5 Manfaat Mengejutkan Dari Memiliki Tubuh yang Bugar

ProgramFitnes.com – Sebenarnya, apa sih manfaat dari memiliki tubuh yang bugar? Bagi yang pola hidupnya kurang gerak, mereka tentu sukar membayangkan hal ini. Lain halnya dengan mereka yang terbiasa melatih tubuhnya secara rutin.

Tapi, sejumlah manfaat mengejutkan dari tubuh bugar berikut mungkin akan mengubah cara pandang Anda tentang kebugaran dan membuat Anda makin terpacu untuk menjadikan latihan sebagai gaya hidup Anda. Yuk, kita simak sama-sama!

1. Mereka yang Pernah Terbiasa Berolahraga Bisa Mengembalikan Kebugaran Tubuhnya Lebih Cepat

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com
jual suplemen fitnes

Otot kita memiliki “ingatan”. Ketika Anda pernah terbiasa berolahraga lalu menjalani pola hidup yang kurang gerak, Anda dapat mengembalikan kebugaran tubuh Anda lebih cepat dibandingkan mereka yang sama sekali tidak pernah berolahraga. Ini diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan Universitas Oslo.

Kemampuan ini bahkan tetap dimiliki meski kita sudah kehilangan massa otot. Semakin tinggi tingkat latihan Anda sebelumnya, semakin cepat pula Anda mendapatkan kebugaran tubuh Anda kembali.

Hanya saja, kemampuan ini akan menurun seiring usia. Jadi, jika saat ini Anda kurang gerak, mulailah kembali berlatih sekarang juga!

2. Ternyata Anda Tidak Membutuhkan Olahraga Sebanyak yang Anda Kira

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com

Untuk memiliki tubuh bugar, haruskah kita berlari berkilo-kilometer setiap hari? Jawabannya tidak. Menurut penelitian, berlari selama 50 menit seminggu sudah cukup untuk mengurangi sejumlah risiko penyakit kardiovaskular seperti diabetes tipe 2, hipertensi, kolesterol, stroke, dan beberapa jenis kanker, serta mampu meningkatkan harapan hidup hingga 6 tahun.

Bahkan, latihan seperti HIIT mampu mempersingkat waktu latihan dan bisa membakar kalori lebih banyak. Jadi, masih berpikir jika olahraga itu mesti yang makan waktu?

3. Kebiasaan Baru Bisa Dibentuk Lebih Cepat dari yang Anda Sangka

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com

Menurut studi tahun 2009, suatu perilaku baru bisa menjadi sebuah kebiasaan dalam waktu 18-254 hari, atau rata-rata 66 hari. Ini berarti hanya dalam dua bulan, Anda dapat mengubah gaya hidup, termasuk menjadikan olahraga dan pola makan sehat sebagai kebiasaan Anda.

Biar lebih sukses menjalani kebiasaan baru Anda, berfokuslah pada satu kebiasaan baru selama 90 hari secara konsisten, sehingga Anda tidak kembali pada kebiasaan buruk Anda yang lama. Olahraga pun awalnya terasa tidak nyaman, tapi selama Anda konsisten, ini akan menjadi salah satu kebiasaan yang takkan Anda tinggalkan.

4. Latihan Fisik Mampu Membuat Mental Anda Lebih Segar Seketika

blog.myfitnesspal.com
blog.myfitnesspal.com

Kalau Anda merasa lelah dan suntuk, lakukanlah latihan beban atau latihan fisik lainnya sebanyak beberapa set. Anda akan merasa lebih berenergi, ‘kan? Perasaan ini seringkali dikaitkan dengan peningkatan kadar endorfin dalam tubuh saat latihan.

Endorfin bekerja merespon stres dan dapat memberikan sensasi senang dan berenergi. Jadi, kalau Anda butuh suntikan energi agar lebih positif dan produktif, latihan fisik adalah salah satu jawabannya.

5. Olahraga Adalah Satu-Satunya Pencegahan Bagi Beberapa Penyakit Serius

Image credit: mensxp.com
Image credit: mensxp.com

Memang, obat bisa menyembuhkan, tapi bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati? Berbagai penelitian telah menemukan hubungan antara olahraga dan menurunnya risiko sejumlah penyakit, termasuk penyakit jantung, pikun, dan sejumlah jenis kanker.

Sejumlah penelitian terbaru mengungkapkan beberapa contoh:

  • Menurut studi ulasan tahun 2015, olahraga dapat mengurangi progresi penyakit arteri koroner dengan cara mempengaruhi sejumlah faktor risiko secara positif, seperti kolesterol, tekanan darah, dan fungsi pembuluh darah.
  • Ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Neurology mengungkapkan bahwa olahraga memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer dan Parkinson.
  • Olahraga juga dapat memerangi penyakit yang sukar disembuhkan, misalnya sindrom ovarium polikistik pada wanita. Olahraga terbukti memperbaiki kadar hormon, fungsi reproduksi, dan komposisi tubuh wanita yang mengidap penyakit tersebut.

Setelah mengetahui sejumlah manfaat kebugaran di atas, kini saatnya Anda menentukan pilihan: akankah Anda memulai kebiasaan baru yang lebih sehat?

jual suplemen fitnes
BAGIKAN