7 Gerakan Populer Ini Ternyata Punya Kelemahan

Gerakan Populer Ini Ternyata Punya KelemahanProgramFitnes.com – Tak ada yang sempurna, bahkan gerakan-gerakan yang efektif untuk membentuk otot juga memiliki sejumlah kelemahan. Sejumlah gerakan yang populer ternyata dapat menciderai tubuh jika Anda tidak melakukannya dengan benar dan efisien.

Tentu saja, bukan berarti gerakan-gerakan ini harus disingkirkan dari sesi latihan Anda. Tapi, Anda justru dapat memetik manfaat dengan maksimal jika mengetahui dan menggarisbawahi kelemahan dari gerakan-gerakan berikut ini.

1Deadlift

Kelemahan: Gerakan ini sulit dikuasai dan memiliki risiko cidera yang tinggi.

Masalah utama dari deadlift antara lain melakukan gerakan terlalu cepat, menggunakan beban yang terlalu banyak, serta hanya menggunakan punggung ketika mengeksekusi gerakan. Punggung bawah, gluteus, dan hamstring seharusnya digunakan semua selama melakukan deadlift. Jika anda hanya menggunakan otot punggung, berarti anda tidak melakukannya dengan benar dan itu dapat mengakibatkan sakit pada punggung bawah.

2Barbell Bench Press

Kelemahan: Kesulitan dalam mengontrol beban.

Anda mungkin pernah melihat seseorang melakukannya atau bahkan mengalami sendiri: Anda memasang beban terlalu berat pada bar dan membiarkan barnya turun terlalu cepat ke dada Anda. Melakukan hal ini dapat membuat bahu cidera.

Anda juga bisa saja mengalami kesulitan mendorong beban ke atas dan Anda melengkungkan punggung bawah Anda. Ini semua terjadi karena anda tidak bisa mengendalikan beban. Seharusnya, Andalah yang mengendalikan beban, bukan sebaliknya.

3Pull-up

Kelemahan: Memanfaatkan momentum dapat mengaburkan fokus utama dari gerakan ini.

Bagian tubuh yang lain seringkali ikut bergerak untuk membantu naik seseorang yang mengalami kesulitan melakukan pull-up, mulai dari berayun, menendang, atau melengkungkan punggung bagian bawah. Padahal, melakukan ini justru meningkatkan risiko cidera pada punggung Anda. Selain itu, menggunakan “bantuan” semacam ini membuat otot Anda tidak mendapatkan manfaat maksimal dari pull-up.

4Upright Barbell Row

Kelemahan: Penempatan tangan dan siku yang tidak tepat dapat menciderai bahu, otot dada, pergelangan tangan, dan rotator cuff.

Saat melakukan upright barbell row, pastikan siku Anda tetap berada di atas pergelangan tangan selama gerakan dilakukan untuk mengurangi risiko cidera pada bahu dan siku. Bila siku Anda menekuk dan pergelangan Anda terlalu naik melebihi siku, Anda membiarkan otot-otot kecil menahan semua beban.

5Sit Up Gaya Lama

Kelemahan: Tidak seefektif latihan abdomen lainnya dan dapat menimbulkan cidera leher.

Sit-up yang satu ini dilakukan dengan meletakkkan kedua tangan di belakang kepala. Padahal, tangan akan menarik leher Anda ke depan dan itu dapat mengakibatkan cidera. Lebih baik silangkan kedua lengan Anda di dada atau letakkan di sisi tubuh Anda.

6Lat Pulldown ke Belakang Kepala

Kelemahan: Bukan gerakan yang efektif.

Tidak banyak manfaat dari lat pulldown ke belakang kepala. Anda bisa saja menarik bar turun terlalu keras dan membuatnya menghantam tulang leher atau punggung Anda; rentang geraknya pun bermasalah.

Ketika melakukan gerakan ini, Anda membengkokkan leher Anda ke depan, dan itu bukanlah posisi yang alami untuk leher Anda pada saat duduk. jadi, mengapa mesti menarik beban yang berat dalam posisi seperti itu?

7Abs Rollout

Kelemahan: Peregangan yang berlebihan dapat mengganggu otot punggung bagian bawah.

Bila core Anda terlatih, Anda bisa melakukan abs rollout secara penuh. Tapi, pemula atau mereka yang tidak memiliki otot core yang kuat bisa mengalami peregangan yang berlebihan pada punggung bawah. Jika Anda baru saja melatih gerakan ini, mulailah dengan setengah gerakan dan kembali ke posisi semula, lalu tingkatkan rentang gerak Anda secara berangsur-angsur.

Dengan memahami kelemahan-kelemahan dari berbagai gerakan populer di atas, semoga Anda bisa membuat gerakan di atas makin efektif. Selamat mencoba.