6 Gerakan Kettlebell Terbaik yang Patut Anda Coba

6 Gerakan Kettlebell Terbaik yang Patut Anda Coba
Image credit : askmen.com

ProgramFitnes.com – Kettlebell bukanlah barang baru, melainkan alat olahraga klasik yang popularitasnya kian mencuat. Ini karena kettlebell bisa menjadi alat yang serbaguna dan efektif untuk melakukan berbagai gerakan-gerakan dalam latihan strength & conditioning yang melibatkan seluruh bagian tubuh anda.

Sayangnya, anda seringkali tidak menggunakan kettlebell secara tepat, sehingga meredam kemampuannya untuk melatih tubuh anda secara maksimal. Nah, agar anda lebih memahami manfaat dari alat yang satu ini, ada baiknya anda memahami dan mencoba menguasai gerakan-gerakan dasar kettlebell berikut ini.

1Kettlebell Swing

Image credit: www.bodybuilding.com

Kettlebell swing gaya Rusia, di mana anda mengayunkan kettlebell sampai setinggi bahu, yaitu gerakan yang sangat efektif bila dilakukan dengan bentuk yang benar. Anda tak hanya melatih kekuatan otot, tapi juga menggabungkannya dengan latihan kardiovaskular dalam satu gerakan yang efisien. Dengan segala manfaatnya, tak heran bila gerakan ini menjadi salah satu gerakan fundamental dalam latihan kettlebell.

Meski tampaknya mudah dilakukan, kettlebell memerlukan waktu, latihan, dan pembinaan agar anda dapat melakukannya dengan sempurna. Bila anda menginginkan hasil yang maksimal dari gerakan ini, jangan ragu untuk mempelajari bagaimana cara melakukannya dengan benar.

2Goblet Squat

Image credit: www.bodybuilding.com

Squat adalah pola gerakan fundamental yang bisa dilakukan dengan berbagai variasi. Salah satunya adalah goblet squat. Gerakan ini bukan sekadar gerakan kaki, ia melatih seluruh tubuh dan menyediakan mobilitas lebih agar anda dapat melakukan gerakan dengan beban yang lebih berat.

Untuk melatih otot kaki secara maksimal, barbell squat memang jagonya. Tapi, goblet squat membuat anda melakukannya lebih baik.

3Turkish Get-Up

Image credit: www.bodybuilding.com

Turkish get-up perlu dilakukan dengan perlahan dan penuh kendali. Anda memulai gerakan ini dari berbaring di lantai dengan satu tangan merentang ke atas menggenggam kettlebell, lalu berdiri dan berbaring lagi ke posisi semula dalam urutan perpindahan yang spesifik.

Gerakan yang luwes memerlukan kekuatan, kelenturan, dan kehati-hatian. Ini bisa anda peroleh dari beban kettlebell yang ada di tangan anda. Turkish get-up membantu melatih kekuatan bahu, pinggul, batang tubuh, serta kelenturan.

4Kettlebell Press

Image credit: www.bodybuilding.com

Setelah anda bisa melakukan tiga gerakan pertama dan mendapatkan kelenturan dan stabilitas bahu, kettlebell press adalah gerakan lain yang patut anda pelajari. Meski tampak seperti overhead press, gerakan ini bukan sekadar gerakan bahu, karena anda menggunakan seluruh tubuh untuk memaksimalkan kekuatan press.

Dibanding dumbbell, kettlebell lebih nyaman karena bentuknya yang unik dan genggaman yang seimbang membuat anda mampu melakukan press pada bidang gerak yang alami terhadap bahu anda.

5Clean

Image credit: www.bodybuilding.com

Seperti halnya kettlebell swing, clean merupakan gerakan eksplosif untuk melatih kekuatan tubuh secara menyeluruh. Bedanya adalah pada akhir gerakan kettlebell berada pada posisi rak, berlawanan dengan posisi swing di mana kettlebell menjauh secara horisontal di depan dada.

Gerakan ini memerlukan waktu untuk dipelajari hingga sempurna. Tapi, bila sudah sempurna, gerakan ini sangat ideal untuk dimasukkan dalam latihan kompleks kettlebell. Terlebih, anda bisa menggabungkannya langsung dengan gerakan press.

6Snatch

Image credit: www.leanitup.com

Kettlebell snatch dianggap sebagai tampilan penghabisan dari kekuatan seluruh tubuh anda karena gerakan ini cukup menuntut kemampuan fisik dan teknik. Tapi, ia juga memberikan manfaat strength & conditioning tubuh secara total. Gerakan ini membantu meningkatkan performa anda ke tingkat yang lebih tinggi, membangun kekuatan yang eksplosif, serta membentuk bahu yang kuat.

Untuk memeragakan gerakan snatch, anda membutuhkan teknik yang baik, tenaga pinggul yang eksplosif, serta keatletisan. Hindari melakukan gerakan ini sebelum anda menguasai pola ayunan dan gerakan pinggul eksplosif pada kettlebell swing.

Nah, kini siapkah anda untuk meraih sebuah kettlebell di rumah dan mencoba gerakan-gerakan di atas?

BAGIKAN