6 Olahraga di Luar Ruangan yang Menyenangkan untuk Dilakukan

6 Olahraga di Luar Ruangan yang Menyenangkan Untuk DilakukanProgramFitnes.com – Pemandangan berupa dinding dan hamparan alat-alat fitnes kadangkala terlihat begitu membosankan, begitu juga dengan rutinitas latihan kardio dan angkat beban di dalamnya. Inilah yang seringkali membuat anda malas untuk beranjak ke gym. Kalau sudah begini, inilah saatnya anda angkat kaki sejenak dari gym dan menikmati berolahraga di luar ruangan.

Berolahraga di udara terbuka bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan memotivasi anda untuk tetap semangat latihan. Nah, kira-kira olahraga apa saja yang menarik untuk anda lakukan sambil menikmati udara bebas?

1Lari

Lari adalah olahraga kardio yang paling mudah untuk dilakukan di mana saja, apalagi dengan sedikit musik di telinga. Anda tak membutuhkan banyak perlengkapan, cukup sepatu lari yang nyaman. Bahkan, lari dengan bertelanjang kaki pun tak dilarang.

Kalau anda bosan berlari di treadmill, sambangi jogging track di sekitar tempat tinggal anda dan mulailah berlari sembari menikmati udara terbuka. Suasana baru akan mengubah mood anda menjadi lebih baik.

2Bersepeda

Menggenjot sepeda berkeliling kota merupakan salah satu cara yang menyenangkan untuk berolahraga sembari menikmati udara terbuka. Apalagi, dampak yang ditimbulkan bagi otot dan sendi juga minimal. Yang penting, tetap gunakan helm dan perhatikan rambu-rambu lalu lintas agar anda bisa bersepeda dengan aman.

3Mendaki gunung atau Trekking

Indonesia mempunyai sejumlah bukit dan gunung yang menarik untuk dijelajahi, kenapa tidak mensyukuri semua itu dengan melangkahkan kaki ke sana? Meski cuma berjalan kaki, trekking atau mendaki gunung cukup menjadi latihan yang baik bagi tubuh bagian bawah serta jantung. Apalagi, pemandangan menawan sudah menanti anda di atas sana.

4Berenang

Berenang juga menjadi salah satu alternatif olahraga berdampak rendah yang menarik untuk dilakukan. Berenang melatih seluruh otot tubuh dan baik untuk dilakukan siapa saja, termasuk anak-anak dan manula. Coba sambangi kolam renang umum yang bisa anda manfaatkan untuk berolahraga.

5Street Workout

Melakukan street workout, anda seperti memindahkan gym ke luar ruangan. Hanya saja, anda cukup mengandalkan bobot tubuh anda alias kalistenik serta sebuah bar atau palang untuk melakukan berbagai variasi gerakan seperti pull-up, chin-up, dan sebagainya. Meski cuma mengandalkan bobot tubuh, porsi latihan street workout cukup membuat otot anda tampak menawan.

6Parkour

Parkour adalah sebuah olahraga yang mengedepankan aspek gerakan berpindah tempat yang “mengalir”. Praktisi parkour yang sudah cukup mahir sanggup berlari sambil beratraksi melewati rintangan-rintangan yang ada di depan mereka tanpa kehilangan irama.

Lewat latihan yang tepat dan diawasi oleh mereka yang lebih berpengalaman, parkour adalah olahraga yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Tentunya, anda juga mesti mempersiapkan tubuh anda lewat latihan-latihan strength & conditioning yang cukup menguras tenaga namun menyenangkan untuk dilakukan.