6 Fakta Tentang Keringat yang Layak Anda Cermati

Fakta Tentang Keringat yang Layak Anda CermatiProgramFitnes.com – Terbiasa menghabiskan waktu beberapa jam di gym, Anda pasti tak asing lagi dengan keringat. Keringat bisa terasa menjijikkan, apa lagi jika baunya tak sedap. Tapi, keringat juga bisa tampak seksi bila datang dari lawan jenis yang berpenampilan menawan. Bagaimanapun, berkeringat adalah proses alami yang terjadi pada tubuh Anda. Nah, inilah beberapa fakta tentang keringat yang layak Anda cermati untuk menambah wawasan.

Bagaimana keringat mempengaruhi berat badan Anda?

Banyak orang yang mengenakan pakaian berlapis-lapis untuk membakar lemak. Tapi, apakah kehilangan banyak keringat efektif menghilangkan lemak Anda? Ternyata berkeringat tidak membuat berat badan Anda turun.

jual suplemen fitnes

Semakin banyak keringat, semakin banyak pula berat cairan tubuh yang hilang. Tapi, berat cairan ini bukanlah lemak. Lemak tubuh menyimpan kalori dan satu-satunya cara untuk membakarnya adalah dengan membuat denyut jantung Anda meningkat dan berada pada kondisi defisit kalori, di mana kalori yang masuk lebih kecil dari yang keluar.

Jadi, berkeringat tidak sama dengan meghilangkan lemak. Mengenakan pakaian berlapis-lapis justru dapat membuat Anda dehidrasi yang membuat latihan Anda tidak sebaik ketika terhidrasi dengan optimal.

Berkeringat menimbulkan dehidrasi

Manusia berkeringat lebih banyak dari mamalia lainnya, jadi sangat penting untuk fokus mengembalikan elektrolit yang hilang saat berkeringat. Air dan elektrolit berperan penting dalam menjaga performa dan fungsi tubuh. Kehilangan 1 persen cairan dapat menurunkan performa hingga 20 persen,  tentu bukan kabar baik bagi Anda yang sedang berusaha membentuk otot.

Agar performa Anda tetap terjaga, sebaiknya Anda menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan cara berikut:

  • Sebelum latihan: minum satu sampai dua gelas air setidaknya 20 menit sebelumnya.
  • Selama latihan: minum segelas air tidak setengah jam sekali, tergantung intensitas latihan Anda.
  • Setelah latihan: Dua sampai tiga gelas air cukup untuk mengganti cairan Anda setelah latihan.

Berkeringat menjaga tubuh tetap dingin

Seiring dengan naiknya suhu tubuh Anda (karena latihan, kondisi sekeliling, maupun emosi), sistem saraf Anda menstimulasi kelenjar keringat untuk melepaskan keringat pada kulit.Ada dua tipe kelenjar keringat, yaitu kelenjar keringat apokrin dan merokrin yang bila ditotal mencapai lima juta kelenjar. Keringat membantu melepaskan panas berlebih dan mendinginkan tubuh Anda.

Mengapa keringat bisa berbau?

Kelenjar apokrin umumnya terletak pada bagian kulit kepala, selangkangan dan ketiak. Bila kita stres, tubuh kita mendorong kelenjar ini untuk mengekskresikan lebih banyak keringat. Begitu keringat mencapai kulit, keringat itu bercampur dengan bakteri dan mulai diurai. Inilah yang menyebabkan bau badan.

Cara mudah mengetahui Anda dehidrasi

Cara paling simpel untuk mengetahui tingkat hidrasi Anda adalah lewat warna urin. Semakin bening warnanya, berarti semakin baik Anda terhidrasi. Tapi jika urin Anda berwarna gelap, berarti Anda perlu lebih banyak minum.

Etika berkeringat di gym

Tentu sangat menyebalkan bila alat yang Anda gunakan ternyata masih belepotan dengan keringat pengguna sebelumnya. Anda juga makin kesal karena terpaksa menghabiskan waktu Anda yang berharga hanya untuk mengelap sisa keringat orang lain.

Mudah berkeringat atau tidak, Anda sebaiknya selalu menjaga etika di gym. Bawa sebuah handuk bersama Anda dan lap keringat Anda pada mesin setiap kali selesai menggunakan. Bila keringat Anda sampai menetes di lantai, lap juga keringat Anda di situ. Bila ada, langsung bersihkan dengan lap atau spray disinfektan milik gym. Ini juga akan menghentikan penyebaran kuman di lingkungan berlatih Anda.

Nah, tidak ada salahnya menyediakan air yang cukup di sekitar Anda. Semoga bermanfaat.

jual suplemen fitnes