5 Makanan yang Membuat Anda Kenyang Lebih Lama

Di atas kertas, menurunkan berat badan terlihat gampang: kurangi kalori dan berolah raga.

Tapi, mengurangi kalori dengan cara mengurangi asupan makanan bisa menuai masalah baru, yaitu rasa lapar yang bisa berujung pada makan berlebihan, sehingga bisa menghancurkan usaha Anda untuk langsing.

Agar dapat memangkas kalori dengan efektif, Anda tentu perlu memilih makanan secara bijak, dalam arti memilih makanan yang mampu membuat perut Anda kenyang lebih lama. Nah, ini dia beberapa di antaranya!

1. Telur

Tiap makanan memberikan rasa kenyang yang berbeda-beda.

Nah, trik menurunkan berat badan lewat mengurangi kalori adalah dengan memilih makanan dengan kalori yang tergolong rendah tapi memiliki satiety index (indeks kekenyangan makanan) yang tinggi.

Salah satu makanan yang memenuhi kriteria ini adalah telur.

Untuk memangkas kalori, gantilah sarapan Anda dengan dua butir telur.

Menurut studi yang dipublikasikan pada Journal of the American College of Nutrition, konsumsi dua butir telur saat sarapan mampu membantu Anda merasa kenyang dan makan lebih sedikit di siang hari.

2. Alpukat

Bagi Anda penggemar salad, tambahkan alpukat ke dalam salad makan siang Anda atau hidangkan sebagai pencuci mulut.

Mengkonsumsi setengah buah alpukat membantu Anda untuk merasa lebih kenyang. Anda pun akan bebas dari rasa lapar hingga lima jam ke depan.

3. Cabai

Percaya atau tidak, bahan bisa membantu Anda merasa lebih kenyang, lho.

Kandungan kapsaisin pada cabai tak hanya mampu meningkatkan metabolisme Anda, tapi juga membantu mengontrol nafsu makan.

Sebuah studi yang diterbitkan pada International Journal of Obesity menemukan bahwa orang dewasa yang menambahkan satu sendok teh cabai merah ke dalam makanan mengkonsumsi kalori lebih sedikit, cenderung memilih makanan yang rendah lemak, serta merasa kenyang lebih lama.

4. Oatmeal

Jika Anda terbiasa mengkonsumsi sereal untuk sarapan, beralihlah ke satu sajian oatmeal hangat di pagi hari.

Oatmeal mengandung serat dan protein yang lebih tinggi dari sereal sarapan pada umumnya.

Selain itu, oatmeal juga mengandung beta-glucan, serat larut yang membantu menjaga kadar kolesterol dan kesehatan jantung.

Berdasarkan sebuah studi yang diadakan pada tahun 2013, individu sehat yang mengkonsumsi oatmeal setara dengan 250 kalori dengan susu memiliki nafsu makan yang lebih terkontrol dan perut yang kenyang lebih lama, dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan jumlah kalori yang sama dari sereal.

5. Cokelat Hitam

5 Makanan Berlemak yang Membuat Anda Kurus

Jika Anda mengidamkan cemilan yang manis, jangan buru-buru menjangkau makanan yang memiliki kadar gula tinggi seperti kue, cokelat, atau permen.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengkonsumsi dark chocolate atau cokelat hitam, yaitu cokelat dengan kadar kakao di atas 70%.

Peneliti dari Universitas Kopenhagen Denmark menemukan bahwa cokelat hitam membuat Anda merasa lebih kenyang dan mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis hingga lima jam setelahnya.

Bahkan, cokelat hitam membantu menurunkan hasrat untuk mengkonsumsi segala bentuk kalori.

Itu dia sejumlah makanan yang mampu membuat perut kenyang lebih lama. Semoga bermanfaat!