5 Mitos Latihan yang Bisa Menghambat Anda

ProgramFitnes.com – Dunia fitnes diisi dengan beragam informasi yang Anda peroleh baik dari internet, buku, maupun saran dan cerita dari seseorang. Tentunya, informasi tersebut ada yang benar ada pula yang ternyata hanya isapan jempol belaka.

Yang jelas, meyakini informasi yang keliru saat berlatih dapat menghambat Anda dalam mencapai tujuan kebugaran Anda. Maka dari itu, kali ini kami jabarkan sejumlah mitos latihan yang tak perlu Anda percayai lagi.

Mitos #1: Crunches Wajib Dilakukan Agar Perut Six-Pack

Image credit: menshealth.co.uk
Image credit: menshealth.co.uk
jual suplemen fitnes

Crunches memang gerakan yang cukup sadis bagi perut Anda. Sayangnya, gerakan ini tak serta-merta membuat perut Anda tampak six-pack. Bahkan gerakan perut terbaik hanya memperkuat otot di balik timbunan lemak perut Anda.

Tentu saja, bukan berarti gerakan ini tak berguna. Hanya saja, untuk mendapatkan perut six-pack tidaklah cukup hanya dengan berlatih saja. Agar lekuk perut Anda terlihat, Anda perlu memangkas timbunan lemak di daerah tersebut terlebih dulu lewat diet dan latihan teratur.

(Baca juga: 8 Hal yang Harus Dihindari Saat Melatih Otot Perut)

Mitos #2: Agar Lebih Langsing, Sering-Seringlah Melakukan Kardio

Image credit: www.topcardioinfo.com
Image credit: www.topcardioinfo.com

Latihan kardiovaskular menjadi alat yang ampuh bila dilakukan pada saat, jumlah, dan tempat yang tepat. Tapi, bila Anda hendak menghilangkan lemak, Anda sebenarnya tidak membutuhkan latihan kardio sebanyak yang Anda kira.

Banyak orang yang menjadi lebih langsing hanya dengan rutinitas latihan beban dan diet yang baik. Tapi, bila Anda berkompetisi atau bersiap untuk photoshoot, kardio memang diperlukan untuk menyingkirkan beberapa kilogram lemak yang membandel.

Untuk pria, lemak yang paling sukar dihilangkan biasanya berada di area perut dan punggung bagian bawah. Sementara, untuk wanita terdapat pada bokong dan paha. Gabungkan kardio dan latihan beban atau bodyweight untuk mendapatkan hasil optimal.

Mitos #3: Squat Tidak Baik Bagi Lutut Anda

Image credit: www. muscleandfitness.com
Image credit: www. muscleandfitness.com

Gagasan ini menyebabkan banyak orang ragu melakukan squat. Padahal, squat justru merupakan salah satu gerakan compound yang paling efektif bagi lower body serta core dan upper body.

Kebiasaan duduk sepanjang hari munkin menjadi penghalang Anda dalam melakukan squat dengan baik. Selain itu, menggunakan beban terlalu berat sebelum Anda mampu melakukan squat dengan baik juga menjadi sumber masalah.

Tapi, dengan kesabaran dan fokus, Anda akan dapat melakukan squat dengan sempurna. Mulailah dengan squat penuh menggunakan beban yang ringan atau bodyweight. Gerakan seperti goblet squat akan sangat membantu Anda.

Mitos #4: Mesin Lebih Aman Dibanding Beban Bebas

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com

Karena terkunci dalam pola gerakan tertentu dengan beban yang terjaga, kita mengasumsikan bahwa mesin lebih aman dari beban bebas seperti dumbbell atau barbell. Benarkah demikian?

Tergantung. Dengan mesin, Anda mungkin memang dapat mengurangi risiko menciderai bagian tubuh Anda. Tapi, Anda juga melakukan jauh lebih sedikit dalam memperkuat tubuh Anda secara keseluruhan, karena otot stabilisator kecil umumnya tidak berfungsi saat menggunakan mesin.

Gerakan menggunakan beban bebas, misalnya squat, terasa lebih sukar karena gerakan ini memaksa Anda menstabilkan beban selama rep—hal inilah yang membuat beban bebas unggul.

Agar perkembangan otot Anda menyeluruh, jangan bergantung pada mesin saja. Manfaatkan mesin sebagai salah satu cara, tapi bukan satu-satunya cara dalam berlatih.

Mitos #5: Suplemen Hanya Berguna Untuk Membangun Otot

workout-supplements
Image credit: medicaldaily.com

Masih ada banyak orang yang menganggap bahwa suplemen hanya dibutuhkan untuk mereka yang hendak membentuk otot saja. Anggapan ini timbul karena ketidaktahuan mereka soal suplemen. Bahkan, tak sedikit pula yang takut mengkonsumsi suplemen.

Padahal, penggunaan suplemen yang tepat dapat mendukung mereka dalam mencapai tujuan kebugarannya dengan lebih cepat. Bubuk protein, misalnya, tak hanya dapat mencukupi kebutuhan asupan protein harian Anda, tapi juga ampuh untuk mendukung masa pemulihan pasca-latihan.

Jangan ragu untuk mempelajari dan membaca ulasan dari suatu suplemen. Siapa tahu, suplemen itulah yang Anda butuhkan dalam menggapai tujuan kebugaran Anda.

Selamat berlatih!

jual suplemen fitnes