6 Nutrisi Utama Setelah Berlatih

ProgramFitnes.com – Pada hari akhir dari latihan, otot anda mengalami kerusakan akibat beban yang anda gunakan selama berlatih. Anda akan merasakan sakit pada otot juga kelelahan yang cukup hebat. Kadar glikogen juga akan menurun. Pada masa sekarang anda harus segera beristirahat dan mengisi kembali nutrisi yang habis terpakai selama latihan.

Berikut 6 nutrisi utama yang wajib anda penuhi setelah berlatih angkat beban.

SebelumnyaBerikutnya

11 Whey Protein

Suplemen utama yang wajib anda penuhi adalah whey protein. Pada masa istirahat, otot perlu nutrisi yang cepat serap, pilihan utamanya ialah whey protein sebagai nutrisi utama pembangun sel-sel otot yang baru.

1. Whey Protein

22 Casein

Setelah anda berlatih, casein adalah alternatif pilihan suplemen yang bisa langsung dikonsumsi dengan sifat penyerapannya yang bertahap. Casein mampu membuat tubuh anda selalu dalam kondisi anabolik, sehingga otot anda tidak akan menyusut setelah berlatih.

2. Casein

33 BCAA

Rantai asam amino esensial yang terdiri dari Leucine, Isoleucine, dan Valine adalah asam amino yang paling penting dalam membentuk otot. Studi mengatakan, Leucine menjadi titik awal tubuh dalam mensintesis protein dalam tubuh.

3. BCAA

44 Karbohidrat Cepat Serap

Pada saat latihan angkat beban akan menurunkan kadar glikogen dalam tubuh sehingga anda akan merasakan kelelahan. Anda harus segera mengganti glikogen tersebut agar tubuh tetap siap untuk melakukan aktivitas berikutnya tanpa merasakan kelelahan yang berlebihan. Anda dapat menggantinya dengan karbohidrat yang cepat serap untuk segera mengganti kadar glikogen yang menurun.

4. Karbohidrat Cepat Serap

55 Creatine

Anda perlu mempertahankan kadar creatine dalam tubuh untuk menjaga kondisi otot tetap anabolik, setelah latihan adalah saat yang tepat untuk mengkonsumsi creatine yang dibarengi dengan konsumsi karbohidrat cepat serap.

5. Creatine

66 Beta – Alanine

Asam amino yang satu ini dikenal dengan fungsinya yang mejaga kekuatan dan daya tahan otot, sehingga dengan mengkonsumsi beta – alanine setelah latihan akan bisa menjaga kekuatan dan daya tahan otot, yang juga akan berimbas pada daya tahan tubuh anda terhadap penyakit.

6. Beta – Alanine
SebelumnyaBerikutnya