5 Tips Berolahraga Bagi Ayah yang Sibuk

5 Tips Berolahraga Bagi Ayah yang SibukProgramFitnes.com – Bagi seorang ayah, suami, dan kepala rumah tangga, membagi waktu untuk mampir ke gym tentunya bukanlah hal yang mudah. Urusan pekerjaan dan rumah bisa sangat menyita waktu sehingga membuat anda kesulitan untuk mengejar tujuan kebugaran dan kesehatan anda. Apalagi, kesehatan adalah modal utama anda untuk mencari nafkah dan menjadi ayah penuh-waktu.

Agar ketiga aspek (pekerjaan, rumah tangga, dan kesehatan) ini mencapai keseimbangan, anda tentu harus pandai-pandai membagi waktu. Inilah beberapa tips agar aspek kebugaran anda tak terlupakan meski punya kesibukan yang tak bisa ditinggal.

1Lakukan Latihan Kapanpun Anda Sempat

Bike Commuter in Portland Oregon

Terkadang, bisa memiliki waktu untuk ngegym selama satu jam saja rasanya mustahil. Tak apa. Anda hanya harus cukup kreatif untuk melakukannya. Bila jarak tempat kerja dan rumah anda termasuk dekat, anda bisa menikmati bersepeda ke kantor. Beberapa kali seminggu, anda bisa membawa pakaian olahraga ke kantor agar bisa jogging sepulang kerja. Dengan begitu, tubuh mendapatkan cukup aktivitas untuk menjadi lebih bugar.

Bila memungkinkan, tak ada salahnya membeli beberapa dumbbell dan tali lompat untuk anda gunakan di rumah selagi menemani si kecil.

2Persiapkan Sendiri Makanan Anda

Bila ingin mendapatkan hasil terbaik dari latihan yang anda lakukan, nutrisi bagi tubuh tentu tak boleh diabaikan. Luangkan waktu satu atau dua malam setiap minggu untuk mempersiapkan makanan yang mudah disimpan dan dihangatkan, tentunya dengan tetap memperhatikan gizinya agar seimbang.

Bila terbiasa menyiapkan makanan sendiri, anda tidak akan tergoda untuk membeli sembarang makanan yang belum tentu sehat. Yang paling penting, kebiasaan sehat ini akan tertular kepada keluarga anda.

3Milikilah Rencana

Bila anda berhasil mengatur waktu untuk datang ke gym, pastikan anda punya rencana sehingga waktu tersebut anda manfaatkan dengan baik. Ada beragam program latihan dalam situs Program Fitnes yang bisa membantu anda mencapai tujuan dari latihan anda serta memberikan tips dan saran tentang kebugaran. Bila anda mengetahui apa yang mesti dilakukan di gym, anda akan menjadi lebih efisien.

Cuma memiliki waktu yang sempit? Ada beberapa cara untuk mendapatkan latihan yang intens hanya dalam waktu singkat. Misalnya, latihan sirkuit atau high-intensity interval training (HIIT). Yang penting, jangan membuang waktu anda di gym dengan hanya nongkrong atau latihan ala kadarnya. Lakukan yang terbaik!

4Bersiaplah Untuk Hal yang Tak Terduga

Meski persiapan anda cukup baik, kadang ada hal tak terduga yang membuat anda batal berolahraga. Anak yang sedang sakit, rekan kerja yang mengalami masalah, atau mobil anda mogok barangkali, ini semua bisa membuat olahraga menempati deretan bawah bagi daftar prioritas anda.

Milikilah rencana cadangan untuk berolahraga di rumah atau di kantor dan manfaatkan bila diperlukan. Lagipula, melewatkan satu sesi latihan tak membuat progres anda jadi terjun bebas. Pastikan anda tetap memperhatikan makanan anda dan berusahalah kembali ke gym di hari berikutnya. Anggap saja absen anda di gym adalah hari tambahan untuk memulihkan otot. Yang penting, anda tetap konsisten.

5Manfaatkan Suplemen Tambahan Bila Perlu

Meski telah berusaha keras, anda mungkin tak mengikuti pola diet yang diharapkan sampai 100 persen. Bila mengalami kesulitan dalam mengikuti pola diet yang sehat, suplemen bisa membantu anda menjaga kesehatan. Anda bisa membuat sendiri jus sayuran yang padat nutrisi, ditambah sedikit tambahan multivitamin dan minyak ikan bila perlu.

Nah, kesibukan di kantor dan di rumah tentu bukan lagi alasan bagi anda untuk ogah berolahraga. Apalagi, tanpa kesehatan yang prima, tak mudah mencari nafkah bagi keluarga, bukan? Selamat berlatih!