7 Aturan Dalam Membentuk Otot yang Pantang Anda Langgar (2)

7 Aturan Dalam Membentuk Otot yang Pantang Anda Langgar (2)ProgramFitnes.com – Agar perkembangan otot anda bisa optimal sesuai harapan, ada 7 aturan dalam membentuk otot yang pantang anda langgar. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tiga aturan pertama. Nah, anda pasti tidak sabar untuk mengetahui sisanya, bukan?

4. Hindari Terlalu Memaksakan Diri

overtrained

Mencapai tujuan dari latihan beban dan pembentukan otot merupakan komitmen jangka panjang, disiplin, dan konsistensi. Tak ada kata instan di sini. Mengingat hal itu, sebagian dari anda mungkin berlatih dengan keras nyaris setiap hari.

Tapi, terlalu memaksakan diri untuk berlatih justru bisa merugikan anda pada jangka panjang. Bukan otot dan kekuatan anda yang meningkat, melainkan peningkatan risiko cidera, kenaikan kortisol, penurunan testosteron, serta beberapa tanda overtraining lain seperti sulit tidur dan kelelahan. Kalau sudah begini, anda harus menurunkan intensitas latihan anda untuk sementara waktu.

Overtraining ini merupakan masalah yang serius karena dapat berujung pada penurunan hormon anabolik seperti testosteron. Maka dari itu, sebaiknya anda mengatur ulang pola latihan anda, karena istirahat juga sama pentingnya bagi perkembangan otot anda.

5. Jangan Menganggap Anda Mengetahui Segalanya

Fitness_Photography_houstonfitnessphotography

Beberapa orang yang merasa lebih mengerti soal nutrisi dan ilmu kebugaran mungkin tergoda untuk memberikan saran-saran kepada orang lain berdasarkan pengalaman yang mereka alami. Padahal, tiap orang memiliki kondisi genetis, usia, metabolisme, serta jenis kelamin yang berbeda. Ini menimbulkan respon yang berbeda-beda pada setiap orang atas suatu program latihan atau diet yang sama.

Maka dari itu, saran yang anda terima baik itu yang anda baca secara online maupun secara pribadi dari personal trainer anda sebaiknya ditanggapi lewat skeptisme yang sehat. Apa yang baik bagi seseorang belum tentu pas pula bagi anda. Anda tidak akan benar-benar tahu seberapa baik saran seseorang sebelum mencobanya sendiri.

Ada berbagai cara yang dapat mengoptimalkan latihan anda. Untuk itu, anda mesti terbuka untuk mencoba hal baru dan cermat terhadap konsep latihan yang mutakhir. Beberapa mungkin terlihat tidak lazim atau kontradiktif. Tapi, lewat membaca dan meneliti pilihan-pilihan tersebut, wawasan baru yang tak pernah terpikirkan sebelumnya mungkin akan membuka mata anda.

Bila anda menganggap bahwa anda telah mengetahui segalanya dan menutup diri dari pengetahuan baru, anda tidak akan bisa menapaki langkah selanjutnya untuk mengembangkan fisik anda. Makanya, buka pikiran anda terhadap hal baru, evaluasi secara kritis berdasarkan kondisi anda, dan lakukanlah hal yang menurut anda bisa membantu mencapai tujuan kebugaran anda.

6. Pastikan Makanan Anda Mengandung Tak Kurang dari 30 gram Kalori

bodybuilder-eating_0

Makan ala binaragawan memang tidak mudah, apalagi bila kita terbiasa mengkonsumsi jenis makanan yang keliru. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi otot anda, mulailah dengan menyediakan hidangan yang mengandung setidaknya 30 gram protein setiap kali makan. Anda bisa memanfaatkan daging sapi, dada ayam, tuna, bahkan tempe dan tahu.

Selain menyediakan protein yang cukup, perhatikan juga cara masaknya agar makanan anda tidak mengandung banyak lemak. Selanjutnya, penuhi sepertiga bagian piring anda dengan sumber karbohidrat dan sepertiga sisanya dengan sayuran. Sebagai tambahan, anda juga bisa mengkonsumsi protein shake untuk memberi bahan bakar bagi otot anda sebelum dan sesudah latihan.

7.  Jangan Pernah Berhenti Mencari Cara Untuk Melampaui Batas Anda

croslin-alabama-football-photo-02

Ada bergam cara untuk melampaui batas fisik anda dan memastikan anda berada pada performa terbaik setiap kali datang ke gym, antara lain sebagai berikut.

  • Seorang partner latihan akan membantu anda memastikan bahwa anda tidak melewatkan latihan. Mereka juga dapat membantu anda menyeleseikan setiap rep, sampai mendorong anda lebih jauh daripada bila anda berlatih sendirian. Pastikan partner anda memiliki tujuan dan jadwal latihan yang sama, memiliki tingkat kekuatan yang serupa, serta sama-sama berkomitmen pada program yang anda lakukan.
  • Tak ada salahnya memanfaatkan suplemen. banyak penelitian yang mendukung bahwa whey protein, kreatin, bahkan kafein memberikan dorongan performa yang signifikan. Pastikan anda memilih suplemen yang tepat bila berniat menggunakannya.
  • Persiapkan hidangan anda selama seminggu di akhir pekan, simpan di kulkas dan bawalah ke kantor atau kampus setiap hari sebagai makan siang. Bila tidak mempersiapkannya sejak awal, anda akan mudah melewatkannya dan beralih ke makanan yang kurang sehat. Tak cuma nutrisi anda yang terganggu, melainkan juga isi dompet anda.

Memperhatikan dan mematuhi hal-hal di atas akan membantu anda memastikan bahwa anda mendapatkan latihan dan nutrisi yang lebih baik, yang dapat membantu mendorong anda selangkah lebih dekat pada tujuan utama anda. Selamat berlatih!