6 Manfaat Mendengarkan Musik Selama Latihan

6 Manfaat Mendengarkan Musik Selama LatihanProgramFitnes.com – Anda mungkin sudah terbiasa berlatih sembari mendengarkan musik lewat earphone. Tapi, tahukah anda bahwa musik yang anda dengarkan sepanjang sesi latihan mempunyai sejumlah dampak positif? Musik tak cuma menjadi teman latihan, inilah 6 manfaat dari mendengarkan musik selama latihan :

1. Musik adalah pengalih perhatian yang sangat baik

jual suplemen fitnes

Melakukan sebuah sesi latihan bisa cukup menguras tenaga. Efek sampingnya, anda akan merasakan otot-otot anda memanas, napas yang tersengal-sengal, sampai kelelahan. Tanpa distraksi di otak yang mampu mengalihkan perhatian anda dari rasa tidak nyaman ini, anda akan merasa tak sabar untuk berhenti dan menyerah.

Nah, musik punya peranan penting untuk mengalihkan perhatian anda dari “kesadaran” tersebut, sehingga anda pun lupa kalau otot anda sedang “panas” atau denyut jantung anda meningkat. Menurut penelitian, mendengarkan musik bisa meningkatkan performa atlit sampai 15 persen. Musik membuat otak anda mengolah informasi lebih banyak sehingga anda bisa sejenak melupakan rasa tak nyaman yang dialami tubuh anda selama berolahraga.

2. Musik meningkatkan semangat anda selama latihan

Penelitian menunjukkan bahwa pesepeda mengeluarkan daya yang lebih baik saat mendengarkan musik bertempo cepat dibandingkan dengan mendengarkan musik yang bertempo lambat. Tapi, tentunya musik yang temponya terlalu cepat pun kurang baik. Lagu yang memiliki tempo antara 120 sampai 140 ketukan per menit paling efektif untuk meningkatkan semangat agar anda bisa mengeluarkan daya upaya yang lebih baik selama latihan.

3. Musik membawa anda masuk “ke dalam zona”

Setiap orang mempunyai lagu-lagu menggugah yang bisa membawa tenggelam ke dalam pikiran, dan ada penelitian ilmiah yang menjelaskan akan hal ini. Kita seringkali menghubungkan sebuah lagu dengan kenangan, seringkali sesuai konteks saat kita mendengarkannya pertama kali. Menghubungkan diri dengan kenangan tersebut bisa meningkatkan kemampuan motivasional dari lagu tersebut, dan pada akhirnya tampak lewat performa fisik kita.

4. Musik dengan irama yang pas membantu mempertahankan ritme langkah anda

Anda mungkin pernah menyamakan ritme langkah anda saat jogging dengan irama musik yang sedang terputar. Ritme musik yang anda dengarkan selama latihan menstimulasi area motor di otak, sehingga membantu menjaga ritme gerakan seperti pada saat berlari atau angkat beban. Menyelaraskan gerakan dengan irama ini membantu kita untuk memanfaatkan energi dengan lebih efisien, karena menjaga ritme gerakan yang stabil itu lebih mudah daripada melakukan gerakan secara fluktiatif.

5. Musik membantu anda memperbaiki mood

Sebuah penelitian di tahun 2013 menemukan bahwa orang-orang seringkali mendengarkan musik sebagai cara untuk mengubah mood mereka dan menemukan kesadaran diri. Partisipan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa mendengarkan musik membantu mereka untuk berpikir tentang pribadi mereka sendiri dan memberi ruang untuk melarikan diri dari masa sekarang.

Tak masalah dengan apa yang terjadi beberapa jam yang lalu, anda bisa memanfaatkan musik favorit untuk membantu melepaskan diri dari pikiran-pikiran negatif dan menyemangati melewati sesi latihan.

6. Musik membuat anda ingin bergerak

Para peneliti mengungkapkan bahwa musik yang menyenangkan membuat otak bersemangat dan membuat anda ingin bergerak. Anda tentu pernah mendengar musik keren yang membuat anda ingin sekali berdansa, ‘kan? Nah, dengan menyusun musik-musik seperti ini ke dalam playlist, dijamin anda akan terus bersemangat untuk bergerak, tak peduli seberapa beratnya latihan tersebut.

Nah, saatnya anda mempersiapkan playlist paling greget untuk latihan berikutnya.

jual suplemen fitnes