6 Kiat Tidur Berkualitas Untuk Pemulihan yang Optimal

ProgramFitnes.com – Seusai menempa otot di gym, apakah Anda menikmati tidur yang berkualitas? Menurut penelitian, tidur punya peran yang sangat penting bagi fungsi imun, metabolisme, daya ingat, kemampuan belajar, serta fungsi-fungsi vital lainnya,

Bagi binaragawan, memperoleh waktu tidur yang cukup dan berkualitas juga tak kalah penting demi memperbaiki jaringan otot dan menumbuhkan otot baru. Nah, pastikan Anda memperoleh tidur yang berkualitas dengan 6 kiat ini!

1. Matikan Semua Lampu di Kamar Tidur

Image credit: all-about-sleep-apnea.com
Image credit: all-about-sleep-apnea.com

Saat terlelap di dalam kegelapan, tubuh Anda menghasilkan hormon melatonin yang berfungsi sebagai antioksidan dan mengatur jam tidur Anda. Tak hanya itu, melatonin juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi tekanan darah, hingga mencegah penuaan dini.

Tapi, seberkas cahaya bisa membuat tidur Anda terganggu dan menghambat pelepasan hormon ini.¬†Makanya, ketika beranjak tidur, pastikan semua lampu — termasuk cahaya dari layar ponsel Anda — sudah dimatikan.

2. Matikan Perangkat Elektronik Sebelum Tidur

Image credit: trainrogue.com
Image credit: trainrogue.com

Menurut penelitian, mereka yang menggunakan perangkat elektronik pribadi satu dalam satu jam sebelum tidur mengalami lebih banyak masalah tidur. Bila Anda merasa lelah saat bangun, coba matikan TV, komputer, maupun ponsel Anda setidaknya satu jam sebelum menyentuh bantal.

3. Lakukan Meditasi

Image credit: natalieublgrant.com
Image credit: natalieublgrant.com

Meditasi bisa menjadi cara untuk menenangkan diri baik sebelum tidur dan setelah bangun di pagi hari. Hal ini membantu Anda mengendalikan pikiran yang berkelebat di benak Anda, sehingga tidur Anda lebih tenang. Anda bisa melakukannya lewat latihan pernapasan yang sederhana.

4. Perbarui Perlengkapan Tidur Anda

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Apa kasur Anda sudah terasa usang? Atau mungkin Anda menggunakan seprei yang itu-itu saja sepanjang tahun? Mungkin ini saatnya untuk memperbarui perlengkapan tidur Anda. Ganti matras, bantal, atau seprei Anda untuk kenyamanan tidur yang lebih baik.

5. Bangunlah Dengan Lebih Tenang

Image credit: twitter.com
Image credit: twitter.com

Bila Anda merasa kaget dengan jam alarm atau menggunakan tombol snooze untuk menunda waktu bangun Anda, cobalah mengeset dua alarm alih-alih hanya satu. Berusahalah untuk bangun pada alarm pertama dan atur alarm kedua untuk 15-20 menit kemudian.

Cara ini bisa membantu Anda menikmati bangun tidur yang lebih tenang sehingga Anda bisa menikmati pagi tanpa perasaan tergesa-gesa dan harus menghitung berapa kali Anda bisa menekan tombol snooze.

6. Tidur Delapan Jam Sehari

Image credit: dreams.co.uk
Image credit: dreams.co.uk

Sebuah studi menunjukkan bahwa setidaknya tidur delapan jam sehari memberi Anda waktu bagi otak untuk mengingat dan mempelajari kemampuan-kemampuan baru.

Lewat tidur yang cukup, Anda membantu tubuh Anda untuk mengurangi stres dan tekanan serta memproses hal-hal yang terjadi di hari itu. Anda pun bakal terbangun dengan lebih siap untuk menghadapi hari yang baru.

Nah, saatnya menjajal kiat-kiat di atas untuk memperoleh tidur yang berkualitas dan pemulihan yang optimal. Selamat mencoba!