7 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan Selama Berlatih

7 Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Selama BerlatihProgramFitnes.com – Setelah mendapat tidur yang berkualitas dan bangun dengan keadaan yang segar, anda mulai merencanakan untuk makan – makanan yang mengandung protein yang lengkap, karbohidrat yang baik, serta lemak yang baik untuk menunjang program diet anda. Ketika anda mulai melangkah ke gym langganan anda, anda sudah mulai merasakan efek dari suplemen pre workout yang anda konsumsi, anda merasa lebih bertenaga, lebih semangat dan lebih fokus. Setelah itu, semua yang anda alami jangan sampai anda rusak dengan 7 hal ini selama anda berlatih.

1. Bermain Gadget yang Anda Miliki

Kemajuan smartphone pada masa sekarang ini membuat seseorang tidak mampu lepas dari barang tersebut, sehingga kemanapun smartphone akan selalu dibawa termasuk ke dalam gym. Jangan sampai anda hanya sibuk update status, membalas chat, atapun melakukan panggilan  telephone dibandingkan anda mengangkat beban, karena hal ini akan menganggu program latihan anda, simpan lah gadget anda di dalam tempat yang biasanya sudah disediakan di gym.

2. Bersosialisasi

Tentu sangat menyenangkan bertemu teman anda di gym, berjabat tangan, mengobrol, atau sekedar menyapa. Namun jangan sampai hal itu berlanjut pada obrolan yang lebih panjang sehingga latihan anda menjadi tertunda. Fokuslah pada latihan yang segera akan anda jalankan, jangan terlalu asyik mengobrol, gunakan waktu istirahat setelah selesai latihan untuk bersosialisasi bukan pada saat anda berlatih.

3. Menunggu Alat

Terkadang gym tempat anda berlatih dipenuhi member lain yang juga berlatih angkat beban sehingga seringkali anda harus menunggu untuk menggunakan alat. Apabila hal ini terjadi, anda harus lebih bisa kreatif untuk mencari latihan pengganti daripada hanya menunggu alat yang sedang digunakan orang lain.

4. Tidak Ada Pendamping

Pasti anda pernah melihat member lain yang kejatuhan beban karena mengangkat terlalu berat tanpa ada pendamping yang mengawasi. Ingatlah, apabila anda mulai melakukan latihan dengan intensitas yang lebih berat, pastikan anda memiliki pendamping yang menjaga anda apabila hal yang tidak diinginkan terjadi.

5. Tidak Fokus

Saat berlatih anda harus fokus karena otak dan otot harus bekerja secara bersama-sama agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kejatuhan beban karena anda tidak fokus tehadap jumlah angkatan anda akibat masalah yang sedang menimpa anda. Selalu fokus dalam berlatih.

6. Teknik yang Salah

Teknik yang benar adalah syarat mutlak dalam angkat beban agar hasil yang dihasilkan dari setiap angkatan benar-benar kena pada otot yang ingin dilatih, sehinga jangan pernah malu bertanya dan belajar setiap teknik pada angkat beban.

7. Berlatih Beban Terlalu Lama

Berlatihlah dengan waktu yang cukup dan fokuslah agar waktu yang digunakan menjadi lebih efisien, waktu normal untuk berlatih adalah selama 60 menit – 90 menit saja, lebih dari itu dapat membuat tubuh anda menjadi overtraining.