tangan anda bekerja keras setiap harinya. Sayangnya, bagian persendian yang satu ini seringkali terabaikan meski menanggung beban yang tak ringan.

Pergelangan tangan tersusun dari delapan tulang kecil yang disebut karpus, yang menghubungkan tangan dengan lengan bawah anda.Tak diragukan lagi, peran persendian ini sangat penting baik bagi aktivitas sehari-hari maupun kegiatan olahraga. Melakukan push-up, angkat beban, melempar bola atau mendaratkan pukulan dalam latihan bela diri membuat sendi ini terbebani.

Masalah yang Mungkin Timbul pada Pergelangan Tangan Anda

Salah satu masalah umum yang diderita oleh sendi pergelangan tangan adalah sindrom lorong karpal (carpal tunnel syndrome/CTS). Penyakit ini ditimbulkan oleh tekanan pada saraf median karena adanya pembengkakkan atau penyempitan lorong karpal. CTS bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya kehamilan, obesitas,serta penyakit seperti hipotiroidisme, rheumatoid arthritis, dan diabetes.

Tak cuma itu, gerakan tangan yang berulang-ulang juga bisa menjadi penyebab penyakit ini. Misalnya, pada karyawan yang bekerja di depan komputer sepanjang hari atau pekerja yang biasa menggunakan alat-alat yang memiliki getaran tinggi. Bahkan, angkat beban dengan intensitas yang lama dan berulang-ulang juga bisa mengakibatkan CTS.

Carpal tunnel syndrome menyebabkan jari atau tangan anda terasa kesemutan, kebas, maupun nyeri. Kalau anda tengah mengalami hal seperti ini, anda harus mengevaluasi aktivitas untuk mengurangi stres yang dibebankan pada pergelangan tangan anda.

Latihan Untuk Mencegah Cidera Pada Pergelangan Tangan

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Jika pergelangan tangan anda saat ini baik-baik saja dan tidak mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas, maka anda patut bersyukur. Tapi, bukan berarti anda boleh abai begitu saja pada cidera pergelangan tangan yang bisa mengintai siapa saja.

Nah, biar sendi pergelangan tangan anda tetap sehat dan luwes, inilah beberapa latihan yang bisa anda lakukan.

1Wrist Extensor Stretch

Posisikan telapak tangan anda menghadap ke atas dan siku lurus. Lalu, tarik tangan anda ke bawah dengan tangan yang lainnya sampai anda merasakan otot tangan dan lengan bawah anda meregang. Tahan selama 10-15 detik. Ulangi dengan pergelangan tangan lainnya sebanyak tiga set.

2Wrist Flexor Stretch

Mirip seperti latihan sebelumnya, posisikan siku anda lurus dengan punggung tangan menghadap ke atas. Lalu, tarik pergelangan tangan anda ke belakang dan rasakan regangan lembut sampai moderat pada tangan dan lengan bawah anda. Tahan selama 10-15 detik. Ulangi dengan pergelangan tangan lainnya sebanyak tiga set.

3Tennis Ball Squeeze

Latihan meremas bola tenis juga bisa mencegah cidera pada pergelangan tangan. Remaslah sebuah bola tenis sekuat mungkin tanpa merasa sakit. Tahan selama 5-10 detik. Ulangi 8-10 kali.

4Resistance Band Wrist Flexion

Genggam resistance band dengan telapak tangan menghadap ke atas dan siku berada di sisi tubuh anda, seperti saat anda melakukan dumbbell curl. Bengkokkan siku 90 derajat dan perlahan lengkungkan pergelangan tangan anda ke atas, mengerutkan otot tangan dan lengan bawah anda. Ulangi pada pergelangan tangan lainnya sebanyak tiga set dengan 15 reps tiap setnya.

5Resistance Band Wrist Extension

Posisikan siku di sisi tubuh dengan posisi bengkok 90 derajat. Genggam resistance band dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah. Lengkungkan tangan anda ke atas dengan perlahan. Lakukan pada setiap tangan sebanyak tiga set dengan 10-15 reps tiap setnya.