6 Alasan Mengapa Latihan Tangan Anda Tidak Berguna

6 Alasan Mengapa Latihan Tangan Anda Tidak BergunaProgramFitnes.com – Tangan adalah bagian tubuh yang paling sering digunakan dan dilatih, terutama bagi anda kaum adam, tangan adalah simbol maskulin atau tidaknya anda, sehingga anda akan selalu melatih tangan anda setiap hari. Melatih otot tangan hampir setiap hari entah itu biceps saja atau triceps saja akan membuat latihan anda sia-sia dan tidak berguna bahkan mengarah pada kegagalan. Untuk itu anda harus mengetahui 6 alasan mengapa latihan  tangan anda menjadi tidak berguna dan sia-sia.

1. Anda terlalu terobsesi dengan otot biceps anda

Karena anda terlalu bersemangat untuk membesarkan otot biceps anda sehingga anda melupakan untuk melatih otot triceps anda. Tangan anda terbagi menjadi 3 jenis otot yaitu biceps, triceps, dan forearm. Ketiganya harus dilatih secara simulatan untuk menghasilkan tangan yang atletis

2. Anda melatih tangan anda setiap hari

Dalam membentuk otot, semakin sering anda berlatih semakin baik. Namun, tetap memperhatikan dengan pola istirahat dari tubuh anda. Otot tumbuh pada saat anda beristirahat, bukan saat anda berlatih angkat beban. Dengan melatih tangan anda setiap hari adalah hal yang salah apalagi yang dilatih hanya otot yang itu–itu saja. Otot tangan adalah bagian dari otot kecil yang mempunyai masa pemulihan selama 48 jam, gunakan masa pemulihan ini untuk masing-masing jenis otot tangan anda secara maksimal.

3. Anda istirahat terlalu lama

Berlatih terlalu lama memang tidak baik, tapi beristirahat terlalu lama pun tidak baik untuk perkembangan otot tangan anda. Otot tangan adalah bagian dari otot kecil yang mempunyai lama istirahat 48 jam, setelah itu anda harus melatihnya lagi bagian perbagian untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Anda hanya fokus pada 1 jenis latihan saja

Yang sering anda jumpai di gym, pasti ada saja orang yang berlatih biceps dengan jenis latihan dumbbell curl. Padahal banyak sekali variasi jenis latihan biceps untuk membentuk biceps ataupun triceps, seperti incline dumbbell curl, 21’s, concentration curl dan lain-lain. Manfaatkan variasi jenis latihan ini untuk memberi rangsangan lebih pada otot tangan anda dan mencegah kebosanan.

5. Anda terlalu terpaku dengan jumlah repetisi

Beberapa orang mengatakan, semakin banyak repetisi semakin baik, tapi beberapa orang mengatakan repetisi rendah dengan beban berat juga baik. Keduanya sama benarnya, jadikan ini variasi repetisi anda, jadi anda tidak selalu mengandalkan repetisi tinggi, tapi ketika anda mulai memberi tantangan pada tangan anda dengan menambah beban, gunakanlah repetisi yang rendah 6 – 8  repetisi.

6. Anda memanfaatkan momentum pantulan saat mengangkat beban

Terkadang anda akan memanfaatkan momentum pantulan ini pada saat mengangkat beban, hal ini terjadi kemungkinan akibat beban yang terlalu berat atau anda yang memang sudah terbiasa seperti itu. Hal ini apabila diteruskan tidak akan merangsang secara maksimal pembentukkan otot anda terutama pada bagian tangan, dan risiko cedera pun menjadi besar.