6 Makanan Untuk Meningkatkan Energi Anda

6 Makanan Untuk Meningkatkan Energi Anda

6 Makanan Untuk Meningkatkan Energi Anda
Image credit : duniafitnes.com

ProgramFitnes.com – Di saat merasa lelah, terutama saat bekerja maupun berolahraga, anda tentunya membutuhkan suntikan energi lewat makanan. Sayangnya, terkadang makanan yang kita pilih untuk meningkatkan energi mengandung gula tambahan yang dapat membuat tenaga anda justru nge-drop setelah beberapa lama.

Maka dari itu, anda perlu memilih makanan dengan hati-hati. Jangan hanya sanggup mendorong energi, nutrisi juga penting agar rasa lelah anda teratasi lebih lama. Inilah beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan energi anda kala dibutuhkan:

1Kurma

Image credit: www.manfaatdaun.com

Jangan buru-buru tergoda dengan energy bar yang dijual di supermarket. Untuk meningkatkan energi dengan cepat, buah kurma adalah pilihan yang tepat. Selain manis, makanan ini juga mengandung kalori yang dibutuhkan sebagai suntikan energi di saat anda lelah. Selain itu, kurma juga tinggi kalium yang berperan penting dalam metabolisme energi dan kontraksi otot.

Anda bisa membuat sendiri energy bar dari buah ini dengan tambahan kacang dan buah-buahan kering yang tidak mengandung gula tambahan. Campurkan bahan-bahan dalam sebuah food processor, bentuk adonan menjadi bar, lalu dinginkan di dalam kulkas.

2Smoothie Sayuran

Image credit: www.huffingtonpost.ca

Diperkaya dengan vitamin, mineral, dan antioksidan, smoothie sayuran bisa melecutkan energi anda di pagi hari. Cukup blender sayuran hijau, buah, dan cairan rendah kalori pilihan anda.

Sayuran berwarna hijau gelap kaya akan zat besi yang membantu sel darah merah mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Tambahkan dengan buah yang kaya vitamin C seperti pepaya atau mangga untuk memperbaiki rasa jus sayuran sekaligus memberi dorongan energi.

3Salmon

Image credit: www.splendidtable.org

Ikan lemak seperti salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 alami. Selain mendukung kesehatan jantung, omega-3 juga mendorong kadar EPA dan DHA di otak, sehingga membantu meningkatkan energi dan fokus.

Salmon juga sumber tirosin yang baik, sebuah asam amino yang dapat mempengaruhi hormon dopamin, norepinefrin, dan epinefrin yang bisa mempengaruhi mood, energi, dan kewaspadaan.

4Kefir

Image credit: objavmlieko.sk

Kefir adalah susu fermentasi yang dibuat dari biji kefir. Minuman ini sangat bergizi dan konon mengandung probiotik yang lebih kuat dari yogurt. Susu fermentasi ini tak hanya meningkatkan sistem imun, tapi juga stamina anda. Ini karena kefir mengandung vitamin B12 yang dapat membantu mendorong energi.

5Minyak Kelapa

Image credit: pitt.spoonuniversity.com

Meski minyak kelapa tinggi akan lemak jenuh, dua pertiganya merupakan bentuk khusus dari lemak jenuh yang dikenal sebagai medium-chain triglycerides (MCT). Tak seperti lemak jenuh lain yang berantai panjang, MCT dikirim langsung menuju hati dari saluran pencernaan sehingga langsung dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi.

6Matcha

Image credit: girliegirlarmy.com

Matcha dibuat dari daun teh hijau yang diolah menjadi bubuk. Selain mengandung kafein, matcha juga unik karena menyediakan dorongan energi yang lebih tahan lama. Asam amino L-theanine bekerja secara sinergis dengan kafein untuk memproduksi lebih banyak energi sekaligus melenyapkan efek samping dari stimulan.

Tak hanya diseduh menjadi minuman, anda bisa menikmati matcha dengan berbagai cara. Antara lain menambahkannya ke jus sayuran, menggunakannya untuk memberi rasa pada es krim, sampai sebagai campuran kue.

Nah, kini anda tak perlu lagi bingung mencari tambahan energi karena makanan di atas bisa dijadikan alternatif. Selamat mencoba!