6 Makanan Penambah Testosteron Bagi Tubuh Anda

6 Makanan Penambah Testosteron Bagi Tubuh AndaProgramFitnes.com – Testosteron merupakan hormon yang memiliki peranan penting, tak hanya bagi dorongan seksual, tapi juga bagi pembentukan otot anda saat latihan beban di gym. Bila dorongan seksual anda terasa menurun atau perkembangan anda di gym terasa stagnan, mungkin saja terjadi penurunan kadar testosteron pada tubuh anda, apalagi bila anda sudah menginjak usia di atas tiga puluhan.

Hormon testosteron yang anda miliki mencapai puncaknya saat anda berusia 20-an. Setelah menginjak 30-an, kadar hormon ini akan menurun sekitar 1,5 persen setiap tahunnya. Salah satu cara untuk meningkatkan kadar hormon testosteron dalam tubuh anda adalah lewat olahraga. Tapi, ada pula makanan-makanan yang bisa anda santap untuk membantu menambah kadar testosteron pada tubuh. Catat, ya!

1Kuning Telur

Tak heran bila makanan yang satu ini disebut sebagai superfood. Sebagai makanan yang kaya protein, telur pasti sudah termasuk dalam diet anda. Putih telurnya memang kaya protein yang baik bagi perkembangan otot anda, tapi kandungan nutrisi pada kuning telurnya juga tak boleh diremehkan.

Kuning telur mengandung mikronutrien yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar testosteron pada tubuh anda, yaitu vitamin D3. Vitamin D3 merupakan hormon bioidentik dari testosteron karena ini merupakan hormon steroid yang diturunkan dari kolesterol.

Fakta ini dibuktikan pada sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Hormone & Metabolic Research. Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa kadar testosteron total dan testosteron bebas meningkat sebanyak 400 persen setelah dibersi suplemen berupa vitamin D3 selama 12 bulan.

Jadi, tak perlu menghindari kuning telur, bukan? Tapi, pastikan anda tidak mengkonsumsinya berlebihan karena tetap saja kuning telur merupakan sumber lemak.

2Sayuran Cruciferae (Kubis-Kubisan)

Sayuran Cruciferae seperti kubis, brokoli, kembang kol, dan Brussel sprout juga disebut-sebut sebagai sayuran super karena nutrisinya yang kaya. Sayuran jenis ini juga merupakan makanan anti-estrogenik karena mereka melepaskan senyawa yang disebut indole-3 carbinole (I3C).

Senyawa ini diubah ke di-indollyl methane (DIM), yang mengubah estrogen ke bentuk yang lebih aman, sehingga membuat kadar testosteron beban menjadi mencukupi. Testosteron bebas mudah terikat pada reseptor androgen untuk meningkatkan dorongan seksual, pembentukan otot, mengurangi lemak, dan meningkatkan performa latihan anda.

3Tiram

Mengkonsumsi tiram atau oyster membuat anda lebih mudah meningkatkan massa otot sekaligus menambah kadar hormon testosteron dalam tubuh. Ini karena tiram tak cuma kaya protein, tapi juga memiliki kandungan seng yang tinggi. Seng merupakan salah satu mineral yang mampu meningkatkan kadar testosteron anda.

Bila tubuh anda kekurangan mineral yang satu ini, kelenjar pituitari atau hipofisis akan membatasi pelepasan hormon pelutein dan perangsang folikel, padahal mereka inilah yang berperan untuk memicu produksi testosteron.

4Bawang Putih

Bawang putih terkenal sebagai salah satu bumbu penyedap makanan. Tapi, manfaatnya ternyata tak hanya itu saja, karena bawang putih juga dapat meningkatkan kadar hormon testosteron anda. Ini karena bawang putih mengandung senyawa dialil-disulfida yang memicu produksi testosteron.

5Bayam

Ingat tokoh kartun Popeye Si Pelaut yang menjadi kuat bila makan bayam? Nah, ternyata bayam memang berkhasiat untuk meningkatkan kadar testosteron, lho. Ini karena adanya kandungan magnesium pada bayam.

Magnesium memainkan peranan penting bagi perkembangan otot dan fungsi reproduksi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Biological Trace Element Research, magnesium mampu meningkatkan testosteron bebas dan testosteron total pada atlet maupun individu yang kurang aktif.

6Jamur

Tak ada salahnya untuk mengisi piring anda dengan jamur. Selain nikmat disantap, jamur juga membantu menaikkan jumlah testosteron anda. Ini karena jamur dapat menghambat produksi enzim aromatase. Enzim ini mengubah androgen menjadi estrogen yang dapat mencegah testosteron beban terikat pada reseptor androgen.

Nah, kini anda tahu makanan apa saja yang bisa solusi penambah testosteron bagi tubuh anda. Jadi, sebelum anda memutuskan untuk mengambil suplemen untuk meningkatkan kadar testosteron, ada baiknya anda mencoba cara yang alami terlebih dahulu. Selamat mencoba!

BAGIKAN