5 Tips Penting Demi Latihan yang Lebih Cerdas dan Efektif

5 Tips Penting Demi Latihan yang Lebih Cerdas dan EfektifProgramFitnes.com – Terkadang, kita merasa ada hal yang ‘kurang’ dalam latihan kita. Baik itu perasaan bahwa latihan itu kurang efektif, kurang ada hasilnya, juga kurang menyenangkan dan terasa membosankan. Memang, dalam rutinitas apapun, termasuk ngegym, ada kalanya kita sangat bersemangat dan ada pula masa di mana mengangkat beban terasa menjemukan.

Terlepas dari perasaan yang timbul saat ngegym, anda tetap harus memaksimalkan efektivitas pada setiap latihan seperti halnya orang yang bekerja untuk mencapai targetnya. Coba jalani beberapa tips berikut agar anda bisa berlatih lebih cerdas dan efektif, sehingga anda pun dapat membangun kekuatan dan ukuran otot dengan lebih cepat.

1Cek Ego Anda

Pahami dulu bahwa anda tidak harus mengalahkan rekor personal pada setiap sesi latihan. Saat anda berlatih, terkadang tidak semua hal berjalan sesuai dengan yang anda inginkan karena ada berbagai rintangan yang tak kasat mata: mungkin tidur anda kurang, makanan anda kurang bernutrisi, anda tidak cukup minum air, atau anda merasa sedang kurang baik dibandingkan biasanya.

Beberapa sesi latihan mampu mengeluarkan kekuatan anda melebihi batas sebelumnya, sementara sesi lainnya membangun dan mempertahankan kekuatan anda. Jadi, latihan anda saat ini tak perlu melulu lebih keras dari sebelumnya. Jadilah orang yang cukup cerdas mengatur volume (set dan rep) atau intensitas latihan (jumlah beban yang digunakan) sehingga ketika anda menginjakkan kaki lagi ke gym di lain hari, anda akan merasa lebih siap dan lebih kuat.

2Ambil Lompatan-Lompatan Kecil

Anda akan merasa bahwa latihan anda membawa hasil lebih ketika anda melakukan lompatan kecil pada sesi latihan anda. Kuncinya, pastikan anda tetap mencapai target. Lihatlah bahwa praktisi angkat beban yang elit sangat jarang tidak mencapai target rep mereka. Tidak perlu mematok target baru yang terlalu jauh sehingga anda hampir mustahil menyelesaikannya.

3Jangan Pernah Melewatkan Sesi Pemanasan

Jangan meremehkan pentingnya sesi pemanasan yang cukup. Tanpa pemanasan yang baik, bisa dipastikan anda cepat atau lambat akan mengalami cidera, bahkan meskipun anda masih muda dan kuat. Melakukan pemanasan secara lengkap sangatlah penting agar kemajuan kekuatan otot anda tetap konsisten dan tetap bisa bergerak leluasa seusai latihan.

4Berfokuslah Pada Mobilitas dan Kualitas Gerakan

Sebelum anda mulai mengangkat beban, pastikan anda telah cukup berkeringat dari pemanasan dan melatih gerakan yang akan anda lakukan lewat gerakan dasar atau fundamental. Beberapa contoh gerakan dasar untuk mengangkat barbel misalnya: gerakan push-up untuk melakukan bench press, goblet squat untuk barbell squat, dan dumbbell/kettlebell swing untuk deadlift.

Bila anda bisa melakukan gerakan dasar pada saat pemanasan dengan bentuk yang sempurna dan rentang gerak penuh sebelum anda menyentuh bar, teknik anda akan jauh lebih baik ketika anda menggenggam bar.

5Bersiaplah Melakukan Perubahan

Selalu dengarkan kondisi tubuh dan perasaan anda. Tak ada salahnya melakukan penyesuaian pada sesi latihan anda berdasarkan apa yang anda rasakan saat sesi pemanasan berlangsung.

Hari itu, anda seharusnya berlatih deadlift, tapi panggul anda terasa kencang dan anda merasa tidak dapat melakukan deadlift dengan sempurna. Berarti, anda harus menggantinya dengan gerakan lain yang melatih kelompok otot yang sama dengan pola gerakan yang sama, tapi anda bisa melakukannya dengan teknik yang lebih baik saat itu.

Tipe latihan yang naluriah ini adalah kunci penting untuk berlatih secara cerdas. Bila anda dapat mematri tips-tips penting ini di pikiran anda, anda bisa berlatih dengan lebih cerdas dan efektif serta bebas dari cidera. Selamat berlatih!

BAGIKAN