5 Strategi Untuk Mencegah Cidera Saat Berlatih

5 Strategi Untuk Mencegah Cidera Saat BerlatihProgramFitnes.com – Cidera tentu membuat program latihan anda berantakan. Selain menyakitkan dan bikin anda tak nyaman bergerak, biaya yang sudah anda bayarkan untuk keanggotaan gym pun jadi sia-sia. Ketika sedang berusaha mengembangkan otot, cidera adalah musuh utama yang bisa membuat progresmu berjalan mundur.

Cidera yang sama sekali tidak penting ini sebenarnya bisa dihindari lewat cara pencegahan yang sederhana. Inilah beberapa strategi untuk mencegah datangnya cidera selama berlatih di gym.

1. Utamakan Bentuk, Volume, Lalu Baru Bobot Beban

Image credit: www.muscleandfitness.com
Image credit: www.muscleandfitness.com
jual suplemen fitnes

Banyak pemula yang yang tergoda untuk melakukan latihan kekuatan menggunakan beban yang jauh lebih berat dari seharusnya. Padahal, manfaat latihannya baru bisa diperoleh bila anda melakukan gerakan dengan bentuk yang benar. Makanya, bentuk harus disempurnakan sebelum anda menambah beban.

Lewat bentuk gerakan yang benar, anda akan mendapati koneksi antara otot dan pikiran. Salah satunya ketika melakukan bagian eksentrik dari suatu gerakan. Gerakan eksentrik ini mampu meningkatkan kekuatan dan perkembangan otot, sekaligus memperkuat jaringan penghubungnya.

Bila gerakanmu sudah solid, lanjutkan dengan bereksperimen pada volume latihan lewat jumlah set dan repetisi. Bila ini sudah anda kuasai, barulah anda mulai menambahkan beban pada bar. Dengan demikian, risiko cidera akibat gerakan yang kurang sempurna serta tubuh yang kurang siap bisa dicegah.

2. Hargai Rasa Lelah Anda

Image credit: miamimuscleusa.com
Image credit: miamimuscleusa.com

Rasa lelah adalah faktor penting dalam latihan. Anda membutuhkannya agar otot dan energi anda semakin berkembang dan efisien. Tapi, kelelahan bisa saja berujung cidera bila anda mengabaikannya.

Untuk mencegahnya, pastikan anda memperoleh tidur yang cukup. Anda juga wajib mendengarkan sinyal pada tubuh anda. Bila melakukan suatu gerakan terasa menyakitkan atau tak nyaman, itu tandanya tubuh anda butuh lebih banyak istirahat.

Bila anda memutuskan untuk mendorong kemampuan anda sampai batasnya, pilihlah gerakan yang lebih aman. Misalnya, dumbbell/goblet squat yang dilakukan sampai failure lebih aman daripada overhead barbell squat.

3. Temukan Frekuensi Latihan yang Pas

Image credit: www.stackhealthy.com
Image credit: www.stackhealthy.com

Seberapa sering anda harus melatih kelompok otot tertentu setiap minggunya? Tiap orang mungkin punya anjuran yang berbeda. Ada yang satu kali, dua kali, bahkan lebih. Tapi, melatihnya terlalu sering lebih dari yang bisa dihadapi oleh tubuhmu dapat membuat anda lebih gampang cidera. Makanya, pastikan otot anda memperoleh waktu pemulihan yang cukup sebelum digeber lagi habis-habisan di gym.

4. Nikmati Jadwal Istirahatmu Dengan Beristirahat

Image credit: www.eastsideathleticclub.net
Image credit: www.eastsideathleticclub.net

Sekali anda jatuh cinta pada dunia angkat beban dan kebugaran, rasanya anda ingin terus aktif berlatih, bahkan ketika jadwalnya beristirahat. Rugi rasanya menyia-nyiakan waktu satu hari dengan tidak melakukan apa-apa.

Padahal, waktu istirahat total penting sekali untuk mengembalikan kondisi tubuhmu agar siap untuk berlatih lagi esok hari. Bila anda tak bisa duduk saja dan berdiam diri, anda bisa tetap aktif, kok. Hanya saja, pastikan aktivitas anda tidak berat atau terlalu intens. Contohlah Dwayne “The Rock” Johnson yang selalu menyediakan satu hari libur dari gym setiap minggu.

5. Lakukan Beberapa Ritual Untuk Merawat Diri

Image credit: www.martialartskickboxing.com
Image credit: www.martialartskickboxing.com

Yang dimaksud di sini tentu bukan menyikat gigi, melainkan ritual kebugaran seperti peregangan, pemanasan dinamis, serta foam roll. Selain bisa membantu menghindari cidera, cara ini juga dapat membantumu mendapatkan latihan dan pemulihan yang lebih baik.

Cidera bisa datang dalam bentuk berat maupun ringan. Melakukan ritual kebugaran seperti di atas membantu mencegah cidera dengan cara melemaskan otot-otot yang kencang sebelum dan sesudah latihan.

Nah, dengan mengetahui beberapa strategi untuk emncegah cidera selama latihan di atas, anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada cidera yang tidak perlu. Selamat berlatih!

jual suplemen fitnes