6 Tips Tidur yang Nyaman Bagi Praktisi Angkat Beban

6 Tips Tidur yang Nyaman Bagi Praktisi Angkat BebanProgramFitnes.com – Apakah istirahat anda di malam hari selalu nyenyak? Buat praktisi kebugaran seperti kita, tidur nyenyak adalah salah satu hal yang penting. Sayangnya, sebagian orang mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari. Hal ini terkadang membuat mereka mengalami kesulitan untuk menyelesaikan dan memulihkan diri dari latihan yang melelahkan.

Tidur memberi tubuh anda kesempatan untuk memulihkan diri dan mengisi ulang energi. Kekurangan tidur bisa menurunkan produksi human growth hormone (HGH), tingkat energi, mengurangi kemampuan konsentrasi, dan melemahkan sistem imun anda.

jual suplemen fitnes

Nah, selain berusaha mendapatkan waktu tidur antara 7-8 jam per hari, anda juga bisa menikmati tidur yang lebih nyaman dengan melakukan beberapa tips berikut.

1. Hindari berlatih menjelang jam tidur

MB0713NighttimeSupplements

Latihan memang membantu anda tertidur dan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Tapi, melakukan latihan angkat beban terlalu dekat menjelang jam tidur dapat meningkatkan suhu tubuh anda dan membuat pikiran anda jadi terlalu aktif untuk tertidur.

Kesibukan kadang membuat anda harus mengunjungi gym agak larut malam. Jika anda sulit tidur di malam hari karena waktu latihan anda terlalu dekat, cobalah untuk menyelesaikan latihan tiga sampai empat jam sebelum berangkat tidur. Ini akan memberi tubuh anda waktu untuk mendinginkan suhunya.

2. Hentikan minum-minum di malam hari

CC50UDJW8AAyuw8

Sebagai orang yang memperhatikan kesehatan, anda mungkin sudah membatasi konsumsi bir dan minuman lain yang mengandung alkohol. Selain menghambat pertumbuhan otot dan menurunkan tingkat testosteron dalam tubuh, minum alkohol juga dapat mengganggu jam biologis anda. Anda akan lebih mudah terjaga di malam hari dan merasa kurang istirahat di pagi hari.

3. Matikan semua perangkat elektronik

Portfolio | Facebook | Twitter
Portfolio | Facebook | Twitter

Sebuah penelitian menggunakan hamster di Ohio State University┬ámenemukan bahwa paparan cahaya artifisial–sama halnya dengan layar smartphone, laptop, dan televisi–selama empat minggu membuat mereka tampak lebih lesu dan depresi dibandingkan dengan hamster yang tidur dalam keadaan kegelapan total. Alasannya adalah karena paparan seberkas cahaya saja di saat tidur dapat menghambat pelepasan alami melatonin, sebuah hormon yang membantu tubuh mempertahankan ritme sirkadiannya.

Biasakan untuk mematikan perangkat penghasil cahaya seperti lampu dan ponsel menjelang tidur. Tidur dalam kegelapan total membuat tidur anda lebih berkualitas. Belum bisa tidur? Baca saja buku atau majalah.

4. Atur jadwal minum kopi anda

youre-drinking-coffee-wrong-heres-really-maximize-your-daily-caffeine-boosts.w654

Kafein yang terkandung dalam kopi mempunyai sejumlah manfaat bagi anda, termasuk mempercepat metabolisme anda serta meningkatkan kewaspadaan dan level energi. Namun, mengkonsumsinya pada jam yang terlalu larut di malam hari dapat membuat anda terjaga ketika anda seharusnya tidur. Jadi, pastikan anda tidak minum kopi beberapa jam sebelum tidur.

5. Jangan asal pilih obat tidur

man-reaching-for-sleeping-pills

Obat tidur adalah pilihan terakhir bila anda memang mengalami sulit tidur yang akut. Obat tidur yang dijual bebas maupun yang memerlukan resep dokter memang membantu, tapi ini bisa menyebabkan kecanduan pada jangka panjang. Jadi, jangan bergantung pada obat tidur. Jika anda memang benar-benar memerlukannya, meminum 0,3-1 mg melatonin pada 60-90 menit sebelum tidur dapat membantu anda mendapatkan tidur yang baik.

6. Masih sulit memejamkan mata? Bangunlah dari tempat tidur

cant-sleep

Jika anda masih sulit memejamkan mata, hanya berguling ke sana kemari, lebih baik bangkitlah dari ranjang anda beberapa saat. Ini memang terdengar kontraintuitif, tapi segala konsentrasi yang anda kerahkan agar bisa tertidur justru dapat membuat anda terus terjaga. Rilekskan pikiran anda dengan bacaan ringan dan menghibur.

Siapa yang tidak menginginkan tidur yang nyenyak dan nyaman untuk memulihkan diri setelah sebelumnya lelah berlatih? Semoga tips di atas bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba!

jual suplemen fitnes