5 Tips Bugar Tanpa Membuat Dompet Anda Menggelepar

5 Tips Bugar Tanpa Membuat Dompet Anda MenggeleparProgramFitnes.com – Menjadi sehat dan bugar memang membutuhkan usaha lebih. Tak cuma tekad dan waktu untuk bisa menyelesaikan program latihan yang diperlukan, tapi juga dana untuk mendukung hal itu, misalnya untuk membeli makanan yang lebih sehat, membayar iuran bulanan di gym, membeli pakaian dan peralatan yang diperlukan, dan sebagainya.

Memang, tak ada ruginya berinvestasi untuk kesehatan anda. Tapi, bukan berarti tanpa semua itu anda tidak punya kesempatan untuk memulai. Untuk mendapatkan tubuh yang bugar tanpa membuat dompet anda menggelepar, coba siasati lewat beberapa tips hemat berikut ini.

jual suplemen fitnes

1. Belilah makanan yang lebih sehat dan makanlah lebih sedikit

Memang benar, jika ingin lebih sehat dan bugar, anda mesti membelanjakan uang untuk makanan sehat yang lebih mahal. Junk food, soda, dan makanan instan tidak akan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang anda perlukan. Tapi, membeli makanan sehat juga tak berarti anda mesti menghabiskan uang yang banyak.

Anda bisa tetap menggunakan anggaran belanja yang sekarang, tapi ganti pilihan makanan dan berbelanjalah dengan lebih teliti. Sejumlah makanan sehat juga tidak mahal, seperti kacang-kacangan serta buah-buahan. Kurangi jajan di luar, lebih baik masak sendiri di rumah yang biayanya tak sampai setengah harga di restoran.

Penting juga untuk diingat bahwa gaya hidup sehat juga berarti anda akan makan lebih sedikit, sehingga makanan yang di beli lebih sedikit dari biasanya, yang mana akan membantu memangkas anggaran belanja anda.

2. Mencari alternatif yang lebih terjangkau

Iuran keanggotaan gym memang bisa saja mahal. Jika ada lebih dari satu gym di daerah anda, coba lakukan survey harga dan layanan mereka. Siapa tahu, bisa mendapatkan penawaran yang menarik.

Jika biaya iuran gym masih terasa memberatkan, anda bisa mencari alternatif lain. Misalnya dengan mencari taman yang memiliki bar atau palang dan memanfaatkan latihan dengan bobot tubuh atau peralatan minimal.

3. Menentukan jenis dan jumlah protein yang tepat

Tak perlu berargumen panjang soal protein mana yang lebih baik. Apapun bentuknya, baik itu whey shake, dada ayam, atau makanan sumber protein lainnya, protein tetaplah protein. Target kebugaran dan asupan nutrisi anda sepenuhnya personal. Bila protein shake membuat anda termotivasi, jangan ragu untuk membelinya.

Anda bisa memasukkan kebutuhan protein ini ke dalam anggaran bulanan belanja dengan merencanakan menu dan menentukan berapa banyak protein yang diperlukan dan dari mana asalnya. Jadi, jika Anda sudah mendapatkan protein dari protein shake, tidak perlu membeli daging banyak-banyak.

Berapa banyak protein yang diperlukan tubuh juga penting untuk diketahui. Jika Anda ingin membentuk otot, kebutuhan protein anda adalah sepertiga sampai setengah gram per kilogram berat badan. Sehingga anda tidak perlu membeli sumber protein mahal terlalu banyak.

4. Tentukan apa yang anda butuhkan

Anda tidak butuh sepatu olahraga yang harganya jutaan atau pakaian olahraga yang mahal. Memilikinya memang menyenangkan, tapi perlengkapan itu tidak diperlukan untuk menurunkan berat atau membentuk otot. Lupakan hal-hal kurang penting yang cuma membuat anda terlihat lebih gaya. Tentukan dengan teliti apa yang benar-benar anda butuhkan.

5. Menghemat uang lewat pilihan yang lebih sehat

Banyak kebiasaan sehat yang justru membantu anda menghemat. Misalnya, berjalan kaki atau bersepeda untuk bepergian alih-alih mengendarai kendaraan pribadi, tak cuma ramah lingkungan, tapi juga ramah di kantong.

Anda juga bisa mencoba mengurangi gaya hidup yang kurang sehat tapi memboroskan uang seperti merokok atau kebiasaan minum minuman beralkohol maupun soda. Harganya memang tak seberapa, tapi coba bayangkan berapa rupiah yang bisa anda hemat jika menghentikan kebiasaan ini.

Nah, lima tips di atas bisa langsung anda coba sendiri. Ternyata tak perlu menghabiskan banyak lembaran rupiah untuk mendapat tubuh yang bugar, ‘kan? Selamat mencoba.

jual suplemen fitnes
BAGIKAN