5 Manfaat Latihan Eksentrik

5 Manfaat Latihan EksentrikProgramFitnes.com – Umumnya, latihan yang anda lakukan adalah latihan konsentris yang repetisinya berpusat pada gerakan positif atau gerakan mengangkat beban melawan gravitasi. Sementara, latihan konsentris berlaku sebaliknya, yaitu memusatkan repetisi pada gerakan negatif atau menurunkan resisten searah dengan gravitasi. Contohnya, ketika anda menurunkan bar pada saat bench press maupun menurunkan pinggul anda pada saat squat.

Ternyata, metode latihan ini sama sekali tidak boleh dipandang sebelah mata, karena teknik ini ternyata efektif untuk merekrut serat otot tipe II agar perkembangan otot anda maksimal. Nah, biar anda makin tertarik untuk merasakan manfaat latihan eksentrik bagi tubuh anda, mari kita kupas beberapa keunggulannya satu per satu.

1Meningkatkan Kekuatan Otot

Seperti yang disinggung di awal, metode latihan eksentrik sangat efektif untuk meningkatkan hipertrofi. Artinya, anda akan mengalami perkembangan ukuran dan kekuatan otot (strength) yang lebih signifikan dibandingkan dengan latihan konsentrik. Ini karena anda sanggup memanfaatkan beban yang jauh lebih berat, yaitu mencapai 1,75 kali lebih berat daripada beban yang bisa anda angkat saat latihan konsentrik.

Karena anda bisa menggunakan beban yang jauh lebih berat pada latihan eksentrik, peningkatan kekuatan anda pun akan terasa ketika anda kembali melakukan angkatan konsentris, jadinya anda mungkin bisa menangani beban antara 20-50 persen lebih berat dari 1RM anda secara konsentris.

2Menguatkan Jaringan Ikat

Jaringan ikat seperti ligamen dan tendon berfungsi menghubungkan otot dan tulang. Cidera pada jaringan ikat ini sangat merepotkan karena sukar disembuhkan. Untungnya, latihan eksentrik dapat membantu memperkuat bagian ini. Dengan jaringan ikat yang semakin kuat, anda pun akan makin jauh dari cidera.

3Menggunakan Lebih Sedikit Energi

Salah satu keunggulan dari latihan eksentrik adalah metode ini memanfaatkan energi yang lebih sedikit. Ini karena sebagian besar energi anda digunakan untuk mendorong atau mengangkat beban pada gerakan positif. Tentunya, hal ini sangat bermanfaat, karena anda bisa memanfaatkan energi anda untuk melakukan lebih, baik itu di dalam latihan maupun di luar latihan.

4Menambah Fleksibilitas Tubuh

Ternyata, tak cuma ukuran dan kekuatan otot saja yang dapat meningkat karena latihan eksentrik. Menurut sejumlah penelitian, metode latihan ini ternyata juga dapat meningkatkan fleksibilitas atau kelenturan tubuh. Rasanya mustahil, ya?

Gerakan negatif pada angkatan anda menyebabkan pertumbuhan serat otot yang meningkatkan panjang otot anda dengan mengembangkan sarkomer (unit fungsional otot lurik) di dalam otot. dengan otot yang semakin panjang, maka kelenturan tubuh anda juga semakin berkembang.

5Meningkatkan Tenaga

Image credit: muscleandfitness.com

Tenaga atau daya (power) merupakan kemampuan untuk menciptakan gaya (force) dengan waktu secepat mungkin. Dengan kata lain, tenaga dibutuhkan untuk melakukan gerakan yang eksplosif, misalnya seperti gerakan clean and jerk, mengayunkan pemukul baseball, maupun saat berlari halang rintang.

Semakin kuat anda, semakin besar pula potensi perkembangan tenaga anda. Biasanya bila anda melatih tenaga, beban yang anda gunakan hanya 30-60 persen dari 1RM anda. Tapi lewat latihan eksentrik dengan beban berat, anda bisa menambah ukuran 1RM anda. Ujungnya, beban yang bisa anda manfaatkan untuk melatih tenaga juga meningkat, sehingga anda menjadi lebih eksplosif.

Ternyata, manfaat latihan eksentrik tidak bisa diremehkan, bukan? Tapi, latihan eksentris bukanlah pengganti dari latihan konsentris, melainkan sebagai penunjang untuk meningkatkan ukuran dan kekuatan otot anda.