7 Gerakan yang Sebenarnya Kurang Efektif Untuk Melatih Otot

7 Gerakan yang Sebenarnya Kurang Efektif Untuk Melatih OtotProgramFitnes.com – Banyak orang yang menyempatkan diri ke gym di sela-sela kesibukannya. Tujuannya, tak lain demi memiliki tubuh yang bugar serta membakar lemak. Bila anda menginginkan hasil yang maksimal dalam waktu yang relatif sempit, produktivitas dan efisiensi latihan adalah kuncinya.

Sayangnya, tak jarang anda membuang waktu yang berharga untuk melakukan latihan yang sebenarnya kurang efektif dan tidak memberikan manfaat yang anda harapkan. Agar tujuan kebugaran anda benar-benar tercapai, anda haruslah pandai-pandai memilih gerakan yang lebih efektif.

Ada baragam gerakan yang kurang efektif untuk melatih otot anda. Tapi, gerakan-gerakan ini sebaiknya justru anda hindari agar waktu anda yang berharga tidak sia-sia.

1Smith Machine Squat

Alasan utama mengapa gerakan ini dianggap kurang efektif adalah karena Smith Machine secara umum mengunci gerakan anda dalam lintasan bar terpandu yang akan mengurangi kontraksi bersamaan antara otot quad dan hamstring. Gerakan ini mengurangi aktivasi hamstring karena mereka tidak harus menetralkan quad, bar juga telah otomatis stabil sehingga mengurangi penggunaan otot core untuk stabilitas.

2Standing Dumbbell Chest Fly

Meski disebut standing dumbbell chest fly, tapi gerakan ini tidak melatih otot dada sama sekali karena dada tidak berkontraksi melawan gravitasi. Yang sebenarnya bekerja keras adalah bahu anda. Bahu menahan beban melawan gravitasi pada posisi angkatan lateral. Ini memang bukan latihan yang buruk, tapi jika anda mengira gerakan ini dapat melatih otot dada, anda keliru.

3Triceps Kickback

Triceps kickback adalah gerakan klasik yang membuang waktu banyak orang di gym. Sebenarnya, anda bisa mendapatkan efek latihan yang melalui gerakan seperti push-up dan beragam jenis press. Jadi, hindari menghabiskan waktu anda untuk melakukan gerakan semacam ini dan substitusikan dengan gerakan yang lebih efektif.

4Dumbbell-Loaded Side Bend

Bila anda memegang dumbbell pada kedua tangan, dumbbell yang satu akan mengimbangi dumbbell yang lain. Otot tidak bekerja keras ketika kedua dumbbell saling mengimbangi, sehingga ini menjadi gerakan yang sia-sia. Bila anda menginginkan gerakan side bend yang lebih efektif, gunakan satu dumbbell saja di satu tangan dan bengkokkan tubuh ke sisi yang berlawanan. Atau, anda juga bisa memanfaatkan gerakan side sit-up.

5Crunches

Crunches tidak menyediakan resistensi yang diperlukan untuk menciptakan efek positif bagi otot perut. Ini karena gerakan ini hanya melatih area kecil pada perut anda, sehingga anda membuang banyak waktu dan usaha hanya demi hasil yang kurang memuaskan. Sebagai gantinya, lakukan gerakan yang bisa melatih otot perut anda secara menyeluruh.

6Abductor/Adductor Machine

Alat ini berfungsi untuk melatih otot pada paha atas bagian luar dan dalam. Padahal, otot-otot ini sebenarnya tidak bekerja lewat latihan isolasi, sehingga gerakan ini menjadi sia-sia. Sebagai gantinya, anda bisa melakukan gerakan seperti lunge yang melatih otot kaki secara keseluruhan secara natural.

7Lat Pulldown ke Belakang Kepala

bodybuilder doing exercises on the simulator

Gerakan semacam ini tidaklah natural, karena memaksa leher anda untuk membengkok ke depan saat melakukannya. Selain itu, kebanyakan orang juga tidak memiliki fleksibiltas bahu yang cukup. Hal ini membuat anda lebih rentan cidera ketika melakukan gerakan ini. Anda juga berisiko membenturkan bar pada tengkuk. Lakukan lat pulldown yang normal saja. Atau, pull-up dengan gerakan yang sempurna justru memberi anda manfaat paling baik.

Nah, berhati-hatilah dalam memilih gerakan untuk dimasukkan ke dalam program latihan anda. Meski melatih seluruh sudut itu penting, efektivitas gerakan jauh lebih penting agar waktu anda tak terbuang percuma. Selamat berlatih!