5 Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

5 Waktu yang Tepat untuk BerolahragaProgramFitnes.com – Seperti kita ketahui berolahraga adalah kegiatan yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, tapi apakah anda tahu ada beberapa waktu ideal untuk berolahraga agar hasil dari olahraga tersebut menjadi lebih maksimal? berikut beberapa waktu yang tepat untuk berolahraga.

1. Pagi hari

jual suplemen fitnes

Sebuah penelitian dari Mollen Clinic, Arizona, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa apabila anda berolahraga di pagi hari dapat meningkatkan semangat anda untuk beraktivitas sepanjang hari, dibandingkan anda yang tidak melakukan aktivitas seperti berolahraga. Selain itu, kalori yang dibakar lebih banyak di pagi hari apabila anda memiliki metabolisme yang baik.

2. Sore Hari

Pada sore hari sekitar pukul 4 – 5 sore, tubuh manusia berada pada titik tetinggi, sehingga pada saat sore hari otot anda menjadi lebih fleksibel sehingga menghasilkan energi yang cukup untuk melakukan  olahraga, sehingga akan membuat olahraga anda menjadi lebih mudah.

3. Malam Hari

Olahraga pada malam hari sekitar pukul 7 – 8 malam berkaitan dengan siklus istirahat anda, setelah seharian beraktivitas, ditutup dengan olahraga malam seperti fitnes, senam aerobik, dan lain-lain. Kemudian langsung beristirahat akan meningkatkan pertumbuhan otot anda lebih sempurna, karena setelah berolahraga malam anda tidak akan melakukan aktivitas lain selain tidur.

Selain 3 waktu utama diatas, ada beberapa waktu yang juga tepat untuk melakukan olahraga, tapi pada waktu ini berkaitan dengan kondisi khusus tubuh anda.

1. Pada saat Terserang Flu

Pada saat sakit pasti anda akan disarankan untuk beristirahat secara total, namun beberapa penelitian yang dipimpin oleh Thomas G. Weidner dari Ball State University mengatakan, pada saat anda berolahraga tubuh mengeluarkan hormon endorphin yang mana hormon ini biasa disebut hormon kebahagiaan yang dapat meningkatkan suasana hati, sehingga dapat meringankan gejala flu anda. Namun, anda tetap tidak bisa berolahraga seperti saat sehat, lakukan sebesar 50% dari intensitas olahraga anda pada saat anda sedang sehat.

2. Saat sedang Lelah

Pada saat malam hari tubuh anda pasti akan sangat merasakan lelah akibat semua aktivitas yang anda lakukan sepanjang hari, yang anda inginkan pasti hanya beristirahat. Namun, penelitian yang dilakukan oleh Jenn Burke mengatakan  bahwa berolahraga pada saat anda lelah akan meningkatkan energi dan semangat lebih banyak dibandingkan yang dihasilkan setelah tidur siang. Hal ini juga berpengaruh pada jam biologis anda dimalam hari, sehingga anda bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Jadi kesimpulannya, ada 5 waktu terbaik untuk anda melakukan olahraga, namun tetap disesuaikan dengan kondisi badan anda, dan aktivitas anda sehari-hari.

jual suplemen fitnes