7 Kudapan Sehat Untuk Memuaskan Keinginan Ngemil Anda

ProgramFitnes.com – Bila Anda tengah berusaha menurunkan kadar lemak untuk mendapatkan definisi otot yang kencang, kudapan yang Anda konsumsi wajib diperhatikan. Bila keliru memilih cemilan, bisa-bisa program diet Anda bisa berantakan. Pilih kudapan yang tepat, Anda tak perlu puasa ngemil.

Butuh ide kira-kira cemilan apa yang “aman” dikonsumsi bagi tubuh Anda? Nah, tujuh kudapan sehat berikut ini siap menemani hari-hari Anda!

1Anggur Beku

Image credit; happydietitian.wordpress.com

Bila lidah Anda sedang mengidamkan sesuatu yang manis, buah-buahan yang dibekukan di kulkas bisa menjadi menjadi pilihan. Anggur, misalnya, sangat pas untuk memuaskan keinginan akan gula di tengah hari tanpa harus kuatir bakal menimbun lemak.

Ketika membeku, anggur terasa solid tapi tetap juicy. Anggap saja seperti es krim pop mini. Anda cukup memasukkan anggur utuh di dalam wadah kecil dan bekukan selama 4-5 jam.

2Seledri dan Selai Kacang

Image credit: bodybuilding.com

Suka merasa lapar di kantor, padahal sudah makan siang? Bawa saja pasangan seledri dan selai kacang sebagai cemilan andalan Anda. Selain mampu memuaskan perut Anda sampai waktunya makan malam, cemilan ini juga kaya akan nutrisi esensial termasuk vitamin C, folat, magnesium, dan kalium.

Selain itu, kudapan yang satu ini juga mengandung cukup serat dan protein. Tak hanya menyenangkan di lidah, tapi juga mengenyangkan di perut.

3Dendeng Sapi

Image credit: dukesmeats.com

Dendeng sapi kaya akan protein dan umumnya cukup rendah lemak, sehingga membuatnya cocok dijadikan kudapan yang bisa Anda bawa ke mana saja.

Sekadar catatan, tidak semua dendeng kering dibuat setara. Ada pula yang mengandung banyak gula dan natrium. Jadi, baca labelnya dengan seksama. Aturan gampangnya, ambil dendeng yang mengandung kurang dari 10 gram karbohidrat per onsnya.

4Greek yogurt

Image credit: joefitness.com

Greek yogurt yang creamy dan kaya protein membuatnya menjadi opsi kudapan yang mengenyangkan. Tapi, untuk menghindari tambahan gula yang bisa mengacaukan diet Anda, singkirkan semua yang mengandung perasa atau pemanis buatan. Label bebas lemak juga bukan berarti sehat, lho.

5Popcorn

Image credit: chatelaine.com

Popcorn merupakan kudapan rendah kalori yang nikmat disantap. Satu cangkir popcorn yang diletupkan dengan udara mengandung rata-rata 31 kalori. Selain itu, cemilan yang satu ini juga diperkaya dengan serealia utuh dan serat.

Agar rasanya lebih nikmat, beri sedikit minyak kelapa atau taburi dengan bumbu pilihan Anda, misalnya bawang putih, paprika, atau cinnamon.

6Bubuk Kakao Tanpa Pemanis

Image credit: salon.com

Menambahkan bubuk kakao ke dalam protein shake Anda adalah cara yang asyik untuk memuaskan keinginan menikmati makanan manis tanpa harus mengacaukan diet Anda. Dengan hampir nol kalori dan kaya serat, bubuk kakao dapat membantu meningkatkan energi dan menekan rasa lapar Anda.

Kakao juga mengandung peniltilamin, senyawa yang mempengaruhi rasa senang di otak. Campurkan satu sendok makan bubuk kakao ke dalam protein shake Anda untuk mendapatkan rasa milkshake cokelat yang menggoda!

7Permen BCAA nan Kenyal

Buat Anda yang sibuk — terutama wanita — suplemen BCAA mampu membantu menghalau rasa lapar dan keinginan ngemil sembari membantu pemeliharaan otot. Selain diminum, BCAA juga bisa dijadikan permen kenyal yang lezat!

Bahan:

  • 1 scoop BCAA dengan rasa favorit Anda
  • 2 ½ sendok makan gelatin
  • ½ cangkir air hangat

Cara membuat:

  • Tuangkan air, BCAA, dan gelatin ke panci
  • Panaskan dengan pengaturan medium-low pada oven microwave Anda selama sekitar 5 menit, atau sampai gelatin larut dan mulai mengental.
  • Dinginkan di atas hot pad selama beberapa menit sampai membentuk jeli, lalu letakkan dalam cetakan.
  • Bekukan selama 15-20 menit.

Tentu saja, cemilan di atas tetap harus dikonsumsi secukupnya saja. Selamat mencoba!

BAGIKAN