6 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Sebelum Berlatih Angkat Beban

6 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Sebelum Berlatih Angkat BebanProgramFitnes.com – Mungkin ada ratusan artikel yang membahas apa yang perlu anda lakukan sebelum memulai latihan, baik itu membahas tentang suplemen apa yang harus digunakan, makanan apa yang harus dimakan, jenis latihan apa untuk memulai latihan, dan berbagai hal lainnnya. Tapi, yang perlu diketahui ada 6 hal yang tidak boleh anda lakukan sebelum berlatih angkat beban

1. Jangan Melakukan Pemanasan atau Peregangan

Pemanasan mungkin hal yang paling utama anda lakukan sebelum melakukan latihan angkat beban, hal ini sudah menjadi standar paling utama. Namun, melakukan peregangan atau pemanasan  pada otot yang masih dingin seperti menarik atau meregangkan malah akan menimbulkan cedera, bahkan dapat menurunkan kekuatan dari otot itu sendiri. Lakukan peregangan yang biasa saja seperti lari-lari kecil agar semua badan siap, hindari peregangan yang sifatnya menarik, meregang, dan lain-lain.

2. Jangan Tidur Berlebihan

Tidak ada salahnya untuk tidur sebelum melakukan latihan angkat beban dengan tujuan untuk mengisi tenaga, namun jangan lakukan secara berlebihan. Berdasarkan studi terbaru, tidur selama 20 – 30 menit sebelum berlatih beban dapat meningkatkan energi saat latihan, namun apabila tidur lebih dari waktu tersebut maka yang terjadi akan sebaliknya, anda akan merasa lemas tidak bertenaga.

3. Jangan Melakukan Latihan Cardio Sebelum Latihan Angkat Beban

Hal ini jelas saja salah, karena  melakukan latihan cardio sebelum melakukan latihan angkat beban akan menurunkan stamina anda saat berlatih angkat beban. Lakukan latihan cardio setelah melakukan latihan angkat beban untuk menghasilkan after burn effect (tubuh akan tetap membakar lemak walaupun aktifitas olahraga sudah selesai).

4. Jangan Memulai Latihan Angkat Beban dengan Kondisi Stress

Stress adalah pembunuh otot, pada saat anda stress tubuh anda akan melepaskan hormon kortisol dalam jumlah yang sangat tinggi yang dapat mempengaruhi pembentukkan otot dan meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh anda. Stress juga akan mempengaruhi kemampuan anda dalam berpikir sehingga anda tidak akan fokus saat melakukan latihan.

5. Jangan Overdosis Menggunakan Suplemen Stimulant/Pre Workout

Suplemen stimulant atau suplemen pre workout banyak digunakan untuk meningkatkan tenaga saat latihan. kandungan utamanya yaitu caffeine sebagai stimulant untuk meningkatkan tenaga anda. Apabila anda mengkonsumsi secara benar caffeine akan berfungsi sesuai fungsinya, tapi apabila anda mengkonsumsinya secara berlebihan caffeine akan menjadi racun bagin tubuh anda. Ditandai dengan detak jantung yang berdenyut cepat, keringat dingin, muncul rasa cemas, dan lain-lain. Tidak dilarang untuk menggunakan suplemen pre workout, tapi lebih disarankan anda meningkatkan tenaga anda secara alami.

6. Jangan Makan Berlebihan Sebelum Latihan Angkat Beban

Apabila anda makan berlebihan sebelum angkat beban, yang akan terjadi ialah lambung anda akan terbebani dengan makanan yang belum siap dicerna, sehingga rasa mual saat angkat beban mungkin saja terjadi, dan darah yang harusnya memompa otot anda, akan dialirkan ke lambung untuk membantu mencerna makanan yang kita makan secara berlebihan tersebut, efeknya anda tidak akan bertenaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.